Comscore Tracker

Sadar Nggak? Bisnis Kuliner yang Sukses Pasti Karena 5 Hal Ini Deh

Pernah kepikiran yang nomor 4 gak?

Bicara soal bisnis basah, pasti tidak lepas dengan yang namanya bisnis di bidang kuliner. Bisnis di bidang ini dapat disebut demikian karena dapat memberikan keuntungan yang besar untuk para pelakunya bahkan dalam waktu yang cenderung cepat. Buat kamu yang punya bisnis di bidang kuliner dan merasa usahamu masih jalan di tempat, coba simak ulasannya di artikel ini nih.

Biar gak gegabah untuk langsung mengganti bisnis untuk ditekuni, coba deh fokus ke beberapa hal ini dulu untuk mengembangkan bisnis yang kamu jalani saat ini.

1. Melakukan inovasi dengan menu-menu lokal

Sadar Nggak? Bisnis Kuliner yang Sukses Pasti Karena 5 Hal Ini DehShutterstock/photokirov

Percaya deh, masih banyak loh ternyata yang berpikir bahwa bisnis kuliner yang menjual makanan-makanan khas luar negeri lebih mudah populer dibandingkan dengan bisnis-bisnis yang fokus pada makanan tradisional, apalagi jika diadu dengan pemain-pemain lama. Eits, jangan berkecil hati dulu. Coba deh kamu kulik-kulik resep makanan lokal dan beri inovasi-inovasi yang nggak terpikirkan oleh orang kebanyakan. Berani coba?

2. Membuat promo-promo yang menarik

Sadar Nggak? Bisnis Kuliner yang Sukses Pasti Karena 5 Hal Ini DehUnsplash/Kate Trysh

Nggak bisa dipungkiri selain fokus pada produk-produk yang ada pada bisnis yang kita buat, kita juga harus fokus dengan strategi marketing untuk memasarkan produk kita. Salah satu cara yang bisa menggaet banyak orang adalah dengan memberikan promo-promo yang menarik untuk para pelanggan. Ngaku deh, kamu sendiri pasti nggak tahan godaan kan kalau ada promo-promo menarik di luar sana?

3. Menerapkan teknik marketing yang menarik

Sadar Nggak? Bisnis Kuliner yang Sukses Pasti Karena 5 Hal Ini DehUnsplash/Campaign Creator

Percaya deh salah satu faktor yang membuat sebuah bisnis dikenal banyak orang adalah keunikan dari strategi marketing yang mereka miliki. Ada bisnis yang mengenalkan produknya lewat komunitas-komunitas, lewat bazaar, bahkan ada loh yang menggunakan banyak influencer untuk mengenalkan produknya ke khalayak di media sosial. Nah, kira-kira mana nih strategi marketing yang paling cocok untuk bisnis kuliner kamu?

4. Berani ikut kompetisi kuliner bergengsi

Sadar Nggak? Bisnis Kuliner yang Sukses Pasti Karena 5 Hal Ini DehIDN Times/Unilever Food Solutions

Banyak orang terlalu fokus untuk mengembangkan bisnis kuliner mereka dengan cara-cara yang konvensional seperti mengumpulkan modal, kemudian membangunnya dari awal. Padahal, faktanya kamu bisa lho membangun bisnis kulinermu sekaligus mengasah kreativitasmu dengan mengikuti kompetisi kuliner bergengsi yang diselenggarakan di daerahmu. Dengan kreativitas dan keunikan yang kamu bawa dalam hidangan yang kamu sajikan, kamu nggak perlu ragu untuk mengikuti kompetisi kuliner. Semangat ya!

Buat kamu yang mau coba ikut kompetisi kuliner bergengsi, coba deh ikutan Bango Penerus Warisan Kuliner (PWK) 2019. Sebuah kompetisi kuliner bergengsi yang diselenggarakan oleh Bango sebagai salah satu brand di bawah Supervisi Unilever Food Solutions. Bahkan keberhasilan dari Bango PWK 2018 telah melahirkan banyak wirausahawan di bidang kuliner tradisional yang mampu mengembangkan dan mempopulerkan kembali warisan kuliner Nusantara dengan kecap Bango.

Kecap Bango hanya menggunakan empat bahan alami berkualitas yang membuat cita rasa kecap Bango sangat alami dan berkualitas. Itu sebabnya banyak chef dan juru masak di seluruh Indonesia punya kebanggaan tersendiri dengan menggunakan kecap Bango untuk makanan khas Indonesia. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk bikin makanan Indonesia dengan cita rasa berkualitas dengan kecap Bango!

Sadar Nggak? Bisnis Kuliner yang Sukses Pasti Karena 5 Hal Ini DehIDN Times/Unilever Food Solution

Kamu bisa mendaftarkan usaha dan hidangan terbaik dari warisan kuliner Nusantara di sini dan ikuti syarat serta ketentuannya ya. Setelah itu, kamu bisa mempromosikan dan menggalang dukungan dari konsumen untuk memilih hidangan favorit di halaman voting di situs www.peneruskuliner.com. Nggak hanya sampai di situ, 24 finalis pilihan dewan juri berhak mengikuti penjurian dan workshop khusus di Jakarta. Kapan lagi kan ikut kompetisi tapi juga bisa dapat ilmu bisnis? Selain itu, 5 orang pemenang Bango Penerus Warisan Kuliner 2019  akan mendapatkan modal usaha ratusan juta rupiah dan juga di promosikan di media-media digital.

Gimana tertarik untuk jadi wirausahawan kuliner sukses selanjutnya? Tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan usaha dan hidangan andalan kamu di Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 sekarang juga!

5. Bangun relasi sebanyak-banyaknya

Sadar Nggak? Bisnis Kuliner yang Sukses Pasti Karena 5 Hal Ini DehIDN Times/Unilever Food Solutions

Yang namanya bisnis pasti nggak lepas dari yang namanya relasi. Adanya relasi dalam berbisnis dapat memudahkan kamu untuk memperkuat eksistensimu di dunia bisnis bahkan kalau kamu ingin mengembangkan bisnismu di masa depan. Jadi, jangan sampai kamu menyia-nyiakan relasi yang kamu miliki saat ini ya, karena dalam berbisnis siapa saja bisa menjadi kawanmu bahkan jadi lawan.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis kamu sehingga semakin terkenal. Jadi, untukmu yang masih merasa bisnis kamu jalan di tempat, coba deh lakukan beberapa cara ini sebelum menyerah. Semangat ya!

Topic:

  • Anindya Roswita Putri
  • Anastasia Desire
  • Karsa Adiguna

Just For You