Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Hatimu Sedang Kesepian dan Membutuhkan Teman Curhat

Jangan pendam sendiri ya, gak baik

Salah satu perasaan yang menyesakkan adalah kesepian. Rasa sepi bisa membuatmu terasa hampa juga sesak di saat yang sama. Kesepian, jika di biarkan bisa berdampak buruk bagi diri sendiri. Efek lain yang kamu rasakan adalah mudah marah, pemurung bahkan sampai depresi. 

Salah satu solusinya, kamu butuh seseorang untuk di ajak curhat. Orang lain bisa membantu melegakan hatimu supaya kesepian itu perlahan berkurang. Kamu tak perlu ragu bercerita karena ada banyak orang yang perduli dan sayang padamu.

Agar tak salah langkah, ini 5 tandanya kamu sedang merasa kesepian dan membutuhkan teman curhat. Yuk simak!

1. Saat bangun tidur, perasaan terasa kosong dan hampa

5 Tanda Kalau Hatimu Sedang Kesepian dan Membutuhkan Teman Curhatunsplash.com/Asdrubal luna

Biasanya, seseorang akan merasa lebih segar saat bangun tidur. Tidur nyenyak dapat memulihkan rasa lelah akibat aktivitas yang sudah dilakukan selama satu hari penuh. Badan terasa lebih fit dan siap beraktivitas kembali.

Tapi, berbeda saat suasana sedang merasa kesepian. Alih-alih segar saat bangun, hanya rasa kosong dan hampa yang kamu rasakan. Tak ada yang istimewa, segalanya membosankan dan kamu malah bingung harus melakukan apa. 

2. Suka melamun. Pandangan terlihat kosong, seringkali gak fokus

5 Tanda Kalau Hatimu Sedang Kesepian dan Membutuhkan Teman Curhatunsplash.com/Mubariz Mehdizadeh

Mata adalah cahaya kehidupan. Melalui mata, suasana hati seseorang bisa terlihat dengan jelas. Jika seseorang sedang senang, matanya akan bersinar-sinar terang, tapi saat sedih, cahaya tersebut hilang dan berganti dengan tatapan sendu. 

Orang yang kesepian adalah contohnya. Tatapannya sering terlihat kosong dan gak fokus. Seringkali juga terlihat melamun seolah banyak beban tak kasat mata yang menggantung di pundaknya. Seseorang yang kesepian butuh orang lain. Butuh sosok yang di percaya untuk berbicara, dan butuh seseorang untuk berbagi beban bersama. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Pacaran Bukan Karena Sudah Siap Tapi Karena Kesepian

3. Kamu sendiri gak mengerti apa yang sebenarnya kamu rasakan

5 Tanda Kalau Hatimu Sedang Kesepian dan Membutuhkan Teman Curhatunsplash.com/Maksym Kaharlytskyi

Seringkali mencari penyebab suasana hati kenapa tak menentu. Perasaan yang berubah-ubah memberi efek buruk pada hatimu. Mood jadi naik turun, kadang orang terdekat pun jadi korbannya. 

Meski sudah mencari tahu, ujung-ujungnya kamu malah gak mengerti apa yang sebenarnya kamu rasakan. Kamu terjebak dalam kondisi yang membingungkan dan gak tau harus berbuat apa. Dari luar kamu terlihat baik-baik aja, tapi dari dari dalam, kamu sungguh merasa kesepian yang teramat sangat. 

4. Merasa sunyi sendiri, bahkan di tempat yang ramai sekalipun

5 Tanda Kalau Hatimu Sedang Kesepian dan Membutuhkan Teman Curhatunsplash.com/Artyom Kulikov

Bahkan di tempat yang ramai, kamu tetap merasa sunyi dan kosong. Perasaan itu seolah membawamu ke sudut tergelap dan membuatmu meringkuk. Meski badanmu ada di tempat yang ramai, jiwamu malah melayang entah kemana. 

Kamu harus coba bercerita pada seseorang. Ya, menceritakan keluh kesahmu agar bisa melegakan hati dan pikiran. Setidaknya, beban akan terasa berkurang dan pikiran jauh lebih tenang agar tak merasa kesepian lagi. 

5. Perasaan jadi lebih sensitif. Kadang kamu sering menangis tiba-tiba

5 Tanda Kalau Hatimu Sedang Kesepian dan Membutuhkan Teman Curhatunsplash.com/Milada Vigerova

Perasaan kesepian bisa membuat hati lebih sensitif. Kamu tiba-tiba begitu marah lalu membaik dengan sendirinya. Terkadang kamu suka menangis sendirian karena gak mampu lagi bertahan. 

Tak apa, kalau menangis bisa membuatmu lebih lega maka menangis saja. Lalu setelah itu bangkitlah. Jangan menanggung kesakitan sendirian. Kamu bisa cerita kepada keluarga, teman atau siapapun yang bisa di percaya. Beranikan dirimu untuk memulai, kalahkan rasa takutmu karena segalanya tak seseram yang di pikirkan.

Kamu berhak bahagia. Curhat sama orang lain bisa mengurangi rasa kesepian. Rasa sesakmu perlahan berkurang ketika kamu memberanikan diri untuk berbicara pada orang lain. Jadi, demi dirimu sendiri, agar gak lagi merasa sepi, jangan ragu untuk curhat pada orang lain. 

Baca Juga: 5 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Curhat Sama Teman

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You