Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari TNI, Sang Penjaga Negeri

#GoodLife Selamat HUT TNI ke-73!

Seperti yang kita ketahui 5 Oktober kita peringati sebagi HUT TNI. Bagi sebagian orang, menjadi TNI adalah cita-cita yang sangat mulia. TNI adalah garda terdepan dalam menjaga kedaulatan bangsa. TNI menjaga daerah perbatasan-perbatsan Indonesia dengan negar tetangga. Dengan adanya TNI, negara Indonesia tetap aman sampai saat ini.

Akan tetapi, bagi sebagian orang lainnya, menjadi TNi adalah hal yang menakutkan karena adanya pendidikan militer yang biasa orang tahu cukup keras. Selain itu, lingkungan di dunia militer juga kadang memberikan tekanan pada diri kita.

Akan tetapi, jika kita melihat dari sisi positifnya, menjadi TNI bukanlah hal yang menakutkan, justru sebuah kebanggan. Kita bisa belajar tentang kehidupan dan juga menjadikan kita bersyukur dengan yang dimiliki saat ini.

Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari kehidupan seorang TNI. Berikut 5 Pelajaran hidup yang dapat kita ambil dari seorang TNI.

1. Kedisiplinan kunci utama dalam hidup

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari TNI, Sang Penjaga Negeridimasbagus.web.id

Tidak ada yang meragukan lagi kalau dalam dunia militer seperti TNI, kedisiplinan merupakan hal wajib yang harus menjadi kebiasaan. Kehidupan sehari-hari seorang TNI haruslah sangat disiplin dan juga sangat teratur. Karena dengan kedisiplinan, menjadikan mereka selalu siap menghadapi tantangan.

Kedisiplinan menjadi kunci dalam menjadi TNI. Tidak hanya bagi TNI saja, sifat disiplin juga harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan hidup disiplin, kehidupan kita akan teratur dan juga banyak manfaat ketika kita menerapkan hidup disiplin.

Seperti halnya dalam ibadah sholat, kita harus disiplin dalam menjaankan ibadah. Karena dengan disiplin, kita tidak akan merasa terkejut ketika kita terjun dalam dunia kerja maupun masyarakat. Justru kita akan merasa terganggu jika rekan kita ada yang tidak disiplin.

2. TNI mengajarkan kita tentang tanggung jawab

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari TNI, Sang Penjaga Negeritniad.mil.id

Seorang TNI pasti dituntut untuk tanggung jawab atas tugas yang diberikan. Demi kelancaran suatu misi, masing-masing anggota TNI harus mempunyai rasa tanggung jawab yang besar. Jadi ketika ada sebuah ancaman, mereka akan merasa tanggung jawab dalam mengatasi ancaman tersebut.

Jika salah satu tidak bertanggungjawab, maka akan mengancam kekuatan dari TNI. Rasa tanggung jwab juga kita harus tumbuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita akan selalu dipercaya jika kita tanggung jawab atas amanah yang diberikan kepada kita.

Selain itu, jika kita mempunyai rasa tanggung jawab, maka kita juga akan menjaga lingkungan disekitar kita agar tidak merusak lingkungan.

Baca Juga: FOTO: Begini Aksi Prajurit TNI Mengamankan Asian Games 2018

3. Rela berkorban dalam menjalan tugas

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari TNI, Sang Penjaga Negeribatasnegeri.com

Seorang TNI akan mengorbankan segalanya demi menjaga keamanan negara. Mereka rela meninggalkan keluarga, mengorbankan tenaga dan pikiran mereka hingga rela mengorbankan nyawa. Hal ini tentu menjadi tugas yang sangat berat bagi seorang TNI.

Namun mereka dengan ikhlas dan penuh kebanggan dalam menjalankan tugas dengan rela mengorbankan apapun. Begitu juga dengan kehidupan kita, dalam mencapai kesuksesan, kita juga harus rela mengorbankan tenaga dan pikiran kita untuk terus berusaha.

Kita juga perlu mengorbankan masa muda kita untuk mencapai kesuksesan dimasa yang akan datang. Dalam mejalankan sebuah tugas kita juga harus rela mengorbankan apa yang kita miliki.

4. Mudah beradaptasi dengan rekan baru dan lingkungan baru

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari TNI, Sang Penjaga Negerimerdeka.com

Indonesia merupakan bangsa yang besar. Pastinya anggota TNI berasal dari berbagai kalangan, agama dan suku yang berbeda. Namun seorang TNI dituntut untuk cepat beradaptasi dengan rekan baru agar dalam menjalankan tugas tidak ada kendala.

Selain itu, seorang TNI juga harus siap ditempatkan di penjuru nusantara. Sehingga mereka harus beradaptasi denganlingkungan baru mereka dan juga dengan masyarakat yang ada ditempat tersebut.

Dalam kehidupan, kita juga perlu untuk cepat beradaptasi. aplagi dalam dunia kerja yang menuntut kita untuk bekerja sama dengan rekan kerja baru. Selain itu kita juga harus bisa beradaptasi dalam lingkungan kerja maupun dalam masyarakat.

Dengan kita cepat beradaptasi, kita bisa melakukan sesuatu dengan nyaman dan menikmatinya.

5. Mandiri, tidak bergantung pada orang lain

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari TNI, Sang Penjaga Negerimiliterhankam.com

Seorang TNI harus bisa melakukakan banyak hal sendiri, karena mereka dididik untuk tidak merepotkan orang lain. Selain bertugas, mereka juga mengurus keperluan sehari-hari mereka secara mandiri.

Hal ini tentu sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Kita tidak bergantung dan tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Seseorang yang mandiri pasti mempunyai keberanian dan rasa percaya diri dengan segenap kemampuannya.

Tanpa harus menunjukan rasa sombong, kita bisa melakukan tanpa bantuan orang lain.

Baca Juga: Hore! Prajurit TNI Peraih Medali Asian Games Naik Pangkat

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya