Comscore Tracker

7 Tips Menghemat Pengeluaran saat Liburan dan Akhir Pekan 

Liburan asyik gak bikin kantong bolong, yuk intip tipsnya!

Weekend merupakan waktunya beristirahat, tidak terkecuali untuk pelajar, pekerja, dan ibu rumah tangga. Namun, hati-hati. Berbelanja, pergi ke tempat hiburan, dan kegiatan lain yang kita lakukan saat weekend dapat menjadi salah satu penyebab membengkaknya pengeluaran, loh!

Mindful spending (cermat dalam mengeluarkan uang) dapat menolong kamu untuk berhemat. Selain itu, pilihan aktivitas juga berhubungan dengan seberapa banyak uang yang dapat kamu simpan. Ingin tahu detailnya? Yuk, simak artikel ini!

1. Membuat pos pengeluaran, termasuk budget entertainment

7 Tips Menghemat Pengeluaran saat Liburan dan Akhir Pekan Ilustrasi Budgeting (Pexels/Karolina Grabowska)

Kamu dapat membuat pos pengeluaran bulanan seperti biaya sewa, biaya hidup, biaya utilitas, transportasi, tabungan, dan investasi. Jangan lupa masukkan budget untuk biaya entertainment seperti budget jajan, jalan-jalan, dan berbelanja.

Masukkan pula nominalnya, ya. Hal ini membuat budget lebih terukur dan kamu memiliki 'pengingat' untuk melakukan penghematan saat pengeluaranmu hampir mencapai maksimal budget

2. Jangan mudah tergoda!

7 Tips Menghemat Pengeluaran saat Liburan dan Akhir Pekan Ilustrasi keinginan jajan roti (pexels/furkanfdemir)

Pada hari libur, meningkatnya penggunaan sosial media dan e-commerce dapat mendorong keinginan untuk berbelanja. Namun, jangan sampai kamu menyesali keputusan ini, ya. Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan dan budget, jangan sampai FOMO (fear of missing out) saat melihat diskon, tergoda iklan, atau melakukan pembelian karena merasa bosan. 

Menurut Nerd Wallet, salah satu cara berhemat adalah menundanya. Sambil menunda, coba pikirkan hal ini sebelum membeli: apakah kamu membutuhkannya? Apakah tidak ada alternatif lain selain membeli? Manfaat apa yang diperoleh? Kuncinya, jangan terburu-buru dan pikirkan dengan saksama, ya!

3. Menyiapkan stok makanan

7 Tips Menghemat Pengeluaran saat Liburan dan Akhir Pekan Ilustrasi stok makanan (Pexels/Kindel Media)

Kamu dapat menyimpan stok makanan di kulkas. Selain memudahkan dan menghemat waktu memasak, strategi ini juga dapat mengurangi pengeluaran jajan atau membeli makanan di luar.

Kini, jenis makanan beku sangat beragam, dan banyak pula yang dapat kamu buat di rumah. Kombinasikan dengan makanan fresh yang simple dan bisa dimasak di rumah, agar kebutuhan kalori serta nutrisi tetap terpenuhi dan kamu tetap bisa bersantai.

Contoh makanan fresh yang bisa kamu siapkan di rumah adalah nasi dan telur. Makanan pelengkap lainnya tinggal ambil dari kulkas, kemudian hangatkan deh! 

Baca Juga: 5 Tips Mengendalikan Pengeluaran setelah Gajian, Bikin Hidup Nyaman

4. Manfaatkan promo

7 Tips Menghemat Pengeluaran saat Liburan dan Akhir Pekan ilustrasi diskon (IDN Times/Indiana Malia)

Pada momen tertentu, seperti weekend atau hari libur nasional, offline store atau supermarket biasanya memiliki promo yang menarik bagi pengunjung. Khusus bagi member atau subscriber, kamu juga dapat menggunakan voucher belanja yang tersedia, seperti: welcome voucher, voucher tanggal cantik, atau birthday voucher.

Sebelum berbelanja, kamu dapat mengecek laman sosial media produk incaranmu dan memastikan apakah ada promo atau event yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu, kamu juga dapat membandingkan harga dan promo yang tertera di beberapa toko atau aplikasi, kemudian pilih yang best price menurutmu. Selamat mencoba tips ini!

5. Pilih-pilih pengeluaran

7 Tips Menghemat Pengeluaran saat Liburan dan Akhir Pekan Ilustrasi memilih jajanan (Pexels/Ryutaro Tsukata)

Bila budget kamu terbatas, kamu bisa pilih waktu dan daftar kegiatan yang akan dilakukan, kemudian sesuaikan dengan limit anggaranmu. Kamu dapat memilih kegiatan yang sesuai dengan tujuan kamu saat berlibur, misalnya ingin memanjakan perut, atau ingin mengistirahatkan pikiran.

Contohnya: kamu ingin pergi ke mall bersama temanmu, ingin menonton bioskop. Untuk berhemat, kamu bisa makan terlebih dahulu di rumah, kemudian pergi ke bioskop tanpa mampir ke pusat jajanan. Atau kamu dapat memilih makan di pinggir jalan untuk opsi yang lebih ekonomis. 

6. Cari alternatif liburan di rumah

7 Tips Menghemat Pengeluaran saat Liburan dan Akhir Pekan Ilustrasi bersih- bersih (Pexels/Gustavo Fring)

Di rumah membosankan? Belum tentu. Ada beberapa kegiatan mengasyikkan yang dapat kamu lakukan di rumah. Di antaranya adalah movie night, memasak bersama, membaca buku favorit, membuat prakarya bersama anak, dan melakukan hobi.

Bahkan, melakukan pekerjaan rumah seperti bebersih juga dapat dijadikan alternatif loh. Hemat dan produktif, why not? 

7. Berolahraga

7 Tips Menghemat Pengeluaran saat Liburan dan Akhir Pekan Ilustrasi olahraga (Pexels/Karl Solano)

Kok olahraga, sih? Sini sini, coba bayangin deh. Setelah lelah berolahraga, apa kamu masih ada keinginan untuk berjalan-jalan atau melakukan aktivitas lainnya? Mungkin iya, namun kamu akan membutuhkan waktu untuk me-refill tenagamu, sehingga keluar rumah mungkin tidak lagi menjadi pilihanmu.

Beberapa jenis olahraga tidak membutuhkan banyak uang, bahkan gratis. Selain itu olahraga dapat mencegahmu dari berbagai penyakit. Dilansir New York Times, berolahraga sejak muda dapat menurunkan tagihan biaya rumah sakit hingga mencapai US$ 1.874 atau setara Rp 26 juta per tahunnya, terutama setelah memasuki masa pensiun.

Selain hemat, melakukan olahraga juga dapat menjadi investasi berharga untuk masa depan kamu. Jadi, yuk berolahraga di weekend ini!

                                                                               

Meskipun berhemat, kamu tetap dapat menikmati hidup. Kamu juga bisa sekali-kali 'hedon'. Lakukanlah dengan bijak sehingga kamu tidak menyesal di kemudian hari. Jadikan uang yang kamu keluarkan memiliki makna dan manfaat untuk kamu. Be grateful, be smart, and enjoy your life!

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Pengeluaran agar Gaji Gak Cuma Numpang Lewat

Bangarani Masah Nadila Photo Writer Bangarani Masah Nadila

Queen of Home a.k.a Ibu Rumah Tangga. Penulis lepas yang suka sharing tentang printilan sehari-hari. Q: Ingin jadi apakah kamu kelak? A: Ingin menjadi manusia bermanfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya