Comscore Tracker

8 Rekomendasi Tanaman Rambat untuk Menghias Teras Rumah, Estetis!

#IDNTimesLife Bikin teras rumahmu lebih cantik 

Bukan sekadar memberi kesan menyejukkan, tanaman pun dapat memberi nilai estetis pada pekarangan rumah atau bahkan di dalam ruangan sekali pun. Jika di dalam rumah kamu bisa menaruh pot-pot tanaman hias yang ringkas, maka tanaman rambat bisa jadi opsi yang tepat untuk mempercantik teras rumah.

Berikut ini merupakan beberapa tanaman rambat yang cocok untuk menghias teras rumahmu agar terlihat lebih manis dan hidup. Apa saja? Yuk, cek daftar rekomendasi tanaman rambat untuk menghias teras rumah berikut ini!

1. Morning Glory Plant

8 Rekomendasi Tanaman Rambat untuk Menghias Teras Rumah, Estetis!pinterest/CherishedbyCristina

Tanaman Morning Glory memiliki bunga yang cantik dengan aroma manis dan berbentuk seperti terompet. Warnanya cukup beragam seperti biru, ungu, magenta, pink, dan putih dengan batang ramping sangat menarik perhatian, sehingga cocok diletakkan di teras.

Morning Glory merupakan tanaman rambat yang tahan terhadap udara kering dan panas. Tanaman ini bisa bertumbuh lebat dengan cepat, tanpa perlu adanya perawatan khusus lho!

2. Clematis

8 Rekomendasi Tanaman Rambat untuk Menghias Teras Rumah, Estetis!pinterest/Fine Gardening Magazine

Kalau kamu tinggal di daerah bersuhu agak dingin, Clematis bisa jadi pilihan yang tepat untuk menghias teras rumah. Tanaman rambat yang menghasilkan bunga beraroma manis dan bentuk yang cantik ini, bisa kamu letakkan di dinding atau pun pagar rumah.

Warna bunganya sangat beragam, mulai dari putih, pink, ungu, hingga merah. Clematis tergolong mudah tumbuh subur dengan paparan sinar matahari yang cukup.

Jangan terlalu sering menyiram akar Clematis dengan air, ya! Hal itu bisa memengaruhi akar tanaman menjadi lebih cepat busuk.

3. Coral Vine (Air Mata Pengantin)

8 Rekomendasi Tanaman Rambat untuk Menghias Teras Rumah, Estetis!pinterest/Gardenia

Tanaman rambat yang cocok untuk menghias teras selanjutnya, yaitu Coral Vine atau Air Mata Pengantin. Berasal dari Meksiko, tanaman ini rupanya termasuk salah satu yang cukup populer di Indonesia.

Bentuk bunganya yang unik ini, cocok dipadukan dengan desain rumah bergaya minimalis. Perawatannya sangat mudah, namun jangan lupa memangkasnya secara rutin karena pertumbuhan Coral Vine tergolong sangat cepat.

4. Mandevilla

8 Rekomendasi Tanaman Rambat untuk Menghias Teras Rumah, Estetis!pinterest/Garden Gate Magazine

Selain bisa ditanam pada media dinding atau pondasi teras, Mandevilla juga bisa ditanam dalam pot. Tanaman rambat yang berbunga cantik ini, bisa tumbuh dengan sangat baik jika mendapat paparan cahaya matahari tidak langsung.

Jika kamu ingin mendapat kesan tropical yang menyegarkan sebagai penghias di teras rumah, maka Mandevilla merupakan pilihan yang tepat. Cobain, deh!

Baca Juga: 9 Tanaman Hias Ini Diprediksi Jadi Tren di 2021, Sudah Punya?

5. Bougenville

8 Rekomendasi Tanaman Rambat untuk Menghias Teras Rumah, Estetis!pinterest/Logee's Tropical Plants

Tanaman yang sangat mudah dijumpai di Indonesia ini sering juga disebut sebagai tanaman bunga kertas. Selain indah untuk menghias pekarangan, Bougenville juga bisa diletakkan di teras untuk menambah kesan hidup dengan warna-warnanya yang cantik.

Karena membutuhkan pancaran sinar matahari cukup banyak untuk bertumbuh dan terus menghasilkan bunga, membiarkan tanaman Bougenville tumbuh di teras merupakan pilihan yang tepat.

6. Soapwort

8 Rekomendasi Tanaman Rambat untuk Menghias Teras Rumah, Estetis!pinterest/Gardening Know How

Kalau kamu masih pemula, tanaman Soapwort yang juga menjadi salah satu bahan dalam membuat sabun ini wajib dipertimbangkan untuk memperindah teras rumah. Pasalnya, tanaman ini gak membutuhkan jenis perawatan khusus apa pun.

Soapwort bisa dengan mudah tumbuh subur, hingga menghasilkan banyak bunga yang cantik. Kamu bisa mencoba menanam Soapwort pada pagar atau dinding rumah untuk mendapatkan kesan asri yang menawan.

7. Flame of Irian (Melati Irian)

8 Rekomendasi Tanaman Rambat untuk Menghias Teras Rumah, Estetis!pinterest/donnadacasaa.blogspot.com.br

Tanaman bunga yang memang berasal dari Papua ini, memiliki bentuk bunga yang unik, menggelembung, dan mengerucut pada ujungnya. Warna oranye kemerahan pada bunganya juga dapat menyita perhatian siapa saja yang melihatnya.

Jika teras rumahmu memiliki pergola, Flame of Irian ini cocok dibiarkan tumbuh merambat di atasnya untuk menghalau panas matahari. Namun, karena tanaman ini juga terbilang langka dan cukup ramai peminatnya, harganya pun tergolong mahal di pasaran.

8. Alamanda

8 Rekomendasi Tanaman Rambat untuk Menghias Teras Rumah, Estetis!pinterest/Arkpad.com.br

Alamanda juga merupakan salah satu tanaman rambat yang banyak ditemui di Indonesia. Bunganya yang berwarna kuning cerah dengan aroma harum ini, sering dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah.

Tanaman ini adalah salah satu tanaman rambat yang dapat tumbuh subur jika mendapatkan intensitas sinar matahari yang tinggi. Itulah mengapa tanaman ini cocok diletakkan di teras rumah. Kamu bisa membiarkannya tumbuh di dinding atau pagar.

Itulah tadi kedelapan tanaman rambat yang bisa kamu pilih untuk menghias teras rumah. Selain membuat teras menjadi lebih asri dan teduh, keindahan bunga-bunga dari tanaman di atas juga menambah estetika teras rumahmu.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Estetik Jadi Tanaman Hias di Rumah

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya