Comscore Tracker

Inilah 5 Kalimat Ajaib yang Pasti Diucapakan Orang Sopan, Bikin Adem!

Begitu kuat menenangkan rasa

Semua kita sepakat bahwa salah satu cara membuat orang nyaman bahkan senang dengan kita adalah bagaimana kita bertutur kata. Termasuk mereka-mereka yang ingin tampil berbeda dan nyaman bagi orang lain. 

Untuk menjadi menarik tidak perlu ribet. Sebenarnya ada beberapa ungkapan yang sangat sederhana yang punya pengaruh besar terhadap reaksi perasaan orang lain. Seperti ungkapan sederhana di bawah ini yang sukses membuat orang senang plus kamu di cap orang sopan.

1. Nama orang lain

Inilah 5 Kalimat Ajaib yang Pasti Diucapakan Orang Sopan, Bikin Adem!Pexels/GustavoFring

Nama adalah inti perhatian orang lain. Siapapun yang disebut namanya saat berbicara otomatis perhatiannya akan lebih fokus dan lebih merasa di pentingkan. Itulah mengapa baik kamu berbicara dengan seorang office boy, anak kecil atau bahkan pelanggan atau bahkan atasan menggunakan nama seseorang menunjukkan kesopanan dan rasa hormat.

Ketika seseorang mengingat nama kita, kita merasa dihargai, dipentingkan, dan terjalin interaksi positif. Kuncinya adalah tetap berpegang pada nama yang digunakan seseorang saat mereka memperkenalkan diri. Sarannya, jangan mempersingkat nama orang lain jika mereka tidak memintanya..

2. Kalimat sapaan "Hallo, Hai"

Inilah 5 Kalimat Ajaib yang Pasti Diucapakan Orang Sopan, Bikin Adem!Pexels/AndreaPiacquadio

Jika kamu perlu mendidik diri jadi orang sopan, luangkanlah waktumu untuk mengucapkan "Halo" terutama jika kamu berada di lingkungan di mana kamu sering bertemu orang yang sama. Seperti sekolah, kampus atau bahkan tempat kerja.

Dengan menyapa seseorang akan membuatmu otomatis lebih menonjol dan membuat dampak yang positif dan bertahan lama. Bahkan jika kamu melihat wajah yang tidak dikenal lalu menyapanya kamu telah membuat kesan yang baik dan mungkin akan mereka ingat.

Baca Juga: 5 Perilaku Tidak Sopan di Indonesia tetapi Dianggap Sopan di Finlandia

3. Menerima pujian "Wah kamu baik sekali"

Inilah 5 Kalimat Ajaib yang Pasti Diucapakan Orang Sopan, Bikin Adem!Pexels/ChiristinaMorillo

Memberikan pujian bukan hanya menunjukkan ketertarikan, bagi si penerima pujian hal ini dapat menjadi tantangan. Mengapa begitu?

Karena seseorang yang mencoba untuk menolaknya bisa menunjukkan bahwa dia tidak menghargai apa yang dipuji. Makanya agar lebih sopan lebih baik untuk mengakui kata-kata pujian dengan "Kamu baik sekali".

Dari ungkapan yang kamu berikan itu menunjukkan rasa syukur dan masih terdengar rendah hati. Ingatlah juga untuk memberikan beberapa pujian kecil yang akan membuat semua orang tersenyum.

4. "Aku nyaman banget ketemu sama kamu"

Inilah 5 Kalimat Ajaib yang Pasti Diucapakan Orang Sopan, Bikin Adem!Pexels/AndreaPiacquadio

Ungkapan perasaan nyaman bersama orang lain adalah sentimen paling menarik yang dapat kamu ungkapkan kepada manusia lain. Apalagi jika dia adalah gebetan atau orang yang kamu taksir. Siapa rupanya yang tidak senang akan usaha kita membuat nyaman orang lain berhasil?

Hal lain yang berhubungan adalah, lain kali jika seseorang bertanya bagaimana kabarmu, jawablah bahwa kamu senang melihat mereka. Mendengar bahwa kehadirannya membuatmu bahagia adalah cara paling positif untuk memulai interaksi.

5. "Permisi"

Inilah 5 Kalimat Ajaib yang Pasti Diucapakan Orang Sopan, Bikin Adem!Pexels/Pixabay

Ini adalah salah satu kalimat penting yang harus lebih sering diucapkan. Seperti saat kamu hendak memasuki ruang pribadi seseorang, baik sengaja atau tidak sengaja kamu harus menarik perhatiannya untuk meminta izin atau menawarkan permintaan maaf dengan mengatakan "Permisi."

Di balik kata "permisi" ada sebuah rahasia cara yang berguna untuk membawa percakapan kembali ke "keseimbangan sosial" dan berfungsi sebagai cara untuk mendapatkan perhatian seseorang, memberikan jalan keluar atau solusi kegugupan.

Nah, itulah lima kalimat sederhana namun ajaib yang sering diucapkan orang sopan? Bagaimana tertarik menerapkannya?

Baca Juga: Hati-hati, 7 Kalimat Ini Diam-diam Menyakiti Perasaan Wanita

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya