Comscore Tracker

Banyak Virus, 5 Cara Realistis Tetap Waras saat Pandemik

jangan panik dan tetap jaga kesehatan

Berita COVID-19 masih mendominasi dimana-mana. Gak cuma Indonesia aja yang kelimpungan, seluruh dunia mengalami hal yang sama. Apalagi semakin banyak virus dengan varian baru yang bermunculan. 

Perasaan takut dan was-was membayangi. Semua orang kelelahan dan paranoid. Demi mencegah penularan, vaksinasi juga digencarkan. Di masa pandemik, kita harus punya langkah pasti untuk bertahan. Meski sederhana, tapi layak di coba. Ini lima di antaranya.

1. Harus selalu sehat dengan asupan makanan bergizi dan rutin berolahraga

Banyak Virus, 5 Cara Realistis Tetap Waras saat Pandemikilustrasi makanan sehat (pexel.com/Sharon McCutcheon)

Kesehatan nomor satu. Untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, konsumsi makanan bergizi sesuai kebutuhan. Akan lebih baik minum ditambah vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh.

Gak cuma lewat makanan, lakukan olahraga agar badan semakin sehat. Melawan COVID-19 harus dimulai dari diri sendiri. Semakin sering menjaga kebersihan dan kesehatan, dampaknya akan semakin baik.

2. Tahan diri untuk gak berpergian jika tak mendesak. Banyaknya virus yang bermutasi sangatlah berisiko 

Banyak Virus, 5 Cara Realistis Tetap Waras saat Pandemikilustrasi memakai masker (pexel.com/Anna Shvets)

Anjuran stay at home dan social distancing bukanlah omong kosong. Tujuannya gak cuma menekan penyebaran virus tapi memutus rantai COVID-19 itu sendiri. Kalau gak penting-penting banget, jangan keluar rumah. 

Kita semua punya andil untuk menghentikan penyebaran. Rumah sakit over capacity. Tenaga medis kelimpungan karena jumlah pasien membludak. Jangan lengah melawan pandemik, meski kita sudah lelah. Tetap waspada dan hati-hati.

3. Berhemat dengan bijaksana. Jangan beli barang yang sifatnya konsumtif dan gak terlalu penting 

Banyak Virus, 5 Cara Realistis Tetap Waras saat Pandemikilustrasi sedang memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Untuk sementara, jangan belanja sesuatu yang sifatnya gak penting-penting banget. Tabung uangmu dan berhemat dengan bijak. Keadaan ekonomi kita belum membaik. Pengangguran meningkat dan lowongan kerja tidak begitu banyak.

Yang terpenting bagaimana bisa bertahan di situasi seperti sekarang. Ya, kita semua berharap agar pandemi ini segera berakhir supaya ekonomi bisa lancar seperti biasa.

Baca Juga: 5 Tips Persiapkan Intimate Wedding Saat Pandemik, Praktis dan Khidmat

4. Jangan terprovokasi dengan berita hoax. Tetap tenang dan berpikir dengan jernih 

Banyak Virus, 5 Cara Realistis Tetap Waras saat Pandemikilustrasi wanita menggunakan laptop (pexels.com/Vlada Karpovich)

Melihat berita jumlah korban yang terinfeksi pasti bikin cemas.Tapi, ketakutan yang berlebih jadi bumerang untuk diri sendiri. Di tengah kondisi seperti ini, yang kita butuhkan adalah ketenangan. 

Lalu, hindari berita hoax yang gemar memprovokasi. Pilih portal berita terpercaya supaya gak termakan isu-isu tidak benar. Jangan terkecoh pada broadcast yang sumbernya tidak jelas. Cari sumber kredibel agar tidak salah informasi. 

5. Adalah tugas kita untuk saling menjaga satu sama lain 

Banyak Virus, 5 Cara Realistis Tetap Waras saat Pandemikilustrasi wanita berpelukan (pexel.com/Elly Fairytale)

Wabah ini menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, gak perduli status sosial apakah kamu kaya atau tidak. Siapa saja bisa terinfeksi dengan cepat. Kita punya tugas untuk menjaga satu sama lain. Ada orang tua di rumah yang lebih rentan terkena virus, sebab itu anak muda harus hati-hati saat beraktivitas.

Saling mengingatkan teman untuk memperhatikan protokol kesehatan. Atau pakai masker kapanpun sebagai langkah pengamanan.

Jika semua bekerjasama tanpa menyisipkan kepentingan pribadi, wabah ini pasti bisa diatasi. Pandemik memberikan kita banyak pelajaran, mulai dari kesehatan sampai kemanusiaan.

Baca Juga: 5 Tips Persiapkan Intimate Wedding Saat Pandemik, Praktis dan Khidmat

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya