9 Tujuan Hebat Bulan Ramadan

Ayo bikin dan raih tujuanmu di bulan ramadhan!

Bulan puasa adalah bulan penuh berkah karena kamu bisa mengantongi banyak pahala di bulan ini. Kamu pun juga bisa melatih diri untuk belajar menjadi pribadi yang baik selama bulan puasa. Dengan membuat tujuanmu yang harus diraih saat bulan ramadhan, maka hal ini akan berdampak baik bagi hidupmu maupun orang-orang di sekitarmu. Berikut tujuan hebat yang bisa kamu pilih untuk diraih selama bulan Ramadan:

1. Bersedekah setiap hari.

9 Tujuan Hebat Bulan Ramadanwww.fimadani.com

Kamu punya kesempatan yang baik sekali untuk bersedekah di bulan Ramadan. Jika kamu sering pergi ke masjid di saat Ramadan, kamu bisa melakukan infaq setiap harinya. Kamu juga bisa memberi orang-orang yang kelaparan di jalan dengan memberi uang atau memberinya makan dan minuman.

2. Rajin pergi tarawih.

9 Tujuan Hebat Bulan Ramadanwww.satujam.com

Salat sendirian di rumah memang nyaman dan membuat kamu khusyuk melakukannya. Tetapi, salat berjamaah akan membuatmu mendapatkan pahal yang berlipat. Kamu bisa bertemu dengan banyak orang di masjid dan bisa melakukan salat berjamaah. Apalagi salat Tarawih yang hanya ada saat Ramadan. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan waktu ya, guys ! Jangan sampai bolong Tarawihnya.

Baca juga: Yuk Buat Ramadhan-mu Jadi Penuh Makna Dengan 9 Kegiatan Ini

3. Menjadi lemah lembut.

9 Tujuan Hebat Bulan Ramadanwww.rancahpost.co.id

Kalau biasanya kamu sering berkata atau bercanda hal-hal yang nggak sopan pada temanmu, cobalah untuk mengurangi kebiasaan ini selama bulan puasa. Dengan begitu, kamu akan bisa melihat bagaimana perbedaan sikap di lingkungan. Kamu jadi bisa memahami dirimu karena kamu belajar mengontrolnya.

4. Memaafkan orang-orang.

9 Tujuan Hebat Bulan Ramadanwww.bundakonicare.com

Sebencinya kamu sama orang, cobalah untuk melepaskan perasaan benci tersebut. Bulan Ramadan adalah pilihan yang tepat buat kamu melupakan hal-hal yang kamu benci. Kamu harus bisa belajar memaafkan dan nggak mengungkit-ungkit masalah tersebut sampai menimbulkan kebencian yang berulang-ulang, apalagi dendam.

5. Puasa sosial media.

9 Tujuan Hebat Bulan Ramadanau.pinterest.com

Jika kamu sering memberi komentar atau melihat-lihat postingan di media sosial, terutama yang bernada menyebarkan kebencian dan gosip, sebaiknya kamu mengurangi kegiatan tersebut. Lebih baik lagi kalau kamu berpuasa media sosial selama Ramadan. Hal tersebut akan sangat bermanfaat karena kamu untuk memperbanyak ibadah. Bahkan kamu bisa terhindar dari dosa.

6. Kurangi berkata jelek.

9 Tujuan Hebat Bulan Ramadaninstagram.com/zaskiadyamecca

Banyak orang yang dengan mudah mengeluarkan kata-kata jelek atau mengutuk saat mendengar hal yang membuat kesal. Bulan ramadhan bisa kamu pilih untuk melatih mulutmu berkata yang baik-baik. Sehingga kamu akan lebih sopan dan tidak bicara seenaknya. Kamu juga akan terhindar dari dosa atau perbuatan yang sia-sia.

7. Menghafal surat-surat baru.

9 Tujuan Hebat Bulan Ramadanwww.inspiradata.com

Kamu juga bisa meraih tujuan hebat untuk menghafalkan surat-surat di dalam Al Qur’an. Kamu bisa mencoba untuk membuat target menghafalkan beberapa surat selama bulan Ramadan. Sehingga, saat bulan Ramadan selesai, kamu sudah menguasai surat-surat hafalan baru.

8. Menjaga silaturahmi.

9 Tujuan Hebat Bulan Ramadanhopegrows.net

Pastinya bersilaturahmi adalah hal yang sangat dianjurkan. Kamu bisa berkunjung maupun menyapa melalui telepon. Dengan begitu, kamu bisa mempererat silaturahmi baik dengan teman-teman lamamu maupun keluarga yang jauh dan sudah lama tidak kamu hubungi dan bertemu.

9. Menyelesaikan membaca Al-Qur’an.

9 Tujuan Hebat Bulan Ramadanyoutube.com/heaven2015

Ini tujuan yang sangat hebat untuk dilakukan. Jika kamu biasanya membaca Al-Qur’an sedikit demi sedikit setiap harinya, maka cobalah untuk lebih banyak membaca Al Qur’an. Dengan begitu kamu dapat membuat target untuk menyelesaikan membaca Al Qur’an selama bulan ramadhan. Jika kamu sudah selesai, kamu bisa mengulanginya.

Tujuan-tujuan diatas baik sekali untuk dilakukan. Selain itu hal-hal tersebut akan membuatmu menjadi pribadi lebih baik, kamu juga bisa membuat pengalaman puasamu lebih bermakna. Kamu bisa menambah pahala sekaligus mengembangkan dirimu untuk mempunyai pribadi yang lebih baik.

Baca juga: Kamu yang Gak Puasa, Pastikan Jangan Lakukan 8 Hal Ini ke Orang yang Puasa!

Topic:

Just For You