Comscore Tracker

Jarang Disadari, 5 Kesalahan Saat Ngobrol Santai dengan Teman

Kesalahan yang bisa terjadi dalam sikap dan tutur kata

Semakin sering orang berkomunikasi, baik itu dengan teman, rekan kerja, atau pacar, maka cenderung akan muncul kesalahan dalam sikap atau kalimat yang membuat hubungan antar pribadi tersebut menjadi canggung, bahkan rusak.

Kemungkinan terbesar adalah penggunaan kalimat yang dirasa menyinggung, dan membuat orang enggan lagi ngobrol atau bahkan bergaul. Apa saja kesalahan itu?

1. Ingin menunjukkan kuasa atau kehebatan diri sendiri

Jarang Disadari, 5 Kesalahan Saat Ngobrol Santai dengan Temanpexels.com/Andrea Piacquadio

Keinginan untuk menunjukkan kuasa atau kehebatan bukanlah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan teman. Jika kamu merasa ada seseorang yang melakukan hal tersebut padamu, pastikan pertahankan dirimu. Temukan argumen untuk mendukung posisimu saat ini, tapi dengan cara yang baik dan tak kasar.

2. Menganggap hal yang dibahas lawan bicara tak penting

Jarang Disadari, 5 Kesalahan Saat Ngobrol Santai dengan Temanpexels.com/Tirachard Kumtanom

Saat ngobrol dengan teman, lebih baik bahas hal-hal yang bisa menyatukan kalian. Sebagai contoh, jika temanmu menceritakan suatu hal yang penting menurut mereka tapi kamu tak tertarik, jangan langsung menyela karena akan membuat mereka merasa tak dihargai. Gunakan cara yang sopan untuk memberitahu mereka bahwa kamu lebih ingin membahas hal lain.

Baca Juga: 5 Kesalahan Diri Ini Bikin Orang Cepat Merasa Bosan Ngobrol Denganmu

3. Merasa berada di posisi lebih baik

Jarang Disadari, 5 Kesalahan Saat Ngobrol Santai dengan Temanpexels.com/Christina Morillo

Merasa diri sendiri lebih baik adalah cara paling ampuh untuk kehilangan teman. Saat orangtua melarang anaknya melakukan sesuatu, hal tersebut bisa dipahami. Tapi jika kamu bertindak seolah posisimu lebih baik dari lawan bicara, itu adalah tanda supremasi dan arogansi, perilaku yang bisa dianggap menjijikkan.

4. Menjadi tukang atur apa yang dianggap terbaik

Jarang Disadari, 5 Kesalahan Saat Ngobrol Santai dengan Temanpexels.com/Jopwell

Salah satu tindakan paling tercela adalah saat orang lain mengatur hal-hal yang dianggap layak untuk lawan bicaranya, seolah-olah itu adalah karena rasa peduli. Ada orang yang tampaknya ingin yang terbaik buat kamu. Tapi faktanya, mereka tak ingin kamu bebas menentukan nasib sendiri dan khawatir pilihan itu sukses.

5. Merasa lebih tahu banyak hal

Jarang Disadari, 5 Kesalahan Saat Ngobrol Santai dengan Temanpexels.com/Tim Gouw

Memang tak pernah menyenangkan jika kamu berbicara dengan orang yang menganggap diri mereka lebih cerdas dan lebih baik darimu. Merasa tahu banyak hal bukanlah cara yang baik untuk membangun hubungan langgeng dengan orang lain.

Pernahkah kamu bergaul dengan seseorang yang jika bicara mengganggu? Bagaimana cara kamu mengatasinya?

Baca Juga: 5 Ciri Teman Ngobrol yang Gak Asyik, Kamu Bukan nih? 

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya