Comscore Tracker

5 Cara Ubah Kekurangan Dirimu Menjadi Kelebihan Luar Biasa

Kelemahan itu sebenarnya kelebihan yang tersembunyi

Dalam diri setiap manusia ada kelebihan dan kekurangan. Tahukah kamu setiap kekurangan yang ada dalam diri terkadang memunculkan ketakutan. Akibat ketakutan berlebihan juga bisa menimbulkan frustasi dan hal ini tak baik untuk dirimu. Untuk itu perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya kekurangan yang ada dalam diri juga bisa dijadikan sumber kekuatan.

Nah, lima cara yang perlu kamu pahami agar tak selamanya kekurangan itu menjadi beban dalam hidupmu. Saatnya menatap dan mengubah kekurangan menjadi sebuah kelebihan.

1. Kenali dalam dirimu apa saja yang menjadi kekuranganmu

5 Cara Ubah Kekurangan Dirimu Menjadi Kelebihan Luar BiasaPixabay.com/AdinaVoicu

Intropeksi diri sendiri. Tanya kepada dirimu sendiri dan tanya kepada orang lain. Apa sih kekuranganmu? Apa yang menjadikan teman-teman membencimu? Apa saja kegiatan yang membuatmu takut untuk menjalaninya?

Lalu setelah itu pahami baik-baik kekurangan yang ada dalam dirimu. Tanamkan niat dalam dirimu untuk berubah menjadi lebih baik. Karena tanpa niat tiada usaha. Misal saat dirimu memiliki kekurangan dalam hal bergaul dengan orang lain. Kamu cenderung orang yang tertutup dan takut orang lain tak menerimamu dengan baik. Asal kamu ada usaha untuk bergaul orang lain pasti senang dengan kehadiranmu.

2. Kekurangan menjadi sumber kekuatan terbesar

5 Cara Ubah Kekurangan Dirimu Menjadi Kelebihan Luar BiasaUnsplash.com/Candice Picard

Untuk menjadikan kekurangan menjadi kelebihan terbesar dalam dirimu. Kamu harus mempunyai waktu luang untuk mengoreksi dimana saja letak kekurangan dan sejauh mana kamu telah berjuang. Jangan pernah ragu untuk bertindak menjadi lebih baik lagi.

Seperti tadi ketika cendurung tertutup otomotis dirimu sosok yang jarang berbicara. Namun jangan salah sangka orang cenderung pendiam biasanya lebih memahami karakter orang lain. Karena orang tipe ini sebelum komenter selalu mengamati gerak gerik orang lain secara teliti.

3. Lalu catat baik-baik dan pahami cara agar kekurangan itu dapat dimanfaatkan

5 Cara Ubah Kekurangan Dirimu Menjadi Kelebihan Luar BiasaPexels/energepic.com

Untuk mempermudah kamu mengubah kekurangan menjadi sumber kelebihan. Catat baik-baik kekurangan yang ada dalam dirimu. Lalu cari langkah apa saja yang perlu kamu terapkan agar secepatnya apa yang kamu inginkan tercapai. Tulis satu per satu beserta target yang harus kamu capai. Hal yang luar biasa adalah ketika kekurangan yang ada dalam diri ternyata memilili kelebihan dan karakter tersebut cocok untuk mendapatkan pekerjaan. Ya pekerjaan yang sesuai minat dan bakat.

Baca Juga: 5 Hal yang Kamu Pelajari Ketika Bisa Memberi Meski Kekurangan, Tulus!

4. Gagal bukan alasan untuk mundur kamu masih punya kesempatan untuk mencoba lagi

5 Cara Ubah Kekurangan Dirimu Menjadi Kelebihan Luar BiasaPexels.com/Bruce Mars

Kegagalan yang datang berkali-kali bukan berarti kamu seorang pecundang. Jangan sampai semangatmu untuk mengggapai impian itu tak tercapai. Apalagi ketika menjadikan hal yang selama ini kamu anggap sebagai kelemahan dan sekarang mencoba mencari jalan agar kelemahan menjadi sumber keberuntungan.

Ingat bagaimanapun juga gagal adalah jalan menuju keberhasilan. Walaupun berulang kali kegagalan menghampirimu jangan sampai menyerah. Selalu belajar tegar dan pantang menyerah.

5. Langkah terakhir konsisten untuk melakukannya

5 Cara Ubah Kekurangan Dirimu Menjadi Kelebihan Luar Biasabruce mars

Konsisten dalam setiap usaha itu perlu. Apalagi untuk mengubah kekurangan yang selama ini dalam dirimu menjadi sumber kelebihan yang tak pernah terduga. Untuk itu setelah mempu melihat kelebihan yang tersembunyi jangan pernah sia-siakan hal itu. Selalu manfaatkan menjadi hal yang berguna dan konsisten melakukannya. Bagaimanapun juga sehebat-hebatnya dirimu. Jika tak melakukan secara konsisten maka akan percuma.

Selalu yakin bahwa sebenarnya kekurangan itu adalah kelebihan yang selama ini tersembunyi. Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menggali kekurangan menjadi sebuah kelebihan. Pasti senangnya bertambah pula ketika mendapatkan pekerjaan yang bermula dari sumber kelemahan dalam dirimu. Senangnya pasti tak pernah kamu sangka.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Agar Kamu Sukses Jalani Hidup Bersosial

Atul Hamdalah Photo Verified Writer Atul Hamdalah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya