Comscore Tracker

5 Hal Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Belum Siap Menyambut Tahun Baru

Jangan-jangan kamu belum siap move on dari tahun ini

Tak terasa tahun 2019 hanya bersisa beberapa hari saja. Di penghujung tahun seperti ini, sudah menjadi tradisi turun-temurun untuk merayakan malam pergantian tahun dan menyambutnya dengan kemeriahan kembang api yang saling berlomba menunjukkan keindahannya. Tak lupa, suara terompet yang saling bersahutan pun turut menambah semarak malam tahun baru. 

Jika dianalogikan, menyambut tahun baru ibarat membuka lembaran baru yang masih bersih. Tentu kita ingin menuliskan berbagai kisah indah di atasnya. Sayangnya, tanpa disadari sering kali kita sudah menodai bersihnya lembaran baru tersebut melalui berbagai sikap kita. Lalu, sikap-sikap seperti apa yang dapat menodai lembaran baru tersebut? Ini dia lima di antaranya.

1. Masih meratapi kegagalan yang terjadi di tahun ini

5 Hal Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Belum Siap Menyambut Tahun Barupexels/Tes Emily Seymour

Yang namanya hidup, tentu tak selalu berjalan mulus sesuai dengan yang kita harapkan. Penolakan dan kegagalan adalah hal yang sangat mungkin kita alami. Apakah tahun ini kamu mengalaminya? 

Jika di tahun ini kamu mengalami suatu kegagalan yang sangat sulit diterima hingga mematahkan hatimu, alangkah baiknya jika kamu mulai mengikhlaskan. Jangan sampai patah hatimu menodai bersihnya lembaran tahun depan. So, let's move on, guys!

2. Terlena dengan keberhasilan tahun ini

5 Hal Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Belum Siap Menyambut Tahun Barupixabay.com/Vitabello

Sebaliknya, kita juga tak seharusnya terlena dengan segala keberhasilan yang berhasil diwujudkan di tahun ini. Ingatlah bahwa roda kehidupan terus berjalan. Cepat atau lambat, pencapaianmu di tahun ini akan menjadi kenangan. Kamu tentu gak mau kan hidup dalam kenangan masa lalu? 

Memang tak ada salahnya merasa senang dan bangga atas prestasi yang telah berhasil kamu raih. Yang terpenting jangan sampai hal tersebut justru membuatmu merasa ogah-ogahan untuk terus berproses dalam meningkatkan kualitas hidup. Sebaliknya, alangkah baiknya jika kamu menjadikan prestasi tersebut sebagai motivasi untuk berusaha lebih keras demi menggapai mimpi-mimpi lain yang belum kamu wujudkan.

Baca Juga: Tahun Baru, Resolusi Baru? 6 Hal yang Tidak Boleh Terlewatkan

3. Masih bermusuhan dengan orang lain

5 Hal Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Belum Siap Menyambut Tahun Barupixabay.com/engine akyurt

Dalam bersosialisasi, tentu tak dengan semua orang kita dapat merasa cocok. Ada kalanya ketidakcocokan tersebut masih dapat dimaklumi karena masih dalam batas kewajaran. Namun, tak menutup kemungkinan pula jika ketidakcocokan tersebut berkembang menjadi perselisihan, bahkan hingga pertikaian. Alhasil, kita memiliki hubungan yang tak baik dengan orang tersebut.

Apakah kamu sedang mengalami hal tersebut? Jika iya, alangkah baiknya jika kamu segera menyelesaikan perselisihan ini. Minta maaflah jika kamu memang bersalah. Diskusikanlah secara baik-baik dengan yang bersangkutan. Tak apa jika kamu yang harus memulainya terlebih dahulu. Siapa tahu keinginan untuk mendiskusikan masalah tersebut juga ada dalam dirinya, hanya saja ia terlalu ragu untuk mengutarakannya.

Namun, jika ajakan ini ternyata tak bersambut, tak apa. Yang terpenting kamu sudah menghilangkan ganjalan dalam hatimu dan orang tersebut mengetahui niat baikmu untuk memperbaiki hubungan. Perkara apakah orang tersebut masih merasa kesal atau tidak, itu adalah urusannya. Dengan begitu, kamu dapat melangkah ke gerbang tahun baru dengan hati damai.

4. Belum membuat target

5 Hal Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Belum Siap Menyambut Tahun Baruunsplash.com/Jake Noren

Hayo ngaku, apakah kamu sudah menyiapkan jawaban jika ditanya mengenai apa yang menjadi resolusimu tahun ini? Kamu mungkin bisa menanggapinya dengan jawaban acak yang tak benar-benar ingin kamu wujudkan. Namun, tahukah kamu bahwa resolusi merupakan salah satu cara bagi kita untuk terus mengembangkan diri di setiap tahunnya? Dengan membuat resolusi, kamu sama saja menetapkan target yang ingin kamu raih di tahun depan. 

Oleh karena itu, yuk mulai renungkan dari sekarang mengenai apa yang benar-benar ingin kamu wujudkan di tahun mendatang. Karena hal ini bukan sebatas jawabanmu terhadap mereka yang bertanya padamu melainkan janji yang kamu buat pada dirimu sendiri di tahun depan yang perlu kamu lunasi dalam bentuk usaha.

5. Pesimis mengenai apa yang akan terjadi di tahun depan

5 Hal Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Belum Siap Menyambut Tahun Barupixabay.com/engin akyurt

Salah satu sikap yang paling wajib kamu hindari dalam menyambut tahun baru adalah bersikap pesimis mengenai hal-hal yang akan terjadi di tahun depan. Hal ini memang bisa menjadi tantangan tersendiri, terlebih bila kamu mengalami kekecewaan yang sangat menguras emosi di tahun ini. Meski demikian, yakinlah bahwa semua terjadi untuk suatu alasan. Kamu mungkin belum menemukannya saat ini, namun percayalah bahwa hal-hal baik sedang menantimu jika kamu terus berusaha dan memasrahkannya pada Yang Maha Kuasa. 

Walaupun terasa berat, yuk secara perlahan kita tanamkan sikap optimis namun tetap realistis bahwa hal-hal baik akan terjadi di tahun mendatang. Untuk mengawalinya, kamu bisa menetralkan terlebih dahulu perasaanmu. Setelah itu, pikirkanlah hal-hal yang kamu harapkan dapat terjadi dalam hidupmu.

Itulah beberapa sikap yang menunjukkan ketidaksiapan dalam menyambut semarak tahun baru. Jika beberapa di antaranya masih kamu lakukan, yuk segera atasi hal-hal tersebut. Dengan begitu, antusiasme tak hanya kamu rasakan di detik-detik pergantian tahun, namun juga turut mewarnai hari-harimu dalam menulis lembar-lembar baru di tahun depan.

Baca Juga: Waspada, 5 Hal Ini Bikin Resolusi Tahun Baru Jadi Bumerang Buatmu

Athanasia Dianri Photo Verified Writer Athanasia Dianri

Good vibes, good life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya