Comscore Tracker

6 Cara Super Efektif Atasi Luka Hati Akibat Kesepian

Terluka itu pasti, namun aku tetap berdiri #IDNTimesLife

Kesepian bisa menjangkiti siapa saja dan kapan saja. Hal demikian terjadi karena bisa saja kita mengalami keterasingan walaupun selalu dikelilingi banyak orang. Dalam buku Emotional First Aid, Dr. Guy Winch menjelaskan bahwa yang menjadi penyebab kesepian adalah seberapa bagus kualitas hubungan sosial kita; bukan kuantitasnya.

Dampak yang ditimbulkan dari munculnya rasa kesepian di antaranya adalah kita menjadi sangat kritis terhadap diri kita sendiri sekaligus terhadap orang lain. Penilaian kita terhadap apapun jadi selalu negatif.

Selain itu, kesepian juga melemahkan kemampuan kita menjalin relasi yang sehat dengan orang lain sebab kita menjadi sangat protektif terhadap diri kita sendiri. Sedangkan dampaknya bagi tubuh, kesepian bisa menurunkan level kesehatan dan imunitas kita.

Walaupun memiliki akibat yang cukup serius, perasaan kesepian bisa diminimalisir dengan 5 cara berikut ini yang telah terbukti efektif melenyapkan penderitaan akibat kesepian. Yuk, kita baca satu-satu!

1. Singkirkan pikiran negatif

6 Cara Super Efektif Atasi Luka Hati Akibat Kesepianilustrasi orang dengan pikiran negatif (pexels/cottonbro)

Kesepian membuat kita selalu beranggapan negatif terhadap apapun dan siapapun. Kita menjadi pesimis saat akan memulai relasi baru karena banyaknya rekaman kegagalan demi kegagalan yang menyebabkan timbulnya perasaan terasing di hati kita.

Untuk mengatasinya, bayangkanlah skenario keberhasilan untuk hal-hal yang kita takutkan. Misalnya, saat diundang ke sebuah pesta, bayangkan semua orang yang hadir amat ramah dan terbuka terhadap kita. Hilangkan juga tuduhan yang tak berdasar atas orang yang barangkali tak menerima kita dengan mengumpulkan daftar kebaikan dari orang tersebut.

2. Kenali perilaku yang mampu mengalahkan diri sendiri

6 Cara Super Efektif Atasi Luka Hati Akibat Kesepianilustrasi orang dengan pikiran negatif (unsplash/Priscilla Du Preez)

Maksudnya adalah perilaku yang selalu menyudutkan diri kita sendiri dan menyebabkan timbulnya perasaaan asing dengan lingkungan sekitar. Contohnya, menghindar dari acara kumpul-kumpul, mencari alasan demi menolak undangan, atau menganggap serius guyonan teman sehingga kita merasa sakit hati.

Cara mengatasi perilaku demikian adalah membuat daftar mengenai perilaku-perilaku semacam itu yang kerap kita lakukan saat berinteraksi dengan orang lain. Fungsi daftar tersebut adalah agar di kemudian hari kita dapat menghindari untuk tak mengulanginya lagi.

3. Melihat dari sudut pandang orang lain

6 Cara Super Efektif Atasi Luka Hati Akibat Kesepianilustrasi melihat dari sudut pandang orang lain (unsplash/Nathan Dumlao)

Setiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing. Untuk dapat masuk ke dalam sudut pandang mereka, kita harus memahami dengan benar setiap pendapat mereka. Hal ini berfungsi agar kita tak merasa bahwa orang lain berusaha menjatuhkan perspektif kita dengan hanya berbagi perspektif mereka sendiri.

Baca Juga: 7 Kegiatan Positif ini Ampuh Lawan Depresi dan Hilangkan Rasa Kesepian

4. Mempererat ikatan emosional 

6 Cara Super Efektif Atasi Luka Hati Akibat Kesepianilustrasi upaya mempererat hubungan emosional dengan orang lain (unsplash/Priscilla Du Preez)

Sebagai makhluk hidup yang memiliki perasaan, kita pasti mempunyai permasalahan dan problematika emosional masing-masing, termasuk kesepian. Namun, bukan berarti hal itu bisa menjadi alasan mengabaikan perasaan orang lain, ya!

Dengan bersikap lebih peduli, kita malah bisa mendapatkan manfaat yang saling menguntungkan. Kesepian yang kita rasakan akan berkurang dan bahkan tak akan kita rasakan lagi karena fokus pikiran kita adalah untuk memahami dan mencurahkan perasaan kepada orang lain.

Cara untuk memahami sisi emosional orang lain adalah dengan membayangkan diri kita berada dalam posisi mereka.

5. Menjalin lebih banyak hubungan sosial 

6 Cara Super Efektif Atasi Luka Hati Akibat Kesepianilustrasi memperluas hubungan sosial dengan komunitas (unsplash/Omar Lopez)

Langkah berikutnya adalah meningkatkan intensitas bertemu orang lain. Orang kesepian cenderung takut untuk berinteraksi sosial karena khawatir akan stigma tertentu dari orang lain.

Cara terbaik untuk mengatasi rasa takut itu adalah dengan menetapkan sebuah tujuan yang lebih besar dan jelas akan kehadiran kita di manapun tempatnya. Sebagai contoh, saat kita bergabung dengan klub olahraga, niatkanlah sebagai latihan untuk menjaga kesehatan dan menjaga bentuk tubuh ideal.

Kegiatan lain yang bagus untuk menepis kesepian kita adalah mencoba menjalani kerja sukarela. Dengan menolong orang yang membutuhkan, kita akan memperoleh suntikan vitamin berupa kepuasan batin dan kebijaksanaan hidup.

6. Mengadopsi hewan peliharaan

6 Cara Super Efektif Atasi Luka Hati Akibat Kesepianilustrasi memelihara binatang rumahan kucing (unsplash/Anton Darius)

Jika memungkinkan, rawawtlah hewan peliharaan untuk menemani saat di rumah. Berbagai penelitian menyebut jika hewan peliharaan seperti kucing atau anjing terbukti mampu meringankan luka kesepian yang bagi orang-orang terisolasi, lansia, atau para penyintas. 

Demikian sederet tips yang bisa menurunkan tingkat kesepian seseorang. Perasaan kesepian ini sangat mungkin dan bisa saja dirasakan oleh semua orang. Jadi, jangan takut untuk mengatasi dan mencoba keluar dari jeratannya, ya! Semoga bermanfaat dan tetap semangat!

Baca Juga: Anti Kesepian, 5 Aplikasi Baca Buku Gratis Ini Siaga Menemanimu 

Athi Harun Photo Writer Athi Harun

Orang biasa dan sederhana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya