Comscore Tracker

Harusnya Orang Jakarta Lakukan Ini Saat Terjebak Macet, Produktif Abis

Daripada stres karena macet, bisa lakuin ini!

Jakarta sudah menjadi kota langganan macet, terutama pada jam-jam sibuk. Kamu salah satu orang yang tinggal di sana? Apa kalian termasuk yang sering merasa stres karena setiap hari harus melalui kemacetan yang bikin lelah?

Daripada kamu tertekan karena memikirkan kepadatan lalu lintas, lebih baik melakukan sesuatu yang produktif sembari menunggu sampai di tempat tujuan. Memangnya bisa? Yuk, lakukan ini saat terjebak macet di Jakarta!

1. Membaca buku dan bikin target untuk menyelesaikan satu bab atau lima halaman

Harusnya Orang Jakarta Lakukan Ini Saat Terjebak Macet, Produktif Abispexels/Lisa Fotios

Untuk menambah pengetahuan, kamu bisa membaca buku saat sedang terjebak macet. Gak perlu harus beres satu buku, kok! Kamu bisa menerapkan sistem target.

Misalnya, dalam satu kali kemacetan, bisa menyelesaikan bacaan sebanyak satu bab atau 5 halaman. Dengan begitu, stres bakal teralihkan. Kamu jadi lebih produktif dan waktumu jadi gak terbuang sia-sia, deh!

2. Dengerin musik berbahasa asing dan cari arti kata yang gak kamu tahu

Harusnya Orang Jakarta Lakukan Ini Saat Terjebak Macet, Produktif Abispexels/Burst

Selain baca buku, kamu bisa menambah wawasan dengan mempelajari bahasa asing melalui lagu, lho! Daripada kalian bosan atau mengeluh terus-menerus, bakal lebih produktif kalau belajar bahasa asing melalui lagu-lagu yang kalian suka.

Selain jadi paham makna lagunya, kalian jadi makin keren karena pengetahuan berbahasa asing kalian pun semakin bertambah.

3. Main game yang bisa mengasah otak atau menambah pengetahuan umum

Harusnya Orang Jakarta Lakukan Ini Saat Terjebak Macet, Produktif Abispexels/Daria Shevtsova

Jenis game seperti apa yang gak bisa ditemukan di zaman sekarang? Kalau kamu hobi memainkannya, boleh juga nih kebiasaanmu diterapkan saat macet. Tapi, bakal lebih bagus lagi kalau yang kamu mainkan itu mengandung unsur edukasi.

Contohnya, permainan teka-teki silang online atau yang memerlukan pemikiran keras. Tapi, kalau kamu mau yang lebih kekinian, kamu juga bisa bermain game seperti QuizUp, Duel Otak, atau Icon Pop Quiz.

Baca Juga: 6 Ciri Pasangan yang Asyik Diajak Traveling, Jalan-jalan Makin Seru

4. Dengerin podcast yang bisa menyemangati atau membangun perspektif baru

Harusnya Orang Jakarta Lakukan Ini Saat Terjebak Macet, Produktif Abispexels/Christina Morillo

Kamu hobi dengerin orang ngomong? Kalau gitu, kamu bisa mendengarkan podcast yang positif dan membangun hingga yang menghibur namun tetap kritis. Cobalah cara lain untuk mendengarkan obrolan-obrolan santai yang juga berisi.

Beberapa podcast Indonesia yang sudah cukup terkenal yaitu Sudut Pandang, So Mad About Life, dan Rapot. Semuanya bisa kamu dengarkan demi menghalau bosan dan memberikan pandangan baru.

5. Makan camilan bergizi yang bisa memperbaiki mood kamu

Harusnya Orang Jakarta Lakukan Ini Saat Terjebak Macet, Produktif Abispexels/Nguyen Khanh

Stres dan rasa kesal yang berlarut-larut, bisa mengakibatkanmu lapar. Kalau sudah begini, daripada perasaan negatifnya berlanjut, mending kamu makan camilan enak yang bergizi, plus bisa memperbaiki suasana hatimu.

Contohnya yoghurt, pisang, dan dark chocolate yang mengandung serotonin. Dijamin mood kamu bakal membaik dalam beberapa saat! Selain itu, energimu juga kembali terisi dengan makanan bergizi, kan?

Itulah lima hal yang seharusnya orang Jakarta lakukan saat terjebak macet. Rasa kesal dan marah yang berlangsung lama, tidak akan memberimu dampak yang baik. Karena itu, terapkan hal-hal di atas agar kamu bisa lebih produktif bahkan di tengah kemacetan pun!

Baca Juga: 8 Ungkapan Lain dari “I Don’t Like It", Kamu Bakal Terdengar Kece!

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya