Comscore Tracker

Resolusi Baru: Upgrade Lifestyle Jadi Lebih Ramah Lingkungan Yuk!

Kamu siap? Siap Darling

Jakarta, IDN Times - Punya resolusi di tahun baru, memang bisa jadi salah satu motivasi ya buat kamu selama satu tahun ke depan. Soalnya, target dan hal-hal yang ingin kamu capai bisa terlihat jelas kalau kamu punya resolusi. Nah, pas banget nih buat kamu yang tahun ini punya resolusi upgrade lifestyle untuk hidup lebih hijau dan ramah lingkungan. 

Bakti Lingkungan Djarum Foundation telah mengadakan webinar seru dengan tema “Cheers to New Resolution: Easy Green Living” pada hari Rabu (13/01). Webinar kali ini, mengundang narasumber yang expert lho, yaitu: Dr. Nandang Prihadi, S.Hut, M.Sc, selaku Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Haykal Kamil, selaku aktor, entrepreneur, content creator, green lifestyle @ku.tanami, dan Tania Anggriani selaku Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Penasaran apa saja yang dibahas? Simak yuk!

1. Alam pulihkan ekosistemnya secara alami, tapi juga butuh bantuan manusia

Resolusi Baru: Upgrade Lifestyle Jadi Lebih Ramah Lingkungan Yuk!YouTube/IDN Times

Dr. Nandang Prihadi, S.Hut, M.Sc, selaku Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi mengungkapkan bahwa selama pandemik adaptasi yang dilakukan pemerintah yaitu terus mengupayakan pemulihan ekosistem dengan menutup kawasan konservasi, taman nasional atau taman hutan raya agar alam dapat melakukan pemulihan ekosistem. 

Namun ada juga beberapa hal yang membutuhkan intervensi dari manusia, seperti penanaman pohon, transplantasi karang, adopsi pohon dan koral, bersih gunung atau cleanup. Selain itu, program lain yang dilakukan, yaitu program 3C: Community, Commodities, and Conservation.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Forest Green Rovers, Klub Paling Go Green di Dunia

2. Sampah selama pandemik semakin menumpuk, sudah tahu solusinya?

Resolusi Baru: Upgrade Lifestyle Jadi Lebih Ramah Lingkungan Yuk!YouTube/IDN Times

Untuk kamu yang sering belanja online di masa pandemik, Pak Nandang mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan punya tips lho yang bisa dilakukan. Seperti, mendukung penjual dan produk tanpa pembungkus plastik, meminta penjual mengurangi pembungkus plastik, membeli barang dalam kemasan besar (untuk satu pembelian).

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kembali pembungkus plastik setelah dibersihkan, pilah sampah plastik untuk daur ulang, dan membeli barang dari lokasi dekat sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca. Gimana guys, kalau kamu sudah konsisten lakukan yang mana nih?

3. Easy green living: hemat listrik, air, memilah sampah dan menanam pohon!

Resolusi Baru: Upgrade Lifestyle Jadi Lebih Ramah Lingkungan Yuk!IDN Times/Herka Yanis

Lingkungan memang penting ya buat kita semua. Apalagi bumi menjadi satu-satu rumah yang bisa dihuni, dan itulah tugas kita untuk merawat dan menjaga bumi. Tania Anggriani selaku Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation memberikan tips nih buat kamu yang ingin memulai easy green living.

Kamu bisa mulai dengan menghemat listrik dan air, buang sampah pada tempatnya, memilah sampah dengan 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Kemudian menanam pohon, tujuannya selain menjadi penyaring udara, bisa mencegah banjir, dan mengurangi perubahan iklim yang sudah mulai terasa. Gimana simpel banget kan?

4. Ikut gerakan Siap Sadar Lingkungan #SiapDarling, jadi peduli dengan alam dan sekitarnya

Resolusi Baru: Upgrade Lifestyle Jadi Lebih Ramah Lingkungan Yuk!Siapdarling.id

Tania Anggriani juga menjelaskan sebelum memulai sustainable living, kamu bisa mulai sadar dengan keadaan lingkungan yang sekarang. Dengan begitu, kamu akan lebih rela untuk melakukan apapun untuk lingkungan. Bisa dimulai dari hal yang kecil. Salah satunya, kamu bisa mengikuti gerakan sosial Siap Sadar Lingkungan atau #SiapDarling persembahan Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Gerakan #SiapDarling ini berbeda dengan gerakan lainnya lho, soalnya ada program Candi Sadar Lingkungan #CandiDarling, gerakan penghijauan kawasan di situs-situs candi yang ada di seluruh Indonesia. Program ini akan berlanjut sampai tahun 2025 nih, keren! Dan, saat ini #SiapDarling punya program #DarlingFromHome dengan mengadakan webinar, workshop dan games

Buat kamu yang penasaran sama kegiatan #SiapDarling, langsung aja yuk kepoin Facebook, Twitter, Instagram @siapdarling dan kunjungi website www.siapdarling.id

5. Mulai berkebun untuk ketahanan pangan dan sarana silaturahmi

Resolusi Baru: Upgrade Lifestyle Jadi Lebih Ramah Lingkungan Yuk!Instagram.com/haykalkamil

Selama pandemik, Haykal Kamil melakukan banyak penyesuaian dan bingung selama di rumah. Namun, Haykal mencoba untuk berolahraga, dan istrinya punya hobi baru mengoleksi tanaman hias. Lalu, pada awal pandemik saat berbelanja, Haykal melihat stok-stok sayuran sudah mulai menipis, dan itulah awal Haykal mencoba untuk berkebun.

Dengan memanfaatkan lahan yang kosong, kemudian Haykal membeli bibit, menyemai dan menanamnya sampai menghasilkan banyak sayuran, seperti: cabai, selada merah, kangkung, tomat, serai, buncis dan lain-lain. Semua hasil kebun ini ia konsumsi dan dibagikan untuk tetangga dan saudara. Kegiatan ini pula yang menginspirasi Haykal untuk membuat gerakan @ku.tanami dengan tujuan memberikan motivasi orang lain agar memulai berkebun juga.

Wah, ternyata banyak hal ya yang bisa kamu lakukan untuk memulai green living! (CSC)

Baca Juga: UMKM Ramah Lingkungan Harus Digeber Jadi Gaya Hidup

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya