Comscore Tracker

Ketika Cita-cita Kandas di Tengah Jalan, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan

Manusia bisa berencana, tapi skenario hidup siapa yang tahu?

Apakah kamu masih ingat apa yang menjadi cita-citamu ketika masih kanak-kanak? Ya, jawaban-jawaban polos nan unik terucap dari bibir mungil kita kala itu. Seiring bertambahnya usia, kita mulai mengenal berbagai macam profesi secara lebih mendalam dan mulai mempertimbangkan pekerjaan apa yang sekiranya akan ditekuni nanti. 

Bukan tidak mungkin jika sejak usia belia kita sudah menetapkan cita-cita dan merasa sudah mantap akan menekuni bidang yang kita paling menarik minat kita tersebut. Saking semangatnya, tanpa kenal lelah kita mulai melakukan berbagai hal yang dapat mendukung terwujudnya impian tersebut. Sayangnya, hidup tak selalu berjalan seperti yang kita rencanakan.

Terkadang terdapat beberapa hal di luar kendali kita yang mengharuskan kita untuk merelakan impian tersebut. Hal ini tentu tidak mudah untuk diterima mengingat impian tersebut sudah sedari dulu kita dambakan.

Wajar saja jika kamu merasa sedih dan kecewa, namun jangan sampai hal ini membuatmu kehilangan tujuan hidup hingga merasa tak bergairah dalam menjalani kehidupan. Untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan 5 hal di bawah ini. Yuk, simak!

1. Sadarilah semua terjadi untuk suatu alasan

Ketika Cita-cita Kandas di Tengah Jalan, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukanpixabay.com/Pexels

Mengikhlaskan impian tentu menjadi hal yang sangat sulit dan menyakitkan untuk dilakukan. Tak apa jika kamu ingin meratapi nasib untuk sementara waktu, namun jangan sampai kamu tenggelam dalam ketidakberdayaan.

Percayalah bahwa semua yang kita alami terjadi untuk suatu alasan. Bisa jadi pengalaman berat inilah yang justru akan mempersiapkanmu untuk suatu pekerjaan yang jauh lebih tepat bagi potensimu. Just remember that blessing in disguise does real!

2. Kenanglah mereka yang selalu setia mendukungmu

Ketika Cita-cita Kandas di Tengah Jalan, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukanpixabay.com/Free-Photos

Beralihnya cita-cita sangat mungkin membuatmu merasa putus asa. Untuk mengembalikan semangatmu, kamu bisa mengenang orang-orang terkasih yang selama ini selalu mendukungmu dengan sepenuh hati. Ingatlah betapa besar perjuangan mereka untuk membuatmu bahagia.

Bayangkanlah betapa senangnya mereka melihatmu berdamai dengan situasi sulit yang sedang kamu hadapi. Jadikanlah mereka sebagai motivasimu untuk kembali bangkit dan menatap masa depan dengan penuh harapan.

Baca Juga: 7 Jurus Jitu Mencegah Terulangnya Kegagalan Resolusi di Tahun Depan

3. Membaca kisah tokoh inspiratif

Ketika Cita-cita Kandas di Tengah Jalan, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukanunsplash.com/James Tarbotton

Terhempasnya impian mungkin membuatmu merasa hilang harapan dan merasa bahwa hidupmu tak akan seindah apa yang kamu harapkan sebelumnya. Di saat-saat seperti ini, ada baiknya jika kamu membaca kisah hidup tokoh inspiratif yang memiliki persoalan hidup serupa denganmu.

Tak hanya akan membuatmu memperoleh insight, hal ini juga dapat membuatmu merasa tak sendirian dalam menghadapi masa-masa berat ini. 

4. Kenali potensi-potensi dalam dirimu

Ketika Cita-cita Kandas di Tengah Jalan, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukanunsplash.com/yulia pantiukhina

Ketika kita seakan diharuskan merelakan impian yang sudah kita rencanakan selama bertahun-tahun bahkan telah menjadi tujuan hidup kita, sangat mungkin kita akan merasa kehilangan arah dan tujuan hidup. Kita merasa apa yang sudah diusahakan selama ini tak lebih dari sebuah kesia-siaan. Padahal, tak ada usaha yang sia-sia.

Melalui perjuangan yang tampaknya sia-sia tersebut, sebenarnya kamu belajar untuk mengerti betapa berharganya keringat perjuangan dan air mata pengorbanan. Hal inilah yang akan  membuatmu tangguh dan niscaya akan membuatmu berhasil di bidang baru yang akan kamu geluti.

Selain itu, pengalaman pahit ini juga bisa jadi sebagai cara semesta untuk menyadarkan kita akan potensi terpendam yang selama ini tak kita sadari. Percayalah setiap orang pasti memiliki bakatnya masing-masing.

Sudah menjadi tugas kita untuk mengembangkannya. Oleh karena itu, yuk gali kemampuan diri yang dapat menjadi potensi di bidang lain yang selama ini tak pernah terlintas di pikiran kita.

5. Peka terhadap petunjuk semesta

Ketika Cita-cita Kandas di Tengah Jalan, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukanunsplash.com/Adrian Dascal

Kamu pasti pernah mendengar pepatah yang mengatakan ketika satu pintu tertutup, maka banyak pintu akan terbuka. Semesta seringkali menunjukkan pada kita 'pintu-pintu' yang dapat menjadi peluang kita untuk mengembangkan diri, hanya saja kita yang menutup mata karena terlalu fokus pada 'pintu' yang kita inginkan.

Padahal bukan tidak mungkin jalan yang ditawarkan oleh semesta akan jauh lebih tepat bagimu dibandingkan jalan yang kamu pikir terbaik untukmu.

6. Melihat dari sudut pandang yang lebih tinggi

Ketika Cita-cita Kandas di Tengah Jalan, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukanpixabay.com/denkendewolke

Saat kita menyadari bahwa skenario hidup mengharuskan kita untuk memilih jalan lain yang sangat berbeda dari yang kita rencanakan sebelumnya, tentu kita akan merasa kecewa. Salah satu hal yang dapat mengobati sakit hati tersebut adalah dengan melihat situasi dan kondisi dari sudut pandang yang lebih tinggi.

Artinya, kita sebaiknya melihat persamaan dari profesi yang kita harapkan sebelumnya dan profesi yang akan kita ambil. Misalnya, sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Dengan begitu, semangatmu akan kembali terpompa untuk menekuni bidang baru yang tak pernah terpikirkan olehmu sebelumnya.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika semesta seolah tak merestui mimpimu. Walaupun tidak mudah melaluinya, namun semoga 5 cara di atas dapat membantumu berdamai dengan situasi dan kembali bersemangat untuk mengembangkan diri hingga meraih kesuksesan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga: 5 Checklist Resolusi Diri Sebulan Menjelang 2020, Yakin Sudah Siap?

Athanasia Dianri Photo Verified Writer Athanasia Dianri

Good vibes, good life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya