Comscore Tracker

5 Manfaat dari Hidup Sendirian, Gak Selalu Kesepian 

#IDNTimesLife Anak kos paham rasanya

Ketika memutuskan untuk hidup sendiri, keseharianmu akan lekat dengan perasaan sepi. Namun di sisi lain, kamu bisa merasakan banyak sisi positif yang mendamaikan hati. Tak selalu buruk atau bikin nelangsa, nyatanya hidup sendiri bisa melatihmu untuk bebuat hal yang gak disangka-sangka, lho. 

Inilah beberapa manfaat jika hidup sendiri. Bagi anak kos, pasti sering mengalaminya deh. 

1. Ada kalanya, hidup sendiri memberi keuntungan. Kamu adalah bos untuk dirimu seorang

5 Manfaat dari Hidup Sendirian, Gak Selalu Kesepian ilustrasi wanita sedang menikmati waktu sendirian (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hidup sendiri gak seburuk itu kok. Malah untuk beberapa hal bisa memberi keuntungan yang sepadan. Contohnya aja, kamu adalah bos untuk hidupmu sendiri. Kamu bebas menentukan apa yang kamu mau tanpa harus memikirkan pendapat orang lain. Tentukan semuanya berdasarkan selera dan kemauan sendiri.

2. Saatnya belajar mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain

5 Manfaat dari Hidup Sendirian, Gak Selalu Kesepian ilustrasi hidup mandiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hidup sendiri otomatis melatihmu untuk mandiri. Semua keperluan dan kebutuhan harus dipenuhi sendiri. Kamu akan terbiasa untuk mengatur, mengambil keputusan dan mengelola gaya hidup lebih teratur. Tak lagi bergantung pada orang lain, karena kamu bisa mengurus dirimu dengan baik.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Memiliki Pendirian dan Prinsip Hidup Sendiri

3. Memilki waktu untuk me time sepuasnya. Tak ada yang mengganggu privasimu

5 Manfaat dari Hidup Sendirian, Gak Selalu Kesepian ilustrasi wanita sedang bersantai (pexels.com/Artem Beliaikin)

Saatnya refleksikan diri dengan me time. Manusia butuh privasi untuk mengembalikan energi yang terkuras. Me time berfungsi untuk memahami dan mengenal diri sendiri. Dari apa yang kamu mau, apa yang kamu butuhkan, sehingga bisa melakukan perubahan untuk  lebih baik lagi. 

4. Bebas melakukan apapun tanpa intervensi dari pihak luar

5 Manfaat dari Hidup Sendirian, Gak Selalu Kesepian ilustrasi sedang menikmati waktu sendirian (pexels.com/riciardus riciardus)

Kebebasan yang hakiki adalah impian semua orang. Kamu bisa melakukan apa saja tanpa intervensi orang lain. Gunakan kesendirian untuk melakukan yang kamu sukai. Puaskan keinginanmu tanpa perlu memikirkan apa yang orang lain akan katakan. Saatnya hidup damai tanpa harus takut pada komentar orang lain. 

5. Membebaskanmu dari hiruk pikuk keramaian di luar sana

5 Manfaat dari Hidup Sendirian, Gak Selalu Kesepian ilustrasi wanita bahagia (pexels.com/Oleg Magni)

Hidup sendirian bisa menyeimbangkan aktivitas sosialmu di luar sana. Setelah disibukkan dengan hirup pikuk dan keramaian di luar, kamu membutuhkan waktu untuk menikmati kesendirian. 

Dengan begitu, kamu bisa mengambil keuntungan dari kegiatan sosial untuk direfleksikan dalam kehidupan pribadi. Karena hidupmu seimbang, akan memicu kreativitas dan produktivitas yang lebih baik lagi. 

Mungkin di satu sisi, hidup sendiri bisa menimbulkan rasa sepi, tapi di lain itu banyak juga manfaatnya yang bisa kamu rasakan. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Banyak Orang Sukses Justru Hidup Lebih Sederhana

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya