Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil Saat Akhir Bulan

#GoodLife Hemat itu sangat penting!

Akhir bulan merupakan masa-masa yang membuat beberapa orang khususnya anak kos-kosan merasa menderita. Ketika tanggal tua datang, gaya hidup berubah total. Asalkan masih bisa bertahan hingga awal bulan datang. 

Sebenarnya uang yang dikasih oleh orang tua untuk biaya hidup sudah diperhitungkan dengan matang. Tetapi kenapa saat akhir bulan tiba, dompet semakin menipis hingga makan seadanya. Dari kebiasaan yang hampir setiap bulan dialami, kita harus mampu mengambil pelajaran agar kedepannya tidak lagi tersiksa ketika akhir bulan. 

Pelajaran hidup yang harus diterapkan setiap harinya. Sehingga kita terbiasa melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan berguna bagi diri kita. Berikut 5 pelajaran hidup yang dapat kita ambil saat akhir bulan.

1. Segala kepemilikan dalam hidup ini pasti tidak abadi

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil Saat Akhir Bulanitsotnya.xyz

Di awal bulan ketika kita masih memiliki banyak uang, kita merasa bisa membeli apa saja. Kita meresa jika uang yang kita miliki tidak akan habis. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa yang ada di dunia ini tidak kekal abadi. 

Tapi kadang kita terbuai dengan harta yang kita miliki, hingga kita lupa hukum alam tersebut. Seperti halnya uang, kita harus menggunakan uang sesuai kebutuhan. Dan juga berpikir uang yang kita miliki akan habis jika digunakan terus. Maka dari itu, kita harus memanfaatkan yang Tuhan berikan dengan sebaik mungkin, karena itu tidak abadi.

2. Akhir bulan menuntut kita untuk sabar

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil Saat Akhir Bulanmedium.com

Makan seadanya, menahan keinginan membeli sesuatu hingga menunda bersenang-senang seperti liburan memang sangat berat untuk dirasakan. Namun, jika kita ingin bertahan hidup tanpa dampingan orang tua kita, tak ada jalan lain untuk selalu sabar dan ikhlas dalam menjalaninya. 

Sabar yaitu menerima ujian dengan ikhlas. Selain sabar ketika akhir bulan, kita juga harus menerapkan perilaku sabar dalam kehidupan sehari-hari.

3. Hemat menjadi suatu kewajiban

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil Saat Akhir Bulanbaomoi.com

Ketika di awal bulan kita memiliki uang yang cukup, sebaiknya kita menyisihkan uang kita. Tidak apa-apa sakit di awal bulan asal kita bisa menikmati akhir bulan dengan tenang. Menyisihkan uang di awal bulan saat penting, menjaga jika sewaktu-waktu ada keperluan yang mendadak. 

Dengan kita berhemat, saat akhir bulan datang kita bisa tetap tenang tanpa harus mengubah gaya hidup secara signifikan. Sesungguhnya kita memang tidak boleh berlebihan dalam segala hal. Maka dari itu kita hanya membeli yang kita butuhkan.

4. Mengajarkan kita bahwa makanan tidak boleh disia-siakan

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil Saat Akhir Bulangenk.vn

Makanan menjadi hal yang sangat dipikirkan ketika kita merasa lapar. Ketika kita hidup mandiri, kita biasanya membeli makanan di warung untuk makan sehari-hari. Saat uang kita masih banyak, biasanya kita membeli makan hingga berlebih. 

Tetapi ketika akhir bulan kita merasa makanan menjadi sangat berharga. Berarti kita tidak boleh membuang makanan begitu saja. Karena masih banyak yang butuh makanan di luar sana.

5. Mengakui kesehatan harus dijaga

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil Saat Akhir Bulantio.ch

Ketika akhir bulan tiba, kita mungkin mengurangi jumlah makan kita. Seringkali kita menahan lapar yang kita rasakan hingga merasa sakit seperti magh. Kesehatan memang harus dijaga dan mengurangi kegiatan yang beresiko menimbulkan penyakit. Maka dari itu, meskipun akhir bulan kita harus tetap menjaga asupan makan kita.

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya