Comscore Tracker

5 Resep Bikin Rutinitas Hidupmu Tak Gampang Membosankan  

Coba saja, siapa tahu manjur  #IDNTimesLife

Dari pagi sampai sore kerja, kadang lembur sampai malam. Setiap hari rutinitas hidupmu seperti itu. Kadang kala hari Minggu digunakan untuk beberes rumah. Rutinitas semacam itu yang membuat hidupmu terasa membosankan.

Saat kamu dilanda rasa bosan serasa tak punya daya untuk mengerjakan pekerjaan, alhasil pekerjaan keteteran. Hal ini tak bisa dibiarkan berlarut-larut karena dapat menurunkan tingkat produktivitas.

Lima cara jitu ini dapat membuat rutinitas hidupmu gak terasa membosankan lagi. Jadi bersemangat, ayo disimak!

1. Hipnotis pikiranmu agar apa yang kamu kerjakan cepat selesai 

5 Resep Bikin Rutinitas Hidupmu Tak Gampang Membosankan  Ilustrasi rutin bekerja (Pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Resep pertama yang perlu kamu gunakan saat bosan menjalani rutinitas hidup yaitu tanamkan dalam alam bawah sadar bahwa apa yang kamu kerjakan cepat selesai. Jadi kamu akan terfokus terhadap apa yang kamu lakukan sekarang. Jika seperti itu rasa bosan bisa saja pergi karena tak sempat kamu memikirkannya.

2. Mencoba kegiatan di sekeliling kamu yang bisa bikin bahagia

5 Resep Bikin Rutinitas Hidupmu Tak Gampang Membosankan  Ilustrasi bekerja (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bosan itu adalah perasaan yang wajar bisa dialami semua orang, tapi jika hal ini dibiarkan saja bisa membuat kamu tak bergairah lagi. Jadi untuk mengurangi rasa ini bisa deh lakukan hal yang bisa membuat kamu happy, misal menekuni hobi memasak, menjahit, menulis, main game dls. Berapa lama pun dilakukan jika kamu senang rasa bosan takkan pernah hadir.

3. Mengingat kembali motivasi yang pernah kamu gaungkan dulu 

5 Resep Bikin Rutinitas Hidupmu Tak Gampang Membosankan  Ilustrasi semangat bekerja (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Saat mengerjakan hal yang tidak kamu senangi mudah sekali bosan. Berpikir kapan ya cepat selesainya atau lebih baik hengkang saja, dibanding terus melakukan hal yang membuat tersiksa.

Eits tunggu dulu jangan langsung berpikir pendek. Ada baiknya perlu mengingat kembali motivasi saat bekerja dulu atau beban hidup yang semakin bertambah. Memang boleh saja hengkang karena bosan, tapi apakah ditempat lain akan jauh lebih baik itu bukan jaminan. Lebih baik cari motivasi untuk semangat bekerja lagi. Seperti dengan melakukan pekerjaan ini bisa beli rumah, mobil bahkan membahagiakan keluarga di rumah.

Baca Juga: 5 Rutinitas Pagi untuk Bantu Naikkan Mood Menulismu meski #DiRumahAja

4. Gampang bosan karena kamu kurang menikmati apa yang dilakukan

5 Resep Bikin Rutinitas Hidupmu Tak Gampang Membosankan  Ilustrasi bekerja (Pexels.com/Burst)

Nah tahu kan hal yang bisa bikin bosan kamu yaitu pikiran sendiri. Mengeluh kenapa kok gak selesai-selesai atau terlalu terburu-buru sehingga kurang menikmati apa yang dilakukan.

Jadi mulai sekarang hilangkan pikiran negatif itu dan mulai menikmati apa yang dilakukan. Toh dengan begini rasa syukur yang semakin bertambah membuat hidup jauh lebih indah.

5. Bergaul dengan kawan yang energik, siapa tahu semangatnya menular ke kamu 

5 Resep Bikin Rutinitas Hidupmu Tak Gampang Membosankan  Ilustrasi kerja sama (pexels.com/fauxels)

Siapa kawanmu itulah bagian dari sifatmu? Jadi pergaulanmu dengan teman mempengaruhi karaktermu pula. Jika kamu tipekal orang yang mudah bosan cari kawan-kawan yang suka banyak aktivitas positifnya siapa tahu hal ini juga menular ke kamu. Kawan yang aktif dia akan terus bersemangat mengerjakan banyak hal dan kamu pun akan ikut berlomba-lomba menggapai banyak hal pula.

Sudah tahu kan sekarang langkah apa yang bisa diambil agar rasa bosanmu tak mudah hinggap. Coba lakukan saja tips di atas siapa tahu berhasil.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Menyenangkan di Awal tapi Bikin Susah Pada Akhirnya!

Atul Hamdalah Photo Verified Writer Atul Hamdalah

Selalu mencoba bahagia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya