Comscore Tracker

5 Detail Penampilan yang Membentuk Kesan Pertama pada Orang Lain

Kesan pertama memang harus menggoda

Meski kesan pertama kadang dianggap tidak selalu benar, tapi hal tersebut adalah satu-satunya yang bisa dinilai pertama kali, misalnya dalam sebuah wawancara, kencan pertama, atau bertemu calon mertua. Maka, lebih baik untuk menyiapkan diri untuk pertemuan-pertemuan tersebut sebaik mungkin.

Berikut adalah bagaimana kesan pertama terbentuk dan dampak penampilan kita terhadap cara orang menilai.

1. Merk Pakaian

5 Detail Penampilan yang Membentuk Kesan Pertama pada Orang Lainpexels.com/freestocks.org

Orang-orang menilai satu sama lain lewat penampilan. Kesan pertama tentang seseorang terbentuk dari apa yang mereka kenakan.

Menurut hasil riset, memakai pakaian dari merek terkenal meningkatkan status seseorang yang mengenakannya. Orang-orang akan menganggap mereka hidupnya sejahtera.

Orang-orang menganggap mereka yang mengenakan pakaian dari merek terkenal tingkat pendapatannya di atas rata-rata orang pada umumnya.

2. Ekspresi Wajah

5 Detail Penampilan yang Membentuk Kesan Pertama pada Orang Lainpexels.com/Moose Photos

Ekspresi wajah kekanak-kanakan membuat orang tampak lebih menarik dan bisa dipercaya. Pada tingkat tertentu, kita menganggap bahwa orang dengan baby-face punya kepribadian jujur, baik, dan polos.

Kita seolah ingin melindungi dan mendukung orang-orang tersebut. Hal ini adalah sebagian alasan wajah baby-face sering dianggap tidak diabaikan dan tidak diberi tanggung jawab besar.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Agar Kamu Disukai Keluarga Pasangan pada Pertemuan Pertama

3. Pandangan Mata

5 Detail Penampilan yang Membentuk Kesan Pertama pada Orang Lainpexels.com/Samantha Garrote

Orang-orang merasa jika seseorang yang melihat ke mana-mana selama percakapan, artinya mereka adalah orang yang kurang perhatian dan berpotensi berbohong pada satu sama lain.

Tapi dalam kenyataan, bisa jadi hal itu adalah tanda sifat pemalu, kita harus perhatikan hal itu juga. Kita tidak boleh menilai sepihak, tapi kita bisa tanya pada orang lain apakah mereka merasa tidak nyaman saat bercakap-cakap.

4. Gaya Rambut

5 Detail Penampilan yang Membentuk Kesan Pertama pada Orang Lainpexels.com/Midia

Ada riset yang menunjukkan bahwa wanita sangat sensitif terhadap rambut orang lain. Warna, panjang, ketebalan, jenis gaya rambut, dan kualitas lainnya adalah penilaian yang penting bagi wanita. Mereka menggunakan hal tersebut untuk menggambarkan orang lain, seperti umur seseorang dan kondisi kesehatan mereka.

5. Gaya Bicara

5 Detail Penampilan yang Membentuk Kesan Pertama pada Orang Lainpexels.com/nappy

Orang-orang menganggap mereka adalah pribadi aktif dan ceria saat membagikan cerita tentang diri sendiri, dan hal itu akan membantu membuat kesan pertama yang bagus.

Tapi faktanya, menurut riset, orang-orang yang lebih banyak bertanya justru lebih menarik dibanding mereka yang bicara. Mereka yang lebih banyak bertanya selama percakapan terlihat lebih peduli dan memahami orang lain.

Mana gaya penampilan yang mempengaruhi kamu menilai kesan pertama seseorang? Apakah hal itu sesuai dengan dugaanmu?

Baca Juga: 7 Tips Memberi Kesan Pertama yang Baik Saat Ketemu Orang Baru

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You