Comscore Tracker

Makin Nyenyak, 7 Tanaman Ini Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih Baik

Tanaman hias ini bisa menjaga kualitas tidurmu, lho!

Di masa pandemik seperti sekarang, banyak orang yang menghabiskan waktu di rumah dan membuat tanaman hias kian digemari. Gak cuma berfungsi sebagai dekorasi rumah, beberapa jenis tanaman juga bermanfaat untuk membuat kualitas tidur lebih baik.

Nah, beberapa daftar tanaman hias berikut ini rupanya cocok banget ditaruh di kamar tidur. Hal ini dikarenakan jenis-jenis tanaman ini bisa melepas oksigen atau membantu menghapuskan polutan udara di dalam ruangan. Yuk, langsung disimak aja ulasannya!

1. Lavender plant

Makin Nyenyak, 7 Tanaman Ini Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih Baikpinterest/HGTV

Aroma bunga lavender sudah dikenal memiliki efek yang menenangkan. Gak heran kalau tanaman lavender jadi salah satu tanaman favorit untuk membantu kualitas tidur jadi lebih baik.

Sebuah studi oleh Miami Miller School of Medicine juga menunjukkan bahwa aroma lavender dalam minyak mandi, dapat menenangkan bayi. Aroma ini juga membuat mereka tertidur lebih nyenyak serta mengurangi stres pada ibu.

Inilah mengapa tanaman lavender bisa jadi salah satu opsi terbaik untuk ditaruh di kamar tidurmu. Letakkan tanaman di dekat jendela dengan pencahayaan yang baik karena tanaman lavender menyukai kehangatan dan sinar matahari.

2. Areca palm

Makin Nyenyak, 7 Tanaman Ini Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih Baikpinterest/Adairs

Berasal dari daerah tropis yang lembap, tepatnya pulau Madagaskar, areca palm yang eksotis ini memiliki fungsi penting yang bisa membantu kamu tidur lebih baik. Menurut NASA, areca palm bisa menciptakan kelembapan yang baik di dalam ruangan sekaligus membersihkan udara dari polutan.

Tanaman ini mengurangi zat berbahaya yang terkandung di dalam udara dan justru meningkatkan kadar oksigen di dalam ruangan. Siram tanaman secara berkala, yaitu seminggu sekali pada musim dingin dan dua kali seminggu pada musim panas.

Areca palm menyukai cahaya cerah. Tapi, jangan biarkan tanaman ini terpapar sinar matahari sepanjang hari ya!

3. Jasmine plant

Makin Nyenyak, 7 Tanaman Ini Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih Baikpinterest/Gardening Know How

Aroma bunga melati yang lembut, tentu akan terasa menenangkan jika tercium di dalam kamar. Selain itu, aromanya juga bisa membantumu meningkatkan kualitas tidur, lho!

Bahkan seorang psikolog dari Wheeling Jesuit University, menemukan bahwa orang yang mencium aroma melati memiliki kualitas tidur lebih baik daripada mereka yang tidak menghirupnya.

Supaya tanaman melati bertumbuh subur, jangan biarkan tanah sebagai media tanamnya mengering! Tempatkan tanaman ini di tempat yang terang atau terkena cahaya matahari, tapi pastikan kalau suhu udaranya tetap sejuk dan gak terlalu panas!

Baca Juga: Mudah Perawatannya, Ini 7 Sukulen Terpopuler yang Wajib Dilirik Pemula

4. Aloe vera

Makin Nyenyak, 7 Tanaman Ini Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih Baikpinterest/Bob Vila

Dalam penelitiannya, NASA menyebut aloe vera sebagai salah satu tanaman terbaik yang membantu membersihkan udara dalam ruangan. Tanaman sukulen ini juga melepas oksigen pada malam hari. Karena itu, aloe vera sangat direkomendasikan untuk ditaruh di kamar tidur.

Perawatan tanaman sukulen ini juga terbilang mudah karena gak membutuhkan banyak penyiraman. Jangan lupa untuk meletakkan tanaman lidah buaya di tempat yang terpapar cahaya matahari, setidaknya 6 - 8 jam per hari.

5. English ivy

Makin Nyenyak, 7 Tanaman Ini Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih BaikPinterest/Pasteldwelling

Selain terkenal karena manfaatnya dalam membersihkan udara, studi oleh American College of Allergy, Asthma & Immunology juga mengungkapkan bahwa english ivy dapat menghilangkan 94 persen kotoran dan 78 persen jamur yang terdapat di udara dalam 12 jam.

Menurut laman Healthline.com, tanaman ini sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki alergi hingga asma. English ivy membantu menghilangkan polutan penyebab alergi yang menyebabkan kesulitan bernapas. Tanaman merambat ini juga gak membutuhkan banyak cahaya untuk tumbuh.

6. Snake plant

Makin Nyenyak, 7 Tanaman Ini Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih Baikpinterest/Succulent City

Sering disebut lidah mertua, snake plant termasuk jenis tanaman yang dapat membantu tidurmu lebih nyenyak. Gak hanya memurnikan udara dalam ruangan secara alami, tanaman ini menyerap karbondioksida sekaligus memproduksi oksigen pada malam hari.

Snake plant juga membantu menghilangkan zat berbahaya yang terdapat di dalam rumah, seperti formaldehyde, benzene, trichloroethylene, dan xylene. Ia pun bisa bertahan, baik di tempat kering atau gelap sekalipun. Tanaman ini tergolong sangat mudah untuk dirawat.

7. Peace lily

Makin Nyenyak, 7 Tanaman Ini Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih Baikpixabay.com/mfiol

Punya kemampuan untuk membersihkan udara dari zat-zat polutan berbahaya, peace lily ternyata juga dapat meningkatkan kelembapan ruangan hingga 5 persen. Peningkatan kelembapan ini sangat bagus untuk membantu bernapas lebih baik ketika tidur.

Menurut laman Apartmenttherapy.com, tingkat kelembapan rendah dapat menyebabkan rambut dan kulit kering, meningkatnya kerentanan terhadap penyakit pernapasan, hingga membantu perkembangan virus serta bakteri. Tanaman yang dianjurkan ditaruh di kamar tidur ini, juga dapat hidup dengan sedikit cahaya dan penyiraman mingguan saja.

Demikianlah ketujuh tanaman hias yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu menjadi lebih baik. Apa kamu tertarik untuk mencoba salah satunya? Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Gak Cuma Estetis, 8 Tanaman Ini Juga Ampuh Banget Bersihkan Udara!

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya