Comscore Tracker

Waspadai, 5 Tanda Ini Menunjukkan kalau Kamu Punya Crab Mentality!

#IDNTimesLife Coba cek lagi

Bagaikan kumpulan kepiting dalam ember yang sering kali menarik kepiting lain yang berusaha keluar dari wadah, istilah psikologi Crab Mentality biasa digunakan untuk menggambarkan sikap seseorang yang gak senang melihat orang lain sukses.

Keegoisan dan iri jadi penyebab seseorang berusaha menggagalkan kesuksesan yang ingin digapai orang lain, persis seperti kepiting tadi. Nah berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan kalau kamu mungkin juga punya mentalitas ini. Yuk, disimak!

1. Kamu selalu merasa lebih tahu segalanya dan juga merasa paling benar dibandingkan orang lain

Waspadai, 5 Tanda Ini Menunjukkan kalau Kamu Punya Crab Mentality!pexels/Andrea Piacquadio

Ketika kamu mudah marah saat dikritik atau diberi masukan, biasanya itu karena kamu berpikir kalau dirimu yang paling benar. Perasaan superior dalam dirimu yang mendominasi itu, sebenarnya merupakan tanda awal mentalitas kepiting.

Di samping itu, kamu selalu berpikir bahwa kamu lebih tahu segalanya dibanding orang-orang di sekitarmu. Orang lain seakan hanya remah-remah, deh!

2. Kamu suka menyalahkan orang lain

Waspadai, 5 Tanda Ini Menunjukkan kalau Kamu Punya Crab Mentality!Pexels.com/Craig Adderley

Ketika ada kejadian yang gak diinginkan, kamu bakal dengan mudahnya menunjuk orang lain sebagai biang dari semuanya. Kamu lebih suka menyalahkan orang lain tanpa mau mencari tahu faktor-faktor penyebab terjadinya hal itu.

Kamu pun tak mencari cara mengatasi masalah tersebut. Mencari kambing hitam adalah cara paling mudah bagi kamu untuk menghindari tanggung jawab.

3. Kamu memperlakukan semua orang bak kompetitor, sehingga sulit untuk diajak bekerja sama

Waspadai, 5 Tanda Ini Menunjukkan kalau Kamu Punya Crab Mentality!Pexels.com/fauxels

Saat diharuskan bekerja sama dengan orang lain, kamu justru merasa amat gak nyaman. Hal itu dikarenakan kamu terlanjur melihat semua orang sebagai rival atau kompetitor yang harus kamu kalahkan.

Akibatnya, kamu sulit untuk berdiskusi atau menemukan solusi yang seharusnya diselesaikan secara tim. Gak jarang pula, kamu suka mengambil kredit untuk dirimu sendiri, tanpa mempertimbangkan usaha rekan-rekanmu.

Baca Juga: Sering Lari dari Masalah, 5 Zodiak Ini Dicap Punya Mental Pengecut 

4. Kamu enggan mengakui kesalahanmu sendiri

Waspadai, 5 Tanda Ini Menunjukkan kalau Kamu Punya Crab Mentality!unsplash.com/Jeffrey Wegrzyn

Selalu ada saat di mana kamu sebenarnya sadar bahwa kamu melakukan kesalahan. Sayangnya, egomu yang tinggi menjadi penghalang utama untuk berani mengakui kesalahan tersebut.

Kamu gak suka terlihat gak kompeten dan gak mau kalau nantinya orang-orang mulai meragukan kapasitasmu. Oleh karena itulah, kamu lebih memilih menyalahkan orang lain.

5. Kamu selalu memiliki perasaan semacam "Kalau aku gak bisa mendapatkan ini, maka begitu pula dengan orang lain"

Waspadai, 5 Tanda Ini Menunjukkan kalau Kamu Punya Crab Mentality!unsplash.com/Allison Heine

Kamu menghidupi prinsip di mana kalau kamu gak berhasil mendapatkan sesuatu, maka itu artinya orang lain juga gak boleh mendapatkan hal tersebut. Mungkin kamu secara gak sadar berpikiran demikian.

Namun, itu bisa terlihat dari perasaan iri dan gak suka yang muncul saat melihat kesuksesan orang lain. Alih-alih memberi selamat, kamu malah meremehkan pencapaian mereka dan berusaha membuat mereka merasa down.

Crab Mentality ini sebenarnya cukup sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, banyak orang yang gak sadar kalau mereka memilikinya. Coba yuk refleksikan dirimu! Apakah kamu punya ciri-ciri seperti di atas? Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Mitos soal Cara Merawat Gangguan Kesehatan Mental

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya