Comscore Tracker

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Pendengar yang Baik, Sudah Tahu? 

Yuk, sebarkan ke teman-temanmu!

Sebagai makhluk sosial, komunikasi merupakan suatu hal yang pasti kita lakukan dalam keseharian. Terdapat dua peran dalam setiap proses komunikasi, yaitu pendengar dan pembicara. Umumnya, kita menjalani kedua peran tersebut secara bergantian dengan lawan bicara.

Ketika sedang berperan sebagai pendengar, seringkali kita berusaha untuk menunjukkan sikap yang baik dalam mendengarkan hanya karena sungkan atau demi mendapat kesan yang baik di mata lawan bicara. Dengan kata lain, kita tak sungguh-sungguh ingin menyimak apa yang sedang disampaikan olehnya. Padahal, dengan mendengarkan, kita dapat memperoleh banyak manfaat. Ini dia 6 di antaranya!

1. Menambah wawasan

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Pendengar yang Baik, Sudah Tahu? pixabay.com/Free-Photos

Apakah kamu termasuk orang yang meyakini bahwa wawasan hanya bisa diperoleh dari membaca? Jika iya, sepertinya kamu perlu meralat keyakinanmu tersebut. Pasalnya, informasi tak melulu harus diperoleh dari membaca, tapi juga bisa didapatkan dari mendengarkan pesan yang disampaikan seseorang.

Dengan mendengarkan, kita tak hanya memperkaya pengetahuan kita akan suatu hal, namun kita juga bisa belajar nilai-nilai kehidupan dari pengalaman orang lain. Hal ini penting karena bisa membantu kita untuk tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang dilakukan oleh orang lain.

2. Memperluas pergaulan

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Pendengar yang Baik, Sudah Tahu? pixabay.com/StockSnap

Jika kamu termasuk orang yang senang bergaul, kamu pasti merasakan bagaimana sikap mendengarkan dapat mengakrabkan relasimu dengan orang lain, bahkan dengan seseorang yang baru saja kamu kenal. Ya, ketika kamu mendengarkan orang yang sedang berbincang denganmu secara saksama, ia akan merasa nyaman. Obrolan kalian pun akan mengalir, terlebih jika kamu memiliki kesamaan minat dengannya.

Luasnya relasi akan memberikanmu banyak keuntungan. Salah satunya adalah semakin banyaknya informasi yang kamu peroleh. Selain itu, jika kamu seorang wiraswastawan, banyaknya kenalan juga dapat membantumu dalam mempromosikan usahamu.

Baca Juga: 5 Sikap Ini akan Membuatmu Menjadi Pendengar yang Baik!

3. Melatih kita untuk berkonsentrasi

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Pendengar yang Baik, Sudah Tahu? pixabay.com/Jamesoladujoye

Tak bisa dimungkiri bahwa kita perlu fokus dalam mendengarkan lawan bicara. Tak hanya agar lawan bicara merasa nyaman, namun juga supaya kita bisa memahami pesan yang sedang disampaikan seutuhnya. Secara tidak langsung, hal ini akan melatih konsentrasi dan daya tangkapmu akan suatu informasi. 

Terdapat berbagai hal positif yang akan kamu dapatkan dengan meningkatnya kemampuanmu dalam berkonsentrasi. Misalnya, kamu menjadi lebih cepat dalam memahami suatu informasi karena sulit terdistraksi. Tak hanya itu, baiknya konsentrasimu juga akan mencegahmu mengalami kelupaan akan suatu hal, seperti tertinggalnya barang.

4. Mengembangkan empati terhadap orang lain

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Pendengar yang Baik, Sudah Tahu? pixabay.com/Free-Photos

Salah satu topik pembicaraan yang sangat mungkin diangkat oleh lawan bicara adalah pengalaman hidup baik yang dialaminya ataupun yang dialami orang di sekitarnya. Agar bisa memberikan respon secara tepat, kita perlu memahami apa yang sedang dirasakan oleh lawan bicara ketika sedang menyampaikan ceritanya. Secara tidak langsung, kita dituntut untuk berempati. 

Kemampuan berempati yang kian terasah tersebut akan memudahkanmu dalam mengasihi sesama. Bukan tidak mungkin jika hal ini akan menyentuh hati orang-orang di sekitarmu untuk melakukan hal yang sama. Dengan demikian, dunia akan menjadi tempat yang lebih ramah bagi kita semua.

5. Mendapat kepercayaan orang lain

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Pendengar yang Baik, Sudah Tahu? pixabay.com/Vitabello

Ketika kamu bisa membuat orang lain merasa nyaman berbincang denganmu, ia akan kembali berbagi kisah denganmu. Bahkan, bukan tidak mungkin jika ia mempercayakan berbagai kisah pribadinya padamu karena merasa bahwa kamu mampu memahaminya. Hal ini menunjukkan bahwa ia telah mempercayaimu untuk ikut menjaga rahasianya.

Jika kamu pernah mengalami hal serupa, usahakanlah untuk selalu menjaga rahasianya ya. Jangan sampai kepercayaan tersebut disalahgunakan hanya demi memuaskan dorongan ghibah. 

Ketahuilah bahwa kepercayaan merupakan salah satu hal termahal yang bisa kita dapatkan. Sekali saja kamu mengkhianatinya, maka jangan berharap ia akan mempercayaimu dengan tingkat yang sama seperti sebelum kamu mengecewakannya.

6. Berkesempatan untuk membantu orang lain

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menjadi Pendengar yang Baik, Sudah Tahu? pixabay.com/skeeze

Dengan sikap mendengarkan yang baik, kamu akan membuat lawan bicara merasa nyaman berbincang denganmu, termasuk menceritakan masalah yang sedang dihadapinya. Hal ini memberikan peluang bagimu untuk membantunya.

Perlu diketahui, bantuan tak harus selalu dalam bentuk materi. Memberi nasihat atau sekadar memotivasinya pun dapat meringankan beban di hatinya jika dilakukan dengan tulus.

Oleh karena itu, yuk kita mulai membiasakan diri mendengarkan kisah mereka yang ingin berbagi dengan kita. Bukankah sudah sepatutnya sebagai makhluk sosial kita perlu saling membantu?

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika kita dapat membuat lawan bicara merasa nyaman berbincang dengan kita. Semoga dengan mengetahuinya, kamu menjadi lebih antusias dalam merespon seseorang yang berbincang denganmu ya.

Baca Juga: Suka Mengobrol? Ini 5 Jurus Jitu Agar Menjadi Lawan Bicara yang Asyik

Athanasia Dianri Photo Verified Writer Athanasia Dianri

Good vibes, good life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya