Comscore Tracker

5 Nasihat Ini Khusus untuk Kamu yang Tengah Patah Semangat

Kamu tahu jalannya

Untuk kamu yang sedang patah semangat, tidak apa-apa kok hari ini kami patah semangat. Semangat bukanlah baja yang kokoh, tapi sebuah gading yang bisa retak. Jadi wajar saja semua orang pernah patah semangat.

Masalah yang semakin banyak ini membuat kita semakin tidak karuan hingga tidak mampu berpikir dengan jernih. Namun di balik itu semua, kamu yang sedang patah semangat perlu tahu dan pahami dalam-dalam nasihat ini.

1. Hentikan mengikuti nasihat yang berbunyi "Sabar, sabar dan sabar"

5 Nasihat Ini Khusus untuk Kamu yang Tengah Patah SemangatPexels/Pixabay

Kita memang cukup mau menerima apresiasi dari orang yang selalu menasihati dengan ucapan "Sabar pasti ada jalan". Tapi jangan ikuti. Nasihat sabar dan selalu sabar bukanlah solusi yang kamu butuhkan, bahkan membuang waktumu saja.

Masalah tidak akan pernah berakhir hanya dengan ucapan sabar. Kamu lebih baik mengepalkan kedua tanganmu dengan erat lalu meninju meja atau dinding dibandingkan terus memikirkan dan berusaha bersabar. Luapkan emosi dengan cara yang positif.

2. Ungkapkan emosimu

5 Nasihat Ini Khusus untuk Kamu yang Tengah Patah SemangatPexels/PolineZimmerman

Pilihan ini hanya untuk kamu yang memang tidak punya orang untuk mengadukan keluh yang kamu miliki. Orangtua yang toxic, teman yang mau senangnya saja, bahkan pacar yang acuh tidak acuh. Semua daftar di atas hanya akan membuat hatiku semakin hancur.

Kamu hanya butuh menuangkan dalam sebuah kertas, coretan kertas yang berantakan tidak apalah. Bahkan menulis di aplikasi Wattpad atau sejenisnya dengan fitur anonim terbukti mampu meredakan emosi yang kamu miliki. Semua orang bisa membaca kisahmu dan kamu lega atasnya. Namun, pikirkan selalu ada potensi orang yang gak menyukai ceritamu.

Baca Juga: Ucapkan 5 Mantra Ajaib Ini Ketika Kamu Patah Semangat

3. Temukan bentuk syukurmu sendiri

5 Nasihat Ini Khusus untuk Kamu yang Tengah Patah SemangatPexels/EnginAkyurt

Kamu punya hari-hari yang buruk. Lalu orang-orang menyuruhmu untuk bersyukur dengan dalil kamu masih punya waktu, makanan yang kamu makan bahkan masih bisa kuliah. Jangan lakukan itu.

Terdengar konservatif memang. Namun kita semua harus tahu bahwa semua manusia di bumi ini punya porsi dan kesulitan masing-masing orang berbeda. Yang kamu lakukan adalah berdiri di depan cermin lalu tatap wajahmu dan ungkapan semua isi otakmu. Keluarkan sepuasnya. Ekspresikan sepuasnya. Percayalah kamu akan merasakan kelegaan yang luar biasa.

4. Jangan pedulikan hal negatif

5 Nasihat Ini Khusus untuk Kamu yang Tengah Patah SemangatPexels/AndreaPiacquadio

Sesekali hiduplah dengan tidak peduli dengan orang lain. Langkahkan kaki dengan tegar dan lapangkan dada. Makanlah makanan yang sehat, lelaplah tidur. Apa yang mau kamu lakukan lagi? Menjelaskan? Manusia tidak akan bisa kamu kontrol, lebih baik mengontrol diri sendiri. Dengan bodo amat, kamu bisa santai menghadapi dan menyelesaikan permasalahan hidup.

5. Bangkit

5 Nasihat Ini Khusus untuk Kamu yang Tengah Patah SemangatPexels/CraigAdderley

Ujungnya kamu yang merasakan patah semangat harus bangkit juga. Apakah kamu tidak bosan berada di titik yang sama? Seperti di hari kamu hanya rebahan, makan, kasur yang berantakan, badan yang bau dan hanya duduk padahal kamu masih kuat untuk melangkah?

Untuk kamu yang baru lepas dari patah semangat, melangkah bukanlah hal yang mudah bahkan melelahkan. Tapi bukankah dengan melangkah kamu bisa sampai ke tempat yang lebih indah? Intinya hanya ada dua pilihan, berakhir di sini atau melanjutkan hari esok. Di antara dua pilihan ini hanya satu yang terbaik. Bangkit! Usiamu masih terlalu muda untuk berakhir sekarang! 

Empat nasihat tersebut adalah nasihat yang terdengar konservatif. Tidak pernah ada nasihat seperti itu yang kita terima dari lingkungan kita. Tapi ingat, permalasahan yang kamu hadapi dengan tangisan sepanjang hari tidak layak di hadapi denga baik-baik.

Luapan ekspresi dibutuhkan untuk memuaskan isi hati. Semoga menginspirasi untuk yang kamu yang sedang patah semangat. Kiss and hug.

Baca Juga: Daftar Lagu Buat yang Lagi Patah Semangat

Basri Pakpahan Photo Verified Writer Basri Pakpahan

Pekerja Teks Komersial

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya