Comscore Tracker

Ampuh Percantik Rumah, 7 Tanaman Ini Juga Aman buat Kucing dan Anjing

Cocok buat kamu yang punya peliharaan di rumah nih!

Alternatif dekorasi rumah dengan menggunakan tanaman hias kini kian populer. Gak hanya bisa mempercantik rumah, sebagian tanaman ini juga memiliki manfaat untuk memperbaiki mood, meningkatkan kualitas tidur, hingga membersihkan udara di dalam ruangan.

Sayangnya, ada cukup banyak tanaman yang ternyata mengandung racun dan berbahaya bagi hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing. Nah, di bawah ini merupakan daftar beberapa tanaman hias yang cantik sekaligus pet friendly, yuk langsung dicek aja!

1. Boston Fern (Pakis Boston)

Ampuh Percantik Rumah, 7 Tanaman Ini Juga Aman buat Kucing dan Anjingpinterest/Design Soda Blog | Design, Interiors, Lifestyle

Tanaman pakis satu ini merupakan salah satu favorit banyak orang karena perawatannya yang tergolong mudah dan sulit mati. Boston fern suka tempat yang lembap, namun juga yang terekspos cahaya matahari gak langsung.

Dengan bentuk daun yang unik, gak heran kalau boston fern seringkali mengundang rasa penasaran kucing atau anjing untuk mencoba memakannya. Nah, karena daunnya gak beracun, kamu pun bisa dengan bebas meletakkan tanaman ini di mana pun kamu mau.

2. Areca Palm

Ampuh Percantik Rumah, 7 Tanaman Ini Juga Aman buat Kucing dan Anjingpinterest/etree.pk

Areca palm terkenal sebagai tanaman yang punya efek bisa membuat interior rumah terasa seperti daerah tropis yang menyenangkan. Tapi, daunnya yang eksotis ternyata suka memancing insting kucing yang iseng dan penasaran untuk menggigit dan mencoba rasanya.

Beruntungnya, daunnya gak beracun bagi kucing dan anjing, sehingga kamu pun bisa tenang. Tempatkan areca palm di ruangan yang terang, selain itu biarkan tanah mengering di sela-sela waktu penyiraman agar tanaman bertumbuh subur.

3. Ponytail Palm (Tanaman Nolina)

Ampuh Percantik Rumah, 7 Tanaman Ini Juga Aman buat Kucing dan Anjingpinterest/PlantVine

Disebut ponytail karena bentuk dan struktur daunnya yang tipis dan panjang menyerupai ekor kuda. Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai tanaman nolina. Bentuk daunnya yang menggemaskan memang sangat menarik bagi kucing dan anjing.

Beruntungnya, ponytail palm ini bersifat non toksik, jadi kamu gak perlu khawatir kalau daunnya tertelan oleh peliharaan kesayanganmu. Tanaman ini juga bisa bertumbuh subur di dalam ruangan dengan cahaya terang.

Baca Juga: Selain Apik, 6 Tanaman Ini Punya Banyak Manfaat Jika Ditaruh di Dapur

4. Purple Waffle Plant (Tanaman Sambang Getih)

Ampuh Percantik Rumah, 7 Tanaman Ini Juga Aman buat Kucing dan Anjingpinterest/Bloomscape

Di Indonesia, purple waffle plant punya sebutan tanaman sambang getih. Daunnya yang bertekstur keriput dan menonjol ini bisa menghasilkan bunga yang cantik sepanjang musim kalau tanaman tumbuh dengan subur.

Gak hanya aman buat kucing atau anjing kesayanganmu, tanaman ini juga punya fungsi untuk membersihkan udara dalam ruangan, lho. Taruh purple waffle plant di ruangan yang terang dengan cahaya matahari gak langsung untuk mempertahankan warna ungu pada daun.

5. African Violet

Ampuh Percantik Rumah, 7 Tanaman Ini Juga Aman buat Kucing dan Anjingpinterest/House of Hawthornes

African violet merupakan salah satu tanaman hias yang paling populer. Tanaman yang berasal dari Tanzania, Afrika Timur ini dikenal bisa tetap berbunga walau dalam kondisi minim cahaya. African violet juga menyukai lingkungan dengan kelembapan rata-rata dan suhu ruangan yang sedang.

Warna bunga yang tumbuh pun bisa berbeda-beda tergantung pada varietasnya, mulai dari ungu, biru, pink, merah, bahkan putih. Gak cuma sekadar cantik, karena baik bunga dan daunnya sama-sama gak beracun buat kucing atau pun anjing.

6. Haworthia (Zebra Plant)

Ampuh Percantik Rumah, 7 Tanaman Ini Juga Aman buat Kucing dan Anjingpinterest/UFG & Co.

Meskipun bentuknya cukup mirip, nyatanya haworthia atau yang juga dikenal sebagai zebra plant sangat berbeda dengan aloe vera. Hal ini dikarenakan tanaman sukulen satu ini non toksik alias gak berbahaya bagi kucing dan anjing.

Tanaman ini juga gak membutuhkan perawatan khusus yang merepotkan, lho. Kamu hanya perlu menaruh haworthia di tempat yang terekspos cahaya terang, kemudian cukup sirami tanaman setiap minggu saja.

7. Bromeliad

Ampuh Percantik Rumah, 7 Tanaman Ini Juga Aman buat Kucing dan Anjingpinterest/Better Homes and Gardens

Bromeliad memiliki bentuk bunga yang unik dengan bentuk seperti cone berlapis. Gak cuma bisa memperindah tampilan interior rumahmu, tanaman ini juga tergolong pet friendly karena gak beracun bagi anjing dan kucing.

Faktor lainnya yaitu karena ada banyak jenis Bromeliad yang tumbuh sebagai tanaman epifit, alias gak butuh tanah sebagai media tanamnya. Kamu pun gak perlu khawatir kucing atau anjingmu menggali tanah ke dalam pot dan mengotori rumah. Taruh tanaman di dekat jendela yang cerah, dengan tingkat kelembapan yang baik.

Demikianlah tujuh tanaman hias yang aman buat kucing dan anjing kesayangan kamu di rumah. Tanaman mana nih yang paling menarik minat kamu?

Baca Juga: 6 Tanaman Hias Paling Cocok untuk Kamar Mandi, Makin Estetis & Asri!

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya