Comscore Tracker

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kita Petik dari Kereta Api

#GoodLife Kereta api mengajarkan kita untuk tepat waktu

Tahukah kamu, jika pada ada hari khusus memperingati kereta api? Ya, tanggal 28 September ditetapkan sebagai Hari Kereta Api Nasional. Dan pada tanggal 28 September 2018 merupakan peringatan ke-73 tahun Kereta Api Nasional.

Ngomongin tentang kereta api, sebenarnya ada beberapa pelajaran berharga yang dapat kita ambil dari kereta api. Meskipun kereta api merupakan benda mati, tetapi ada beberapa pelajaran yang dapat kita ambil untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut lima pelajaran yang dapat kita petik dari kereta api.

1. Kereta api mengajarkan kita untuk tetap konsisten

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kita Petik dari Kereta Apigetwallpapers.com

Seperti yang kita ketahui kereta api memiliki jalan khusus bagi kereta api, yaitu rel. Kereta api memiliki dua rel lurus sejajar dan tahu arahnya mau kemana. Rel kereta api juga tidak berbelok-belok dan naik turun. Pelajaran yang dapat diambil adalah kita juga harus memiliki jalan hidup kita sendiri, tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain dan tahu tujuan hidup kita mau kemana. Semangat kita untuk mencapai tujuan juga harus konsisten tidak mudah goyah dan naik turun. Jadi sebagai manusia, kita harus tetap konsisten melakukan apa yang kita ingin capai.

2. Kereta api mengajarkan kita agar tidak mudah menyerah

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kita Petik dari Kereta Apigoldwallpapers.com

Kita jangan sampai berhenti mencapai tujuan dari apa yang kita sedang lakukan. Meskipun ada berbagai hambatan, tetapi kita tidak boleh menyerah. Hambatan itu harus dilawan dengan berani. Seperti halnya kereta api tidak akan berhenti sebelum mencapai tujuan. Jika tidak ada hambatan yang benar-benar besar, kereta api akan tetap melaju.

Baca Juga: 6 Pelajaran Berharga yang Bisa Kita Petik dari Kasus Ratna Sarumpaet

3. Kereta api mengajarkan kita agar menghargai waktu

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kita Petik dari Kereta Apikaorinusantara.or.id

Waktu menjadi sangat penting ketika kita sedang membutuhkannya. Saat kita sedang menganggur, kita sering membuang waktu itu hanya untuk bermain hp ataupun bermain game. Padahal banyak kegiatan positif lainnya yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang tersebut. Seperti halnya ketika kita akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api, kita dituntut untuk datang teapt waktu ke stasiun. Karena jika terlambat satu detik saja, maka kita akan ditinggal sama kereta yang sudah kita beli tiketnya. Dalam kondisi tersebut, seringkali baru kita sadari bahwa waktu begitu penting dan sangat berharga.

4. Kereta api mengajarkan kita menjadi pribadi yang sabar

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kita Petik dari Kereta ApiIlutrasi/jpclip.net

Sabar merupakan sesuatu yang sangat mahal ketika kita sedang merasa emosi. Ketika kita sedang emosi, kita merasa kesabaran yang dimiliki sudah habis. Sering kali mengatakan bahwa kesabaran ada batasnya. Padahal ketika kita menjadi orang yang sabar, maka sesuatunya justru akan berjalan lebih baik. Karena dengan kesabaran bisa membuat kita lebih tenang, berkonsentrasi dan apa yang dilakukan akan lebih aman.

Sama halnya ketika kita menggunakan kendaraan dan melewati perlintasan kereta api. Ketika palang kereta api sudah turun bertanda kita tidak boleh melintas selama kereta api akan lewat. Kita harus tetap sabar menunggu kereta api melintas dahulu. Jika kita memaksakan untuk melintasi rel tersebut, maka taruhanya adalah nyawa. Jadi, kita dituntut untuk bersabar menunggu kereta api lewat.

5. Kereta api mengajarkan kita betapa pentingnya komunikasi

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kita Petik dari Kereta Apiid.bbbpics.com

Komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam lalu lintas kereta api. Jika tidak melakukan komunikasi atau salah komunikasi maka dapat menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan seperti tabrakan antar kereta api. Hal itu dapat terjadi karena kurangnya komunikasi. Hal tersebut juga berlaku bagi kita sebagai manusia. Kita harus tetap menjaga komunikasi dengan orang disekeliling kita agar selalu terjaga hubungan baiknya maupun agar tidak menimbulkan sebuah masalah. Banyak konflik antar manusia disebabkan kurangnya komunikasi. Maka dari itu, komunikasi menjadi hal yang sangat penting bagi kita.

Baca Juga: Jadi Idol Papan Atas, 5 Pelajaran Ini Dapat Diambil dari Suksesnya IU

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya