Comscore Tracker

7 Kebaikan Kecil yang Bisa Membuat Kualitas Dirimu Semakin Meningkat

#ANGPOIN Sederhana, namun membuatmu lebih baik

Berbuat kebaikan tak harus melakukan hal besar. Kamu pun bisa memulainya lewat sesuatu yang kecil nan sederhana. Gak perlu repot-repot karena berhubungan dengan kegiatanmu sehari-hari.

Selain menambah pahala, beberapa kebiasaan ini bisa membuat kualitas dirimu jadi lebih baik lagi, lho. Ini dia tujuh contoh kebaikan kecil yang mudah kamu lakukan.  

1. Ambil makanan secukupnya supaya tidak terbuang sia-sia

7 Kebaikan Kecil yang Bisa Membuat Kualitas Dirimu Semakin Meningkatunsplash.com/Rachel Park

Kebiasaan buruk kita adalah suka mengambil makanan dalam porsi banyak tapi tak pernah menghabiskannya. Seolah gengsi karena takut dibilang rakus atau gendut. 

Akhirnya makanan jadi mubazir dan berakhir di pembuangan sampah. Padahal, masih banyak orang-orang yang kelaparan dan kekurangan gizi. Mulai sekarang, ambil makanan secukupnya saja agar tidak terbuang sia-sia. 

2. Mengerjakan sesuatu dengan tulus tanpa menuntut imbalan

7 Kebaikan Kecil yang Bisa Membuat Kualitas Dirimu Semakin Meningkatunsplash.com/Rémi Walle

Sekarang ini, sulit sekali menemukan orang yang tulus. Segalanya berorientasi pada uang atau imbalan tertentu. Akhirnya, banyak yang menjadi egois, serakah, dan menang sendiri. 

Untuk menjadi orang baik, kita tak perlu menunjuk orang lain. Semua bisa dimulai dari diri sendiri. Ketulusan adalah kebaikan nyata agar manusia tak kehilangan sisi kemanusiaannya. 

3. Setelah makan di restoran, susun kembali piring dan gelasmu dengan rapi

7 Kebaikan Kecil yang Bisa Membuat Kualitas Dirimu Semakin Meningkatunsplash.com/Dan Gold

Saat selesai makan di restoran, tumpuk kembali piring dan gelasmu di tengah meja agar memudahkan pelayan untuk membersihkannya.

Kebaikan kecilmu sangat berarti untuk mereka. Kamu membuat pekerjaan mereka lebih ringkas dan mudah. Tindakanmu juga dianggap menghargai pelayan dan sangat bermartabat, lho. 

Baca Juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses di Malam Hari, Kamu Termasuk Gak?

4. Mengucapkan terima kasih pada petugas minimarket saat kamu selesai belanja

7 Kebaikan Kecil yang Bisa Membuat Kualitas Dirimu Semakin Meningkatunsplash.com/Dan

Begitu saat kamu selesai belanja di minimarket, jangan lupa ucapkan terima kasih atas pelayanan mereka. Sama halnya ketika naik transportasi online atau angkutan umum.

Ucapan terima kasih memang terdengar sepele,  tapi sangat bermakna karena mereka merasa dihargai.

5. Jangan terobos lampu merah demi keselamatanmu dan orang lain

7 Kebaikan Kecil yang Bisa Membuat Kualitas Dirimu Semakin Meningkatunsplash.com/Roberto Júnior

Setiap pengguna jalan punya hak yang sama. Termasuk pengendara atau pejalan kaki. Jadi, patuhi rambu-rambu yang ada. Ayo sama-sama belajar taat aturan demi keselamatanmu dan juga orang lain. Bukan karena takut ditilang polisi ya, tapi berdasarkan kesadaran sendiri. Masa hari gini masih terobos lampu merah? 

6. Jika senggang, gunakan waktumu untuk melakukan kegiatan produktif

7 Kebaikan Kecil yang Bisa Membuat Kualitas Dirimu Semakin Meningkatunsplash.com/Alexis Brown

Kalau kamu punya waktu kosong, lakukan kegiatan yang bermanfaat dan produktif. Memang sah-sah aja kalau mau bersantai, tapi jangan menghabiskan waktu dengan hal-hal yang kurang berguna. Latih dirimu agar selalu bergerak supaya kemampuanmu bertambah dan semakin banyak bidang yang kamu kuasai. 

7. Belajar untuk menghargai perbedaan

7 Kebaikan Kecil yang Bisa Membuat Kualitas Dirimu Semakin Meningkatunsplash.com/Priscilla Du Preez

Kita tinggal di lingkungan yang memiliki banyak perbedaan. Mulai dari suku, agama, budaya, hobi, dan sebagainya.

Sebagai makhluk sosial sudah seharusnya menghargai perbedaan yang ada. Perbedaan adalah keragaman unik yang membuat setiap insan istimewa. Menjelekkan orang lain gak membuat kamu terlihat lebih bagus dari orang lain. Jika ingin dihargai, mulailah untuk menghargai orang lain lebih dulu.

Sesuatu yang kecil seperti contoh di atas, jika dilakukan dengan tulus dan benar akan memberikan dampak yang baik untukmu dan orang lain.

Baca Juga: 5 Kebiasaan di Instagram yang Bisa Jadi Toxic dalam Hubunganmu

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You