Comscore Tracker

6 Hal yang Kadang Gak Kita Apresiasi, tapi Berharga untuk Orang Lain

Sudah bersyukur?

Kita sering menganggap bahwa kekayaan dan kenikmatan dalam hidup kita adalah pemberian, tapi lupa bahwa banyak saudara-saudara kita lainnya hidup dengan kebutuhan dasar yang sulit diperoleh.

Hal sederhana dalam hidup yang kita abaikan dan tidak pernah disyukuri seperti keluarga, teman, dan rumah yang nyaman, adalah kemewahan di belahan dunia lain. Ada banyak orang yang tidak seberuntung kamu sepanjang perjalanan hidup mereka.

1. Keluarga yang mencintai

6 Hal yang Kadang Gak Kita Apresiasi, tapi Berharga untuk Orang Lainpexels.com/J carter

Kita mungkin merasa risi atau bahkan tidak suka sebagai anak saat orang tua kita mencoba mendisiplinkan atau mengajari kita tata krama yang baik. Tapi kita harus berterima kasih kepada mereka atas semua cinta dan usaha tak kenal lelah untuk membesarkan kita sebagai orang baik.

Punya keluarga yang mencintai adalah sesuatu yang patut disyukuri, ingat ada jutaan anak-anak yatim piatu di dunia yang tidak memperoleh cinta dan perhatian seperti yang kita peroleh.

2. Rumah yang nyaman

6 Hal yang Kadang Gak Kita Apresiasi, tapi Berharga untuk Orang Lainpexels.com/bruce mars

Dalam dunia yang serba modern sekarang ini, kita kadang lupa pentingnya punya tempat tinggal di mana kita bisa tidur dengan nyaman dan lelap meski sederhana.

Ada banyak orang-orang yang harus menghabiskan malam tidur tanpa rumah dan lainnya tidak punya hunian yang layak. Diperkirakan bahwa masalah tunawisma akan semakin memburuk di masa mendatang.

3. Air yang bersih

6 Hal yang Kadang Gak Kita Apresiasi, tapi Berharga untuk Orang Lainpexels.com/Chaucharanje

Banyak dari kita beranggapan bahwa air bersih bisa diperoleh hanya dengan memutar keran. Oleh sebab itu, kita kadang tidak terlalu peduli berapa banyak air yang kita sia-siaka.

Padahal, satu dari tiga orang di dunia tidak punya akses air bersih. Diperkirakan pada masa depan, banyak populasi dunia akan tinggal di wilayah yang kekurangan air. Tindakan kita yang menggunakan air dengan bijaksana akan berdampak baik untuk kehidupan masa mendatang.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Bersyukur Punya Sahabat yang Gak Kepo

4. Udara yang bersih

6 Hal yang Kadang Gak Kita Apresiasi, tapi Berharga untuk Orang Lainpexels.com/VisionPic.net

Tidak seorang pun menolak diberi udara bersih untuk bernapas. Tapi kita justru berlomba-lomba untuk hidup sejahtera yang berdampak buruk pada udara untuk kita bernapas.

Beberapa negara, dengan aturan hukum yang kaku, sudah mampu mengendalikan polusi udara, sementara orang-orang di negara dengan aturan hukum lebih longgar terpaksa memakai masker di luar ruangan dan menggunakan pembersih udara di rumah.

5. Pendidikan yang baik

6 Hal yang Kadang Gak Kita Apresiasi, tapi Berharga untuk Orang Lainpexels.com/Pixabay

Meski pendidikan adalah hal paling penting untuk orang-orang di seluru dunia agar bisa berkembang, tapi tidak mudah diakses setiap orang, terlebih jika tinggal di lingkungan miskin atau jauh dari peradaban.

Jutaan anak-anak usia sekolah justru terlantar, dan jutaan orang dewasa lain tidak bisa membaca. Jadi, bagi kita yang bisa bersekolah dengan baik dan terdidik, syukuri hal itu dan berusahalah yang terbaik agar terus berkembang.

6. Hidup dengan sehat

6 Hal yang Kadang Gak Kita Apresiasi, tapi Berharga untuk Orang Lainpexels.com/Pixabay

Jika kamu atau anggota keluargamu punya hidup yang relatif sehat atau punya akses fasilitas kesehatan yang baik, kamu bisa menganggap dirimu beruntung dan patut bersyukur.

Setidaknya setengah populasi dunia tidak bisa akses layanan kesehatan yang layak. Bahkan, jika punya akses pun, biaya yang dikenakan pun sangat mahal. 

Adakah hal lain dalam hidup yang harusnya kita syukuri, tapi sering kita anggap angin lalu?

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sulit Bersyukur

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You