Comscore Tracker

Menurut Psikolog, 7 Cara Sederhana Menemukan Kebahagiaan Hidup

Kebahagiaan adalah milikmu

Apa itu kebahagiaan? Bagaimana cara mendapatkannya? Umumnya setiap orang punya cara tersendiri dalam memberikan definisi kebahagiaan. Namun intinya, kebahagiaan adalah keadaan emosional yang ditandai dengan perasaan senang maupun puas dan kebahagiaan sering kali digambarkan melibatkan emosi positif dan kepuasan hidup. Nah, bagaimanapun kebahagiaan adalah hak segala makhluk di bumi.

Lalu, bagaimana pandangan dan cara ahli psikolog dalam menunjukkan bagaimana cara mendapatkan yang kita sebut kebahagiaan ini? Nah, ini dia caranya, sederhana namun bermakna!

1. Bicaralah dengan orang di samping kamu saat menggunakan kendaraan umum

Menurut Psikolog, 7 Cara Sederhana Menemukan Kebahagiaan HidupIlustrasi para pengguna kendaraan umum (pexels.com/Snapwire)

Orang-orang ternyata yang cenderung lebih dapat rasa bahagia selama perjalanan ketika mereka mengobrol dengan orang-orang yang duduk di samping mereka, bahkan jika mereka pikir itu akan membuat perjalanan kurang positif dan produktif, menurut sebuah studi di Journal of Experimental Psychology.

Nah, tentunya beberapa orang akan begitu canggung dengan hal yang satu ini. Makanya, cobalah untuk mengatasi rasa takutmu berbicara dengan orang asing atau khawatir mengganggu mereka. Coba pikirkan bagaimana jika kamu dapat membawa kegembiraan bagi kalian berdua.

2. Ketahuilah, uang terkadang bisa membeli kebahagiaan

Menurut Psikolog, 7 Cara Sederhana Menemukan Kebahagiaan HidupIlustrasi menabung (pexels.com/cottonbro)

Mereka mengatakan uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Tapi itu bisa kalau yang kamu beli adalah waktu ekstra, atau membayar untuk mendelegasikan tugas. Jadi jangan merasa bersalah memesan makanan mahal atau menyewa pembersih rumah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di National Academy of Sciences menemukan bahwa orang yang menghabiskan uang untuk menghemat waktu cenderung lebih bahagia daripada mereka yang tidak. Ya, mungkin berlebihan memesan makanan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam setiap hari, atau meminta seseorang membersihkan rumahmu lebih dari sekali seminggu. Namun kamu akan lebih bahagia dengan adanya ektra time yang kamu peroleh untuk melakukan hal yang kamu suka.

3. Menelpon ibu

Menurut Psikolog, 7 Cara Sederhana Menemukan Kebahagiaan HidupIlustrasi seorang ibu menggunakan gawai (pexels.com/AnnaShvets

Coba dulu ingat, kapan terakhir kali kamu menelpon ibumu? Apakah kamu terlalu sibuk dengan kerjaanmu?

Penelitian yang dimuat di artikel Health.com menemukan bahwa mendengarkan suara ibu dapat membantu mengurangi stres, yang berarti kamu lebih bahagia. Berbicara di telepon ternyata dapat mengurangi hormon stres utama dan melepaskan oksitosin kimiawi otak yang dianggap memainkan peran kunci dalam membentuk ikatan. 

Jadi, saat kamu tengah stres atau pusing saat bekerja lebih baik telpon ibu dulu, ya. Tak perlu dikatakan juga bahwa kamu akan membuat hari ibumu bahagia.

4. Bergaul dengan orang-orang bahagia

Menurut Psikolog, 7 Cara Sederhana Menemukan Kebahagiaan HidupPexels/AndreaPiacquadio

Menguap bukan satu-satunya hal yang menular. Tenyata kebahagiaan juga.

Penelitian yang dituliskan di Routers telah menemukan bahwa semakin kamu mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif, kamu akan semakin bahagia. Jadi, sering-seringlah berkumpul dengan kawan-kawanmu, nongkrong bareng hingga sesekali traveling atau mungkin adakan kegiatan bersama seperti mangggang.

Baca Juga: 5 Alasan Menjadikan Kebahagiaan Orang Lain sebagai Prioritas

5. Bangun 15 menit hingga 30 menit lebih awal

Menurut Psikolog, 7 Cara Sederhana Menemukan Kebahagiaan HidupIlustrasi jam (pexels.com/AcharapornKamornboonyarush)

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana kurang tidur bisa membuatmu lebih bahagia? Coba pikirkan: Dengan lebih banyak waktu di pagi hari, kamu tidak akan berlarian kesana-kemari untuk mempersiapkan segala hal untuk keperluan di pagi hari dan tentunya kamu bisa lebih bisa dengan jelas mempersiapkan segalanya.

Bangun sedikit lebih awal akan membuatmu lebih mudah mendapatkan awal yang positif untuk hari-harimu. Kamu akan segera melihat perbedaan dalam sikap, menurut Psychology Today.

6. Dengarkan musik melankolis

Menurut Psikolog, 7 Cara Sederhana Menemukan Kebahagiaan HidupIlustrasi seorang perempuan sedang menikmati musik (pexels.com/VictoriaBorodinova)

Musik melankolis adalah jenis musik yang memunculkan kesan sendu, syahdu, sayu, sentimental, murung, lamban, muram dan sebagainya. Musik jenis ini bisa dikenali dari tempo yang digunakan yang cenderung lambat dengan harmoni minor. Jadi apa kamu suka mendengarnya? 

Penelitian yang diterbitkan di Plos One menunjukkan bahwa melantunkan beberapa lagu yang menyedihkan dan ceria sebenarnya dapat membantu meningkatkan perasaan positif dan damai, yang dapat menjadi terapi, katarsis dan menenangkan.

7. Lihat barang atau apa pun yang berkaitan dengan masa lalu

Menurut Psikolog, 7 Cara Sederhana Menemukan Kebahagiaan HidupIlustrasi bahagia melihat kenangan masa lalu (pexels.com/cottonbro)

Siapa yang tidak suka melihat kembali kenangan masa lalunya? Pastinya semua kita. Mulai dari buku tulis, lukisan, foto album maupun benda kenangan yang tentunya memiliki makna ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kebahagiaan.

Penelitian yang dipublikasikan di Personality and Social Psychology Bulletin menemukan bahwa perasaan nostalgia tentang masa lalu akan meningkatkan optimisme tentang masa depan dan membuatmu cenderung lebih bahagia.

Nah, itulah tujuh hal yang perlu kamu ketahui tentang kebahagiaan. Nah, kamu juga perlu tahu bahwa jangan terlalu berobsesi dalam menemukan kebahagiaan. Sebab, beberapa cara terbaik untuk menemukan kebahagiaan adalah berhenti mencarinya. Sebab, semakin kita terobsesi dengan perasaan tertentu, semakin kita menekan diri kita sendiri dan juga mengatur diri kita sendiri untuk ekspektasi yang terkadang tidak dapat kita penuhi. Sebaliknya, fokuslah untuk menemukan makna - dengan menjalin persahabatan baru dan mengejar hiburan favorit - dan kebahagiaan akan mengikuti.

Baca Juga: 5 Perlakuan Orangtua yang Merenggut Kebahagiaan Anak, Bikin Tertekan

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya