Comscore Tracker

7 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas, Pakai Bedak Bayi!

Atasi rambut lepek dengan cara praktis, tanpa keramas lho

Sudah bukan hal aneh lagi jika banyak wanita zaman sekarang yang memiliki segudang kesibukan hingga tidak sempat keramas atau mencuci rambut mereka. Jika dibiarkan cukup lama, biasanya akan mengakibatkan rambut menjadi lepek atau berminyak. Gak perlu khawatir, berikut ini ada 7 cara mengatasi rambut lepek atau berminyak tanpa harus keramas terlebih dahulu.

1. Bedak bayi

7 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas, Pakai Bedak Bayi!pinterest/livestrong.com

Siapa bilang produk yang satu ini hanya untuk bayi? Kamu bisa menggunakan bedak bayi karena rupanya produk ini bisa menyerap minyak yang ada di kulit kepalamu. Cukup taburkan bedak bayi di area kulit kepala dan bagian rambut yang terlihat paling lepek atau berminyak, kemudian gosok-gosokkan hingga tidak meninggalkan sisa bedak sedikit pun. Selain wangi, rambutmu juga akan terlihat lebih segar dari sebelumnya.

2. Dry shampoo

7 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas, Pakai Bedak Bayi!pinterest/paisleyandsparrow.com

Dry shampoo juga bisa jadi salah satu opsi untuk mengatasi rambutmu yang terlihat lepek atau berminyak. Saat ini sudah ada beragam jenis produk dry shampoo mulai dari tipe spray hingga foam, sehingga kamu bisa memilih yang paling cocok untuk kamu.

Sisir rambutmu terlebih dulu sebelum memakainya, lalu aplikasikan dry shampoo ke kulit kepalamu, tunggu beberapa saat kemudian beri pijatan ringan dengan jarimu secara merata. Rambutmu akan terlihat segar, bersih, dan harum hanya dalam hitungan menit!

3. Baking soda

7 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas, Pakai Bedak Bayi!pinterest/apartmenttherapy.com

Karena kandungan pHnya cukup tinggi, baking soda bisa digunakan untuk menyerap minyak yang ada di rambut atau kulit kepala. Selain itu, baking soda juga dikenal bisa mengurangi bau, sehingga menggunakan baking soda bisa mengurangi bau apek pada rambutmu.

Cara memakainya sama seperti bedak bayi kok. Tuangkan baking soda secukupnya di tanganmu, lalu gosok dan usapkan di seluruh bagian rambut hingga merata. Tidak perlu menaruh terlalu banyak di bagian kulit kepala, karena kulit kepalamu tetap membutuhkan kelembapan alaminya.

4. Tepung maizena atau tepung jagung

7 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas, Pakai Bedak Bayi!pinterest/perfectketo.com

Kamu gak punya keempat bahan di atas? Coba tengok ke dapur, siapa tahu kamu punya tepung maizena. Rupanya tepung maizena juga punya fungsi dan efek magis yang sama dengan bedak bayi dan baking soda untuk masalah rambut lepek atau berminyak, lho.

Hanya saja, karena tepung maizena punya kecenderungan menyisakan residu bubuk putih di kepalamu. Untuk kamu yang berambut gelap, kamu bisa mencoba menambah bubuk kokoa setelahnya. Yang pasti rambutmu bakal beraroma sedap, deh!

5. Kertas minyak untuk wajah

7 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas, Pakai Bedak Bayi!pinterest/stylecraze.com

Dalam keadaan sangat terdesak, kertas minyak untuk wajah rupanya bisa jadi pilihan super praktis untuk mengurangi kadar minyak yang ada di kepalamu. Cukup taruh beberapa helai kertas di bagian kulit kepala yang berminyak dan tekan-tekan dengan perlahan hingga kertasnya menyerap seluruh minyak. Rambutmu gak akan terlihat lepek lagi, deh.

6. Mini blowout

7 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas, Pakai Bedak Bayi!pinterest/goodhousekeeping.co.za

Kalau kamu sedang terburu-buru hingga tidak sempat mencari bahan dan benda yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa mencoba trik blow dry pada rambutmu. Rambut berminyak cenderung memberi tampilan lusuh dan lepek pada rambut, dan cara ini merupakan pilihan praktis yang tepat untuk membantu memberi volume pada rambutmu dalam waktu super singkat.

7. Style rambutmu atau beri aksesoris

7 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas, Pakai Bedak Bayi!pinterest/society19.com

Jika kamu tidak memiliki hair dryer untuk blow dry rambutmu, hal ini bukan masalah. Kamu bisa menyiasati rambut yang terlihat lepek atau berminyak dengan menata rambutmu seperti dibuat kepang sederhana untuk kamu yang berambut panjang.

Atau bisa juga diikat dengan style low bun seperti di gambar jika rambutmu tidak terlalu panjang. Tambahkan aksesoris seperti bandana untuk menambah kesan manis dan volume pada rambut.

Nah, itulah tujuh cara mengatasi rambut berminyak dan lepek yang super praktis buat kamu tanpa keramas. Namun tetap diingat ya, guys, kalau cara-cara di atas hanyalah opsi alternatif. Bisa diterapkan kalau memang dibutuhkan, namun bukan untuk pengganti permanen metode cuci rambut konvensional. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga: Ini 5 Tips Memilih Lip Cream yang Baik Menurut Dr. Maharani Prima

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Pinka Wima
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya