Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Generasi Muda Tidak Boleh Apatis dengan Pemilu 2019

Semangat generasi muda dalam menyambut pemilu

Tahun 2019 adalah tahun yang spesial karena seluruh rakyat Indonesia mengadakan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin bangsa yakni, presiden, wakil presiden, dan anggota legislatif.

Seluruh rakyat Indonesia akan menggunakan hak pilihnya termasuk generasi muda. Generasi muda atau yang lebih dikenal dengan milenial tentu tak boleh ketinggalan menyemarakkan euforia pemilu. 

Mungkin sebagian dari kamu masih ada yang cuek soal pemilu. Apalagi saat melihat sosial media yang penuh "sindiran" dan "perang" antar masing-masing pendukung. Tapi, kita sebagai anak muda gak boleh apatis dengan pemilu tahun ini. Kenapa? Yuk, simak poinnya.  

1. Menjunjung jiwa demokrasi

5 Alasan Kenapa Generasi Muda Tidak Boleh Apatis dengan Pemilu 2019unsplash.com/rawpixel

Pemilu adalah salah satu cerminan dari demokrasi. Rakyat dapat memilih langsung para calon yang dianggap pantas dan mampu memimpin negara tercinta ini.

Dengan berpartisipasi dalam pemilu, kamu telah menjadi bagian masyarakat yang menjunjung demokrasi. Kamu menggunakan hak pilih untuk kepentingan bangsa dengan menunjuk calon yang layak untuk duduk di bangku pemerintah.

2. Masa depan bangsa berada di tangan anak muda

5 Alasan Kenapa Generasi Muda Tidak Boleh Apatis dengan Pemilu 2019rbth.com

Indonesia adalah salah satu negara dengan angkatan anak muda terbesar di dunia, yang artinya sumber daya manusia dengan usia produktif di negara kita sangatlah besar. 

Katanya, anak muda adalah generasi penerus bangsa. Pernyataan itu sangatlah benar. Oleh karena itu, pada pemilu kali ini kamu gak boleh apatis. Serius deh, masa depan bangsa ini ada dalam tanganmu lho. Generasi terdahulu perlahan akan berganti dengan jiwa muda, dan saat ini adalah masanya kamu ikut serta memajukan bangsa dan negara. 

Baca Juga: Apa yang Bisa Dilakukan Milenial di Sumut Jelang Pemilu 2019?

3. Melakukan perubahan lewat aksi yang nyata

5 Alasan Kenapa Generasi Muda Tidak Boleh Apatis dengan Pemilu 2019unsplash.com/Parker Johnson

Pemilu adalah cara yang tepat untuk melakukan perubahan bagi bangsa lewat aksi nyata. Sebagai generasi muda, inilah saatnya jadi bagian dalam perubahan tersebut. 

Iya, bahas politik memang bikin sakit kepala. Ditambah "perang" antar masing-masing pendukung yang saling menjatuhkan. Tapi semua itu gak boleh bikin kamu jadi masa bodoh akan bangsa ini. 

Gunakan hak pilihmu sesuai kata hati. Tapi tugas kita tak hanya sekadar memilih tapi juga mengawasi, supaya para pejabat pemerintah dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. 

4. Memberi kesempatan kepada calon potensial untuk memimpin bangsa

5 Alasan Kenapa Generasi Muda Tidak Boleh Apatis dengan Pemilu 2019unsplash.com/rawpixel

Negara Indonesia sangatlah besar. Sebab itu, butuh orang-orang yang bijak dan kompeten untuk bisa memimpin. Pemilu adalah sarana untuk memilih calon potensial bagi mereka yang layak mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara.

Sekali lagi, pilih yang menurut kamu mampu, tak hanya mengumbar janji belaka, dan gak kalah penting bisa bertanggung jawab untuk menjalankan tugasnya. 

5. Bagian dari cinta tanah air

5 Alasan Kenapa Generasi Muda Tidak Boleh Apatis dengan Pemilu 2019imagefinder.co

Mengikuti pemilu adalah salah satu cara menunjukkan kecintaan pada tanah air karena sebagai anak muda, kita mau perduli akan dunia politik yang sangat rumit dan penuh tipu daya. 

Sebagai generasi penerus, kita tak boleh apatis akan masa depan negara ini karena kita adalah pewaris bangsa selanjutnya. Menyemarakkan pemilu bisa dimulai dengan tidak menyebarkan hoax, ujaran kebencian ataupun hal negatif lainnya. 

Berbeda pilihan adalah hal yang wajar dan tak boleh menjadikan kita terpecah belah. Jadi, jangan lupa gunakan hak pilih kamu untuk Indonesia yang lebih baik ya. Semangat Millennial! 

Baca Juga: IMS 2019: Apa Kata Bos Korporasi Asing Soal Pemilu Indonesia?

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya