Comscore Tracker

6 Cara Gak Terduga untuk Membuat Orang Terdekatmu Bahagia

Siapa yang gak mau coba?

Hadiah dan senyuman itu memang hal yang bagus serta menyenangkan. Semua hal "standar" itu menyenangkan, walau masalahnya itu cukup terduga dan diharapkan orang. Kalau kamu benar-benar ingin seseorang mendapatkan hari terbaiknya, lakukan yang gak terduga. Gak sulit kok. Hal-hal sederhana akan bisa berdampak dalam jangka waktu sangat lama. Yang dibutuhkan hanya sedikit kebijaksanaan dan usaha kecil. Inilah 6 cara gak terduga untuk membuat orang di sekitarmu mendapatkan hari terbaik mereka!

1. Jadilah bijaksana, karena kamu memang bisa

6 Cara Gak Terduga untuk Membuat Orang Terdekatmu Bahagiacosmeticdentistofmichigan.com

Suatu hari seorang pria pergi ke bengkel untuk mengganti oli mobilnya. Di sana ia dikomentari oleh montirnya karena bannya bagus tapi tampak sangat kotor. Berencana untuk mencuci mobilnya setelah ganti oli, montir tersebut menghampirinya karena ganti oli sudah selesai, sekaligus bannya sudah dibersihkan sekinclong mungkin. Saat diberi tahu bahwa montir tersebut gak harus melakukannya, montir itu mengatakan bahwa bengkelnya sedang gak terlalu sibuk jadi bisa melakukannya. Akhirnya pria tersebut membeli kue dari toko terdekat dan membagikannya ke semua karyawan di bengkel tersebut.

Perbuatan seseorang yang sederhana bisa melegakan sepanjang hari kita. Jadi kita bisa melakukan hal yang sama, karena kebaikan itu akan terus berputar. Daripada selalu memanfaatkan waktu nganggurmu untuk "me time", ada baiknya sesekali kamu menggunakannya untuk menyenangkan orang lain. Bukan karena harus, tapi karena kamu bisa.

2. Katakan sesuatu yang bagus tentang sesuatu yang lama

6 Cara Gak Terduga untuk Membuat Orang Terdekatmu Bahagiawallpaperscraft.com

Memang terasa menyenangkan ketika mendapatkan pujian atas sesuatu yang kamu lakukan. Bahkan terasa lebih menyenangkan ketika seseorang berterima kasih lagi tentang sesuatu yang sudah terjadi dalam waktu lama. Karena bukan hanya mereka menghargai tindakanmu, tapi mereka rela terus mengingatnya. Jadi lakukan lah hal yang sama. Temukan seseorang yang bisa kamu sampaikan terima kasih untuk sesuatu yang mereka lakukan waktu dulu padamu. Percayalah bahwa semua orang sangat suka diingat.

3. Katakan siapa yang merekomendasikannya padamu

6 Cara Gak Terduga untuk Membuat Orang Terdekatmu Bahagiaeatrealcafe.com

Ketika kamu mendapat rekomendasi tempat makan, hiburan atau apapun dari temanmu, sampaikan itu pada pemiliknya. Sampaikan bahwa kamu mendapat rekomendasi jadi harus banget mencobanya. Orang tersebut akan merasa senang karena seperti mendapat 2 pujian langsung, satu dari kamu dan satu dari teman yang mereferensikan padamu. Gak hanya itu, temanmu akan senang karena kamu menghargai pendapat mereka dengan mengikuti rekomendasi mereka.

Baca juga: 5 Cara Ini akan Membuatmu Jadi Seorang Jenius yang Kreatif

4. Berikan pujian pada sesuatu yang gak kamu duga akan dipuji

6 Cara Gak Terduga untuk Membuat Orang Terdekatmu Bahagiasiewyen.com

Suatu hari ada seorang pelanggan kafe yang marah-marah karena kartu kreditnya sendiri ditolak oleh mesin pembayaran. Pria tersebut memarahi kasirnya yang masih SMA dan bekerja paruh waktu di sana, ia mengancam akan menjelekkan nama toko ini di media sosial. Namun anak SMA tersebut tetap ramah dan profesional. Setelah pria itu pergi, seorang nenek di antrian berikutnya memujinya bahwa ia sangat bagus dalam menanganinya dan pria tersebut memang menyebalkan. Kasir tersebut langsung berterima kasih, tersenyum dan melanjutkan kerjanya lagi dengan semangat.

Setiap hari, orang di sekitarmu melakukan hal-hal baik. Kebanyakan orang tersebut gak bekerja untukmu, bahkan gak ada hubungannya sama sekali denganmu, baik profesional maupun personal. Pujilah mereka untuk sesuatu yang gak bakal mereka duga. Yang terduga akan terasa menyenangkan. Yang gak terduga akan memberikan dampak besar yang berlangsung sangat lama.

5. Sadari ketika seseorang melakukan suatu hal yang berbeda

6 Cara Gak Terduga untuk Membuat Orang Terdekatmu Bahagiapinterest.jp

Label dan status sosial itu membuat sosok seseorang menjadi aman di masyarakat. Di lain sisi, mengambil risiko di luar kewajaran itu adalah hal yang susah, apalagi kalau orang tersebut dipenuhi kecemasan. Jadi sampaikan padanya ketika kamu melihat seseorang mencoba sesuatu yang berbeda dari kebanyakan. Puji usahanya, hargai risiko yang ia ambil. Meskipun sesuatu yang baru tersebut gak berhasil, mereka akan tahu bahwa kamu menyadarinya. Semua orang suka jika disadari soal perubahan yang mereka ambil. Mereka juga akan tahu bahwa kamu menghargai hal yang mereka coba.

6. Berikan seseorang penghargaan, meskipun mereka belum layak mendapatkannya

6 Cara Gak Terduga untuk Membuat Orang Terdekatmu Bahagiadunnsdojo.com

Seorang anak muda berlatih karate saat ia masih di kelas 9. Ia merasa gak pede dan terintimidasi oleh rekannya yang lain. Seminggu berjalan, anak itu mendengar sang pelatih berkata pada para senior sambil menunjuk ke arahnya, "anak itu akan jadi juara nasional saat sudah jadi senior nanti." Meskipun itu masih jauh, seketika anak tersebut langsung termotivasi dan semangat itu terjaga dalam waktu lama.

Ketika kamu sedang melihat seseorang bersusah payah untuk berjuang, berikanlah mereka harapan. Biarkan mereka tahu bahwa kamu bisa melihat potensi yang mereka sendiri belum bisa melihatnya. Meskipun kadang kamu sendiri pun belum bisa benar-benar melihatnya. Gak ada salahnya kan? Rasa percaya adakag kekuatan yang benar-benar luar biasa. Ketika seseorang percaya pada kita, itu teringat selamanya.

6 Cara Gak Terduga untuk Membuat Orang Terdekatmu Bahagiaalignthoughts.com

Gak sulit melakukannya kan? 6 contoh di atas hanya membutuhkanmu untuk memposisikan diri pada sudut pandang orang lain. Yang jelas, jika kamu suka mendapat perlakuan baik tertentu dari orang lain, gak ada salahnya kan kamu melakukannya juga untuk orang lain? Terima kasih ya karena sudah membaca tulisan ini, kamu membuat tim IDN Times senang karena menghargainya dengan membacanya. Have a nice day!

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Kamu Ingat Saat Kamu Gak Yakin Sama Diri Sendiri

Topic:

Berita Terkini Lainnya