Comscore Tracker

7 Kebijaksanaan yang Harus Dimiliki Semua Orang Agar Indonesia Lebih Damai

Kerukunan itu bukan cuma mimpi kok

Betapa menyedihkannya bila kita sebagai orang Indonesia yang memiliki begitu banyak keanekaragaman harus dengan mudah terprovokasi. Apalagi jika terkait agama, walaupun agama bukan permasalahan utamanya. Seseorang yang melakukan tindak kejahatan, begitu diketahui agamanya apa, malah agamanya yang menjadi sasaran pembahasan. Tentu saja itu dapat memicu perpecahan karena men-generalisasikan agama hanya karena perbuatan seseorang yang bahkan seakan tidak menjalankan nilai-nilai dalam agamanya. Berikut adalah tujuh kebijaksanaan yang perlu dimiliki seluruh umat beragama agar tetap dalam damai bersama...

1. Semua agama yang diakui negara itu mengajarkan kebaikan, tiap perilaku tergantung individunya.

7 Kebijaksanaan yang Harus Dimiliki Semua Orang Agar Indonesia Lebih Damaimoral-politik.com

TIDAK ADA satupun agama yang mengajarkan kekerasan, penyerangan atau apapun bentuk kejahatan lainnya. Membela diri dengan benar ketika ada penyerangan itu manusiawi dengan catatan tidak membalas dengan keburukan juga. Perlu diketahui bahwa siapapun yang melakukan penyerangan, apapun agamanya, itu sama saja dengan perilaku tidak beragama, tindakannya mencerminkan dirinya sendiri, bukan agamanya.

2. Kita tidak bisa merubah orang lain, kita hanya bisa merubah diri sendiri untuk membuat sesuatu lebih baik.

7 Kebijaksanaan yang Harus Dimiliki Semua Orang Agar Indonesia Lebih Damaipi-piecesofpeace.blogspot.co.id

Sekencang-kencangnya kita berteriak dan sekeras-kerasnya kita mencambuk seseorang, kita tidak dapat mengubah seseorang kecuali dia menghendakinya sendiri. Jadi buat apa kita memaksakan kehendak dengan menghabiskan energi negatif untuk menarik seseorang agar memiliki pemikiran yang sama, kita bisa merubah dunia lebih baik dengan memulai perubahan dari diri kita sendiri dulu. Mencontohkan sesuatu yang baik lebih bermanfaat daripada sekedar berkoar-koar.

3. Kerusakan yang dilakukan pada kita adalah kesempatan bagi orang lain mengamalkan kebaikan.

7 Kebijaksanaan yang Harus Dimiliki Semua Orang Agar Indonesia Lebih Damaiuriseapac.org

Sering ada banyak kerusakan atau anarkisme yang dilakukan pada golongan tertentu oleh golongan tertentu dan label ataupun atribut pada pelakunya adalah yang menjadi sasaran bulan-bulanan amukan masyarakat. Label atau atribut itu seperti misalnya agama, suku, ras ataupun kota asal. Kita tidak bisa semudah itu merubah pola pikir para perusak itu, kita hanya bisa menghukumnya. Dan sebaiknya kita tidak fokus pada kerusakan yang ditimbulkan golongan perusak itu yang malah membuat kita menyalahkan agama atau sukunya. Jika kita ambil positifnya, justru kerusakan yang terjadi adalah kesempatan bagi orang lain untuk membangun kembali sesuatu yang baik. Ingat bahwa kita tidak bisa memaksa para perusak tersebut untuk tidak melakukan yang mereka telah lakukan. Contoh dari poin ini adalah seperti berikut:

7 Kebijaksanaan yang Harus Dimiliki Semua Orang Agar Indonesia Lebih Damaiidntimes.com

Baca Juga: Orang Baik Ya Orang Baik Saja, Apapun Agamanya!

4. Agama dan ibadah adalah milik kita masing-masing, kepercayaan tidak dapat dipaksakan.

7 Kebijaksanaan yang Harus Dimiliki Semua Orang Agar Indonesia Lebih Damaibbc.com

Tidak jarang kadang pun ada pertengkaran dalam agama yang sama namun beda golongan. Apapun agamanya termasuk antar agama, ibadah adalah urusan kita masing-masing sebagai individu dengan Tuhannya. Tidak seharusnya kita menunjuk di depan umum bahwa sesuatu itu dosa atau haram, mengingatkan pun ada etikanya tersendiri, namun tetap saja urusan amal baik dan buruk itu adalah tanggung jawab masing-masing, kecuali memang nyata-nyata merugikan orang lain.

5. Kita membawa nama agama kita, tunjukkan bahwa kita sosok yang baik sebagai perwakilannya.

7 Kebijaksanaan yang Harus Dimiliki Semua Orang Agar Indonesia Lebih Damaiprageru.com

Sudah tahu kan kalau seseorang melakukan sesuatu yang buruk maka bisa saja agama atau sukunya kecipratan nama buruk? Maka jaga perilaku kita sebagai umat dari agama kita masing-masing. Biarlah orang lain dengan perilaku buruk mendapat ganjarannya, kita tetap harus menjaga perilaku, ucapan dan tiap keputusan kita atas nama agama dan segala sesuatu yang kita pegang namanya.

6. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

7 Kebijaksanaan yang Harus Dimiliki Semua Orang Agar Indonesia Lebih Damaifacebook.com

Pepatah lama ini akan berlaku sampai kapanpun, selama umat manusia tetap ada. Kita tidak bisa memilih dilahirkan di keluarga mana, pada suku apa atau dalam kondisi apa. Semua orang itu sama, mendapat hak hidup yang seharusnya sama persis. Untuk bisa bertahan bersama dalam kondisi dunia yang naik turun di berbagai sektor, kerukunan harus tercipta, hanya dengan begitu sebuah negara bisa bertahan. Kalau di dalam negara saja berseteru, bagaimana bisa siap menghadapi gejolak dunia?

7. Saling berbagi itu salah satu hal paling indah di dunia.

7 Kebijaksanaan yang Harus Dimiliki Semua Orang Agar Indonesia Lebih Damaiwarpsummit.org

Kita tidak bisa memiliki semua yang ada di dunia ini. Tidak dipungkiri, kita butuh untuk berbagi satu sama lain. Saling berbagi adalah salah satu hal yang paling indah di dunia, yang hewan saja dapat melakukannya. Sebagai makhluk berakal dan berbudi pekerti luhur, kita perlu menunjukkan kualitas yang luar biasa dalam sebuah persatuan, lewat indahnya berbagi. Indah kan jika kita benar-benar secara luas saling berbagi satu sama lain.

Kitalah generasi penerus pemimpin bangsa, kita harus kuat dalam persatuan dan tidak mudah terprovokasi dengan apapun. Selalu ingat bahwa tiap agama mengajarkan kebaikan dan keburukan itu datangnya dari tiap individunya masing-masing. Kita bisa mengembalikan Indonesia yang dulu bersatu untuk merdeka dalam Bhinneka Tunggal ika. Ya, Kita bisa!

Baca Juga: Stop! Jangan Pernah Berdebat Tentang Agama di Sosial Media!

Topic:

Berita Terkini Lainnya