Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu 'Susah' dan Capek Sendiri

Jangan menyiksa diri sendiri, ya

Setiap orang punya cara masing-masing untuk menjalani hidupnya. Cara tadi melahirkan kebiasaan yang umumnya akan dilakukan berulang-ulang. Tapi, tanda sadar kita sering melakukan kebiasaan buruk yang malah membawa dampak negatif bagi diri sendiri. 

Alih-alih bahagia, malah jadi susah, sengsara, dan bahkan menguras energi yang kamu punya. Berikut ini lima kebiasaan buruk yang bikin stres dan capek sendiri. Coba cek dulu ya, jangan-jangan kamu sering banget melakukan kebiasaan ini.

1. Sering menunda pekerjaan sampai akhirnya menumpuk

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu 'Susah' dan Capek Sendiripexels.com/pexels.com

Menunda pekerjaan adalah kebiasaan buruk karena kamu sendiri yang akan rugi.  Pekerjaan yang terlanjur menumpuk akan memaksamu bekerja lebih ekstra untuk menyelesaikannya. Saking banyaknya, kamu harus memotong jam tidur agar pekerjaan tadi cepat rampung. 

Akhirnya, kamu jadi capek sendiri. Gampang lelah karena waktu istirahat yang kurang. Mood jadi berubah-ubah dan mempengaruhi produktivitas. Pekerjaan yang harusnya bisa selesai tepat waktu malah molor akibat sering ditunda.

2. Selalu mengikuti tren yang gak pernah ada habisnya

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu 'Susah' dan Capek Sendiripexels.com/bruce mars

Dunia ini selalu penuh dengan hal-hal baru. Seperti tren fashion, gadget, dan gaya hidup. Sayangnya, banyak yang terjebak pada arus tren kekinian yang sebenarnya bikin kamu capek sendiri. Agar dianggap keren, banyak yang rela berkorban materi bahkan ngutang agar bisa diakui.

Lalu kamu terkungkung pada keinginan semu yang tidak ada habisnya. Lagi-lagi memaksakan diri supaya gak dicap ketinggalan jaman. Padahal kamu bisa hidup dengan tenang asalkan mau menahan diri, lho. 

Baca Juga: Ingin Selalu Bahagia di Tempat Kerja! Kamu Perlu Terapkan 5 Kebiasaan Ini 

3. Menjaga gengsi sampai kamu lelah sendiri

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu 'Susah' dan Capek Sendiripexels.com/Elias de Carvalho

Lagi, kebiasaan yang bikin capek sendiri adalah terlalu menjaga gengsi. Kamu enggan menurunkan 'level' yang katanya akan mempengaruhi reputasimu. Dengan segala cara, kamu gak membiarkan gengsimu merosot ke bawah.

Katanya supaya tidak diremehkan. Padahal kamu sedang meninggikan diri yang mengesankan sikap angkuh. Gengsi yang terlalu tinggi bisa menjebakmu pada rasa congkak yang bikin capek sendiri.

4. Rasa bahagiamu ditetapkan dengan standar orang lain

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu 'Susah' dan Capek Sendiripexels.com/Rene Asmussen

Kebahagiaanmu ditentukan oleh kamu sendiri bukan orang lain. Kamu punya kuasa penuh untuk memutuskan apa yang harus kamu lakukan. Omongan orang lain bukanlah patokan kebahagiaanmu karena setiap orang merasa bahagia dengan cara yang berbeda. Jika kamu senang dengan hidupmu saat ini, maka jalani dan syukuri. Selalu terpengaruh pada kata-kata orang lain hanya bikin kamu lelah.

5. Tidak menjadi dirimu sendiri

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu 'Susah' dan Capek Sendiripexels.com/Wilson Vitorino

Hal yang paling menyenangkan dalam hidup ini ketika kamu bisa menjadi diri sendiri. Meniru orang lain akan membuatmu gak punya jati diri dan identitas. Kamu seolah kehilangan dirimu. Padahal, kamu sama istimewa dan uniknya dengan mereka. Tanpa harus ikut-ikutan orang lain, kamu bisa bersinar dengan caramu sendiri kok. 

Itulah lima kebiasaan buruk yang bikin kamu jadi capek sendiri. Demi hidup yang lebih baik, ubah kebiasaan tadi ya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sulit Bersyukur

Cappucino tea Photo Verified Writer Cappucino tea

Tohoshinki Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya