Comscore Tracker

Sukses dalam Kehidupan? Ilmu Psikologi Memberikan 5 Langkah Jitu Ini

Bukan hanya untuk marketing saja

Bagaimana kamu mendefinisikan sebuah kesuksesan dan bagaimana strateginya agar kesuksesan itu bisa tercapai? Umumnya, definisi sukses setiap orang sangatlah berbeda-beda dan strategi yang paling baik pastilah yang seturut dengan pandanganmu. 

Definisi sukses setiap orang itu bisa saja aman, bahagia, sehat dan di cintai. Namun untuk strategi, tidak satu pun cara yang tepat untuk semua orang agar sukses. Berikut ada langkah-langkah dasar yang menjadi petunjukmu untuk sukses dalam hidup, cinta apa pun itu yang penting untuk dirimu sendiri secara psikologis.

1. Bangun mindset pertumbuhan

Sukses dalam Kehidupan? Ilmu Psikologi Memberikan 5 Langkah Jitu IniPexels/SimonMigaj

Ada dua pola pikir dasar yang mempengaruhi pola pikir dan dasar berperilaku manusia, yaitu pola pikir tetap dan berkembang. Pola pikir tetap berorientasi bahwa kecerdasan adalah hal yang tetap dan kesuksesan adalah bakat bawaan bukan dengan bekerja keras. Sementara pola pikir berkembang, seseorang bisa sukses dengan berusaha, tumbuh dan mampu berubah.

Sesuai dengan poin di atas, kamu di minta untuk membangun mindset bertumbuh. Tentu, bagaimana caranya? Yang kamu lakukan adalah :

  1. Sadar bahwa segala upayamu itu berharga
  2. Pelajari keterampilan baru
  3. Lihat kegagalan sebagai pengalaman belajar

2. Tingkatan kecerdasan emosional

Sukses dalam Kehidupan? Ilmu Psikologi Memberikan 5 Langkah Jitu IniPexels/AndreaPiacquadio

Kecerdasan intelektual memang sudah dipercayai sekian lama sebagai salah satu faktor yang memengaruhi kesuksesan seseorang. Namun beberapa ahli di bidang psikologi menilai bahwa kecerdasan emosional lah yang mempengaruhi.

Lalu, jika ini adalah langkahnya, bagaimana cara meningkatkan kecerdasan emosionalmu?

  1. Fokus dan ketahui emosi yang kamu miliki seperti apa
  2. Bijaklah mengelola emosimu sendiri
  3. Dengarkanlah orang lain

Baca Juga: Mau Mulai Bisnis? Ini 10 Tips Sukses yang Cocok untuk Millennial

3. Bangun mental yang tangguh

Sukses dalam Kehidupan? Ilmu Psikologi Memberikan 5 Langkah Jitu IniPexels/EvelynChong

Orang-orang yang tangguh secara mental menilai bahwa tantangan adalah peluang. Mereka yakin bahwa mereka punya kendali atas dirinya sendiri, percaya diri bahwa dia akan sukses dan tentu berani berkomitmen untuk sukses.

Untuk membangun mental yang tangguh, perlu kamu mulai dari empat hal berikut : 

  1. Harus bisa mempercayai dirimu sendiri
  2. Teruslah berusaha
  3. Tetapkan tujuan awal
  4. Temukan atau ciptakan dukungan

4. Miliki kemauan yang kuat

Sukses dalam Kehidupan? Ilmu Psikologi Memberikan 5 Langkah Jitu IniPexels/AndreaPiacquadio

Dalam studi longitudinal jangka panjang yang dilakukan oleh pakar psikologi. Ada sebuah kasus antara kecerdasan dan kemauan. Di sebuah kelas, guru mengumpulkan orang pintar dalam satu kelas. Dalam pengamatan jangka panjang, di masa depan ternyata mereka yang punya kemauan yang kuat yang akan sukses. Yang hanya pintar malah biasa saja.

Karakteristik kemauan yang kuat memang ada dalam setiap karakteristik individu, namun karakteristik ini bisa ditingkatkan. Mau menunda kebahagiaan sesaat untuk kebahagiaan jangka panjang atas imbalan kerja keras sering menjadi faktor kesuksesan seseorang. 

5. Fokus dan pegang erat motivasi intrinsik

Sukses dalam Kehidupan? Ilmu Psikologi Memberikan 5 Langkah Jitu IniPexels/AndreaPiacquadio

Jika kamu mampu melakukan suatu hal dan kamu menikmatinya, sebab kamu sadar punya keinginan melakukannya terus dan menikmati setiap prosesnya. Maka itulah motivasi intrinsik.

Insentif telah berhasil menjadi indikator kesuksesan kerja, namun motivasi intrinsik berhasil menilai kualitas kerja. Untuk itu sangat perlu menjaganya dengan memahami diri sendiri seperti menjaga rasa penasaran dan tidak takut akan kompetisi.

Tidak ada ukuran keberhasilan tunggal makanya tidak ada jawaban tunggal untuk kesuksesan dalam hidup. Untuk itu, kembangkan dan pilihlah langkah terbaik demi meraih kesuksesan yang kamu inginkan dalam hidupmu.

Baca Juga: 5 Alasan Rutin Berolahraga Bisa Bermanfaat untuk Kesuksesan Karier

Basri Pakpahan Photo Verified Writer Basri Pakpahan

Pekerja Teks Komersial

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya