Comscore Tracker

5 Hal yang Buatmu Kuat Saat Ditinggal Selamanya oleh Orang Terkasih

Semangat, kamu pasti bisa melewatinya kok!

Kehilangan adalah rasa sakit yang sulit dijelaskan. Rasa sakit dan sedihnya bercampur jadi satu sampai membayangkannya pun gak berani. Tapi, kalau takdir yang sudah berbicara manusia tak bisa apa-apa. Karena kematian dan kehidupan adalah rahasia Tuhan yang tak bisa disangka-sangka.

Siapa pun pasti merasa sedih saat ditinggal pergi orang terkasih, apalagi untuk selamanya. Kalau bisa menghentikan waktu, kamu ingin semua berakhir detik itu juga supaya gak larut dalam kesedihan.

Tapi, bukankah hidup terus berjalan? Sesulit apa pun kamu harus mengangkat kepala agar gak terjebak dalam duka yang dalam. Mungkin dengan membaca ini, bisa sedikit membantumu jadi kuat saat dtinggal pergi selamanya oleh orang terkasih.

1. Nafas hidup manusia mutlak milik hak Sang Kuasa. Semua sudah ditakdirkan oleh-NYA

5 Hal yang Buatmu Kuat Saat Ditinggal Selamanya oleh Orang Terkasihpexels.com/VisionPic .net

Tak ada satu pun makhluk di bumi ini yang bisa menambahkan umurnya sendiri. Semua adalah rahasia dan mutlak otoritas dari Sang Pencipta. Pun kita sebagai manusia tak bisa menolak jika Tuhan ingin memanggil umat-Nya untuk pulang.

Sebab itu selama hidup kita harus melakukan yang terbaik agar tidak menyesal di kemudian hari. Ketika sudah waktunya kembali ke pangkuan Sang Kuasa, kita harus siap tanpa bisa melakukan tawar menawar pada-Nya. 

2. Meski sedih karena ditinggalkan, kamu harus menerimanya dengan ikhlas

5 Hal yang Buatmu Kuat Saat Ditinggal Selamanya oleh Orang Terkasihpexels.com/Pixabay

Menerima kepergian orang terkasih membutuhkan jiwa yang besar. Ya benar, hanya kamu yang bisa merasakan betapa sakit dan sedihnya karena ditinggal untuk selamanya. Kamu ingin menyerah saja karena tak sanggup lagi melangkah.

Tapi, hidup terus berjalan. Kamu boleh menangis bahkan berteriak lantang untuk meluapkan semua kesedihanmu. Kalaupun ingin mengadu pada Tuhan, kamu boleh melakukannya agar hati lebih lega. Namun setelahnya tegarkan hatimu untuk menerimanya dengan ikhlas. Ada sekelilingmu yang selalu mendukung agar kamu kembali semangat. 

Baca Juga: 5 Pemikiran Toksik Setelah Putus yang Bikin Kamu Gagal Move On

3. Nyatanya kita selalu dekat dengat kematian. Baiknya jadi pengingat agar selalu melakukan yang terbaik selama masih hidup

5 Hal yang Buatmu Kuat Saat Ditinggal Selamanya oleh Orang Terkasihpexels.com/VisionPic .net

Kehidupan dan kematian adalah hal yang saling terikat satu sama lain. Di mana ada napas hidup di situ juga ada kematian. Dan kematian adalah rahasia Sang Kuasa. Ketika kita dihadapkan kenyataan karena kehilangan orang terkasih, baiknya kita juga ingat bahwa cepat atau lambat kita semua akan mengalami hal yang sama. 

Semua hanya persoalan waktu. Itulah kenapa orang bijak selalu bilang untuk hidup sebaik-baiknya seolah hari ini adalah hari yang terakhir. 

4. Lewat kehilangan, pribadi kita ditempa untuk jadi lebih kuat dari sebelumnya

5 Hal yang Buatmu Kuat Saat Ditinggal Selamanya oleh Orang Terkasihpexels.com/Albert Rafael

Ditinggal orang terkasih untuk selamanya seperti kehilangan separuh jiwa. Ragamu ada, tapi pikiranmu seperti entah ke mana. Seperti ada yang mengambil sebagian dari dirimu lalu kamu gak tahu gimana caranya untuk bangkit lagi.

Tapi Tuhan selalu punya rahasia. Kadang, lewat kehilangan kita belajar untuk jadi lebih kuat. Kamu belajar mengatasi rasa sakit tersebut yang mana mengajarkanmu untuk tabah. Percayalah, saat Tuhan mengambil orang terkasih, Ia sudah menyiapkan pengganti yang lain untuk menemanimu. 

5. Sampaikan rasa rindumu pada mereka lewat doa. Yakinlah bahwa mereka telah bahagia di atas sana

5 Hal yang Buatmu Kuat Saat Ditinggal Selamanya oleh Orang Terkasihpexels.com/Matheus Bertelli

Menangis karena rindu adalah wajar. Tapi bukan berarti kamu gak bisa menyalurkan kerinduanmu. Sampaikan rasa rindumu lewat doa. Ceritakan apa yang kamu rasakan dalam sujud kepada Sang Pencipta.

Yakinlah bahwa mereka yang sudah pergi lebih dulu telah bahagia. Kamu pun harus bangkit untuk menata hidup kembali. Jadikan kenangan manis yang telah kalian ciptakan sebagai kekuatan untuk terus bertahan.

Umur manusia adalah rahasia Tuhan semata. Meski kerabat yang ditinggal merasakan duka tiada tara, tetaplah semangat untuk melanjutkan hidupmu kembali.

Baca Juga: Biar Gak Galau Terus, Ini 5 Tips Selesaikan Konflik dengan Kekasih

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya