5 Kesalahan di Masa Muda yang Dapat Merugikan Dirimu Sendiri

#ANGPOIN Kamu sendiri yang akan merasa rugi nantinya!

Sebagai anak muda dengan jiwa yang bebas dan lepas, pasti merasa penasaran untuk mencoba banyak hal. Rasa penasaran yang tinggi mendominasi cara pikiranmu tanpa mau tahu apakah yang kamu lakukan itu benar atau salah.

Tak apa, semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, jangan terlena pada kesalahan masa muda yang  bisa membawamu pada kehancuran di masa depan. Berikut ini, 5 kesalahan masa muda yang tidak seharusnya kamu lakukan, karena dapat merugikan diri sendiri.

1. Menjalani hidup dengan gengsi demi pengakuan status yang tinggi

5 Kesalahan di Masa Muda yang Dapat Merugikan Dirimu Sendiriunsplash.com/frank mckenna

Anak muda masa kini berlomba-lomba ikut tren kekinian demi diakui orang. Misalnya,  makan siang di cafe terkenal karena malu kalau makan di tempat biasa atau menikmati segelas kopi dengan harga selangit untuk pamer di media sosial.

Akibatnya, mereka harus menanggung kerugian karena lebih memilih gengsi daripada jujur pada diri sendiri. Mendapatkan pengakuan tak perlu membohongi diri, banyak cara yang bisa kamu lakukan misalnya dengan menunjukkan prestasi.

2. Suka menyepelekan hal-hal kecil nan sederhana

5 Kesalahan di Masa Muda yang Dapat Merugikan Dirimu Sendiriunsplash.com/Angello Lopez

Padahal, sesuatu yang besar awalnya selalu di mulai lewat hal-hal kecil. Meski tampak sederhana, sesuatu yang kecil tadi bisa menggiringmu kepada tugas yang lebih besar. Jadi, jangan anggap remeh tugas-tugas kecil yang diberikan padamu. Belajarlah setia pada perkara kecil, jika mau tanggung jawab yang lebih besar.

3. Daripada belajar dari nol, kamu lebih suka jalan pintas yang serba cepat

5 Kesalahan di Masa Muda yang Dapat Merugikan Dirimu Sendiriunsplash.com/Elizeu Dias

Sesuatu yang instan dan cepat memang menggiurkan. Kamu tak perlu repot-repot kesulitan mengurusi hal-hal yang rumit. Tetapi, memakai jalan pintas tak seindah dugaan karena kamu gak pernah tahu apa artinya berusaha dan mulai dari nol. Melangkah dari bawah memang melelahkan, namun kamu akan melewati berbagai proses yang dapat menempa mental jadi kuat dan tahan banting.

Baca Juga: 5 Kesalahan Sepele yang Bisa Berdampak Buruk pada Kualitas Otak

4. Tidak berani mencoba hal baru karena takut gagal

5 Kesalahan di Masa Muda yang Dapat Merugikan Dirimu Sendiriunsplash.com/Zulmaury Saavedra

Hidup ini selalu bergerak dan penuh dengan perubahan. Sekejap saja terlena, kamu tertinggal jauh. Sayangnya, banyak yang memilih  diam daripada mencoba hal baru. Semua bersumber dari satu rasa, yaitu takut gagal.

Padahal selagi muda, kamu harus sering menguji diri sendiri untuk mengetahui sampai mana potensimu. Berdiam diri hanya akan membuatmu berada di tempat yang sama tanpa pernah maju selangkah.

5. Mengabaikan kritik dan menggangap remeh saran orang-orang

5 Kesalahan di Masa Muda yang Dapat Merugikan Dirimu Sendiriunsplash.com/Laurenz Kleinheider

Anak muda memang penuh semangat tapi juga disisipi rasa egois yang tinggi. Harga diri membuat mereka menulikan telinga akan kritik dan menganggap remeh saran dari yang lebih tua.

Padahal anak muda butuh dampingan orang tua untuk membentuk karakter diri, salah satunya lewat kritikan dan saran. Semua itu bukan omong kosong, melainkan nasihat agar kamu lebih baik daripada sebelumnya.

Melakukan banyak kesalahan saat muda memang wajar, tapi belajar juga untuk memperbaikinya. Jangan diam saja karena yang akan rugi adalah dirimu sendiri nantinya.

Baca Juga: 6 Kesalahan Dalam Mendisiplinkan Anak yang Sering Dilakukan Orangtua

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You