Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Berhenti Dilakukan karena Dapat Menyakiti Dirimu 

Buang jauh-jauh, ya

Kalau pikiran negatif sudah datang, tanpa sadar kita bisa saja bertindak ekstrem. Mau melakukan apa saja rasanya salah. Belum lagi perasaan gak aman dan gelisah juga timbul bersamaan yang bikin semuanya tambah rumit. 

Berjuang untuk melawan pikiran negatif memang gak gampang. Sekeras mungkin kamu berusaha untuk selalu baik-baik aja. Untuk dirimu yang lebih baik, untuk kondisi hati, jiwa dan pikiranmu yang lebih sehat jauhkan lima pikiran jahat ini dalam kepala kamu, ya. Kamu pasti bisa!

1. Jangan lagi merasa kalau kamu gak penting dan tidak berharga

5 Hal yang Harus Berhenti Dilakukan karena Dapat Menyakiti Dirimu pexels.com/Demeter Attila

Pikiran kayak gini bahaya banget karena bisa merusak kamu pelan-pelan. Kamu memilih untuk bersembunyi karena merasa gak berharga. Jangan begitu, hidupmu sangat berharga dan kamu berhak untuk bahagia.

Jalan saja pelan-pelan dan jangan paksakan dirimu. Jika lelah, kamu boleh berhenti tapi jangan pernah menyerah. Masih ada yang namanya 'harapan', yang bisa bikin kamu bertahan di tengah kondisi yang menyesakkan ini. Selagi harapan masih ada, kamu tetap berharga untuk dirimu sendiri. 

2. Atau kamu merasa gak pantas dicintai dan merasakan kebahagiaan

5 Hal yang Harus Berhenti Dilakukan karena Dapat Menyakiti Dirimu pexels.com/Pixabay

Semua orang berhak merasakan cinta, termasuk kamu. Cinta bisa diperoleh dari mana saja dan cara yang paling mudah dengan mencintai dirimu sendiri. Buang pikiran jauh-jauh kalau kamu merasa gak layak. Toh di dunia ini semua gak ada yang sempurna kok.

Saat bisa mencintai diri sendiri, kamu akan tau gimana caranya membagi cinta kepada orang lain. Saat bisa mencintai dirimu, kamu punya harapan untuk masa depan yang lebih baik. Saat bisa menerima dirimu, kamu akan merasakan damai dan kelegaan untuk membebaskanmu dari rasa takut. 

Baca Juga: 5 Hal Terbaik yang Bisa Dilakukan setelah Menyakiti Pasangan

3. Membiarkan dirimu terjebak pada rasa takut dan gak berani untuk mencoba

5 Hal yang Harus Berhenti Dilakukan karena Dapat Menyakiti Dirimu pexels.com/Thnh Phng

Perasaan takut itu manusiawi. Untuk hal tertentu sangat berguna karena bikin mawas diri. Tapi, rasa takut yang berlebih juga gak baik karena bikin kamu gak berkembang. Lalu, akan menjebakmu pada situasi yang namanya zona aman.

Secara teknis zona aman memang terdengar biasa, tapi efeknya bikin hidupmu gak ada kemajuan. Karena ini hidup ini dinamis, kita gak boleh cepat berpuas diri. Coba lawan rasa takutmu untuk bereksperimen dengan sesuatu yang baru. 

4. Pemikiran kalau kamu pantas untuk disakiti dan ditinggalkan oleh orang-orang terdekat

5 Hal yang Harus Berhenti Dilakukan karena Dapat Menyakiti Dirimu pexels.com/Nikolai Ulltang

Jika dia meninggalkanmu dengan alasan kalau kamu gak pantas, maka dia salah besar. Sebenarnya, yang tidak layak adalah dia untuk mendapatkan kamu yang berharga. Ketika menjalin hubungan, saling introspeksi itu penting. Kesalahan tidak boleh dilemparkan oleh satu pihak saja.

Jadi, buang jauh-jauh pikiran tadi, ya. Air matamu terlalu berharga untuk meratapi orang yang salah. Ciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri. Kamu berhak disayangi dan dicintai oleh sosok yang lebih baik. 

5. Pemikiran bahwa gak ada satupun yang bisa menerima kamu apa adanya

5 Hal yang Harus Berhenti Dilakukan karena Dapat Menyakiti Dirimu pexels.com/Pham Khoai

Masih ada yang bisa menerimamu dengan tulus tanpa menuntut embel-embel ini dan itu. Yang dengan tangan terbuka akan mengasihi kamu tanpa pamrih. Masih ada Sang Pencipta yang selalu bisa ditemui dalam kondisi apa pun, walau hidupmu ada di titik paling gelap sekalipun.

Ketika yang lain jahat padamu, tetaplah jadi sosok yang baik. Dunia ini gak selamanya gelap, suatu saat nanti pasti ada yang menemani dan menerima kondisimu apa adanya. 

Ketika pikiran negatif datang, tarik napas pelan-pelan supaya bisa berpikir jernih. Jangan sampai masuk terlalu jauh karena bisa melemahkan dan menyakiti dirimu sendiri. Tetap semangat, ya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Menyakiti Hati Anak, Orangtua Wajib Tahu!

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya