Comscore Tracker

5 Gaya Hidup Wartawan Wanita Indonesia yang Inspiratif Banget

Ada idolamu?

Selamat hari pers! Memperingati hari spesial ini, IDN Times akan mengangkat 5 nama wartawan wanita Indonesia inspiratif yang perlu kamu tahu. Kiprah mereka di dunia jurnalistik gak main-main. Siapa saja mereka? Baca selengkapnya di sini!

1. Rosianna Silalahi

5 Gaya Hidup Wartawan Wanita Indonesia yang Inspiratif Banget instagram.com/silalahirosi

Pemimpin redaksi dari news channel Kompas TV ini memiliki nama lengkap Rosianna Magdalena Silalahi. Wanita kelahiran Pangkal Pinang, Bangka Belitung, 26 September 1972 ini menggeluti dunia jurnalistik sejak di bangku SMA. Hingga akhirnya ia berkiprah menjadi presenter berita dan sempat menjadi mantan pemimpin redaksi Liputan 6 SCTV.

Sempat gagal masuk FISIP Universitas Indonesia, ia menyelesaikan sarjananya di Jurusan Sastra Jepang UI. Awal karirnya dimulai sebagai reporter di TVRI. Ia mulai menjadi pembaca berita di Liputan 6 SCTV dan karirnya terus melonjak naik. Berbagai penghargaan ia terima setelah itu.

5 Gaya Hidup Wartawan Wanita Indonesia yang Inspiratif Banget instagram.com/silalahirosi

Melalui acara "Rossy", wanita ini menunjukkan bahwa ia bisa bertransformasi dan beradaptasi menjadi karakter yang baru, untuk merangkul masyarakat yang lebih luas. Ia yang dulunya dikenal tegas, serius dan garang saat menjadi pembaca berita, kini berkarakter lebih kasual, santai tapi tetap menjaga wibawanya.

2. Petty S. Fatimah

5 Gaya Hidup Wartawan Wanita Indonesia yang Inspiratif Banget imgrum.org

Editor in Chief Femina Magazine sejak 2003 ini membawa perusahaannya meraih Best Brand kategori majalah wanita dari tahun 2008 sampai 2011. Dalam kepemimpinannya, Femina juga berhasil meraih Best Community Sevice. Sebelum di Femina, ia sempat menjadi Editor in Chief majalah Gadis selama 5 tahun.

Petty meraih gelar sarjananya di bidang Jurnalisme dari Universitas Padjadjaran. Sedangkan gelar magisternya, ia raih dalam bidang komunikasi pemasaran dari Universitas Indonesia. Ia juga sempat menyelesaikan kuliah singkatnya di Yale University dan Stanford University.

5 Gaya Hidup Wartawan Wanita Indonesia yang Inspiratif Banget femaledaily.com

Petty S. Fatimah memiliki semangat untuk menginspirasi agar wanita Indonesia bisa hidup lebih baik dan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan selanjutnya. Aktivitas yang paling senang ia lakukan adalah belanja, membaca dan hang out dengan teman-temannya.

Baca juga: Steve Jobs Menggunakan 7 Cara Simple Ini untuk Dapatkan yang Ia Mau

3. Najwa Shihab

5 Gaya Hidup Wartawan Wanita Indonesia yang Inspiratif Banget instagram.com/najwashihab

Najwa Shihab yang merupakan Duta Baca Indonesia dan Duta Pustaka Bergerak ini lahir di Makassar pada 16 September 1977. Dalam kesehariannya, ia biasa dipanggil Nana. Ia sempat mendapatkan penghargaan jurnalis terbaik dan beberapa kali mendapatkan nominasi presenter berita terbaik. Ia dua kali memenangkan penghargaan presenter talkshow terbaik. Profesionalitasnya gak hanya diakui di dalam negeri, tapi juga secara internasional.

Najwa adalah alumni Fakultas Hukum UI tahun 2000. Sewaktu masih SMA, ia mengikuti program AFS selama setahun di Amerika. Awalnya ia merintis karier di RCTI kemudian berlanjut ke Metro TV. Saat ini, programnya berada di bawah naungan Trans7.

5 Gaya Hidup Wartawan Wanita Indonesia yang Inspiratif Banget instagram.com/najwashihab

Dulunya salah satu impian terbesar Nana adalah menyelesaikan studi S3. Setelah ia memiliki anak, fokus utamanya adalah menjadi ibu yang sebaik mungkin untuk anaknya. Nana dikenal sangat suka membaca di waktu luangnya, yang membuatnya kaya akan informasi, gak heran ia dipilih sebagai Duta Baca Indonesia.

4. Balques Manisang

5 Gaya Hidup Wartawan Wanita Indonesia yang Inspiratif Banget twitter.com/ilc_tvonenews

Dikenal dengan nama Balques, wanita ini telah menjadi jurnalis TvOne sejak tahun 2008 hingga saat ini. Ia sempat mendapatkan kesempatan untuk belajar di Swedia karena prestasinya. Balques sempat mendapatkan masalah dengan salah satu narasumber ketika sedang live, namun itu justru menjadi pelajaran membangun bagi dirinya.

Balques merupakan lulusan Jurusan Mass Communication/Media Studies di London School of Public Relations Jakarta angkatan masuk 2003. Balques terlatih dalam hal broadcasting, jurnalisme, penulisan berita dan jurnalisme broadcast.

5 Gaya Hidup Wartawan Wanita Indonesia yang Inspiratif Banget twitter.com/balquesm

Balques selalu berpemahaman bahwa untuk menjadi seseorang yang sukses, kita perlu meletakkan diri kita pada lingkungan yang positif dan mendidik kita dengan baik. Ia membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi pribadi yang tangguh, terutama saat menanggapi komentar-komentar pedas di media sosial.

5. Tania Stephanie

5 Gaya Hidup Wartawan Wanita Indonesia yang Inspiratif Banget IDN Times/Rully Bunga

Tania Stephanie atau lebih akrab dipanggil dengan Tania adalah salah satu Editor senior di IDN Times yang lahir di Surabaya, pada 6 April 1992. Ia mulai merintis karirnya sebagai reporter lapangan di BeritaJatim.com. Kemudian berlanjut ke NOW! Bali sebagai reporter lapangan/fotografer. Sempat menjadi content writer karena harus fokus skripsi, Tania melanjutkan ke IDN Times hingga sekarang.

Wanita yang gigih ini merupakan alumni dari Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Kristen Petra Surabaya angkatan 2010. Ia sudah mulai aktif di dunia jurnalistik sejak 2013. Tugas yang paling memorable baginya adalah saat di NOW! Bali. Dari situ, ia memahami bahwa memang untuk meliput dan menulis sesuatu, sebaiknya kita mengalaminya langsung. Selain itu, Tania juga berpahaman bahwa dalam berprofesi sebagai wanita, jangan takut untuk berkiprah dalam ranah yang kamu sukai, terlepas dari apapun stereotipe di masyarakat.

5 Gaya Hidup Wartawan Wanita Indonesia yang Inspiratif Banget IDN Times/Rully Bunga

Tania yang hobi memasak ini biasa mengisi waktu luangnya dengan membaca atau menonton. Dalam profesinya, Tania menjunjung tinggi bahwa apa yang ia lihat dan ia tulis itu gak bisa dibeli dengan uang. Segala yang ditulis, difoto dan disampaikan adalah kisah nyata. Karena memang sebagai seorang jurnalis, wajib menyuguhkan fakta.

Itulah 5 wartawan wanita Indonesia inspiratif yang bisa kita contoh perjuangannya. Mereka telah memberikan sumbangsih mencerdaskan negeri ini melalui informasi yang membangun dan terjaga kevalidannya. Semoga ke depannya makin banyak generasi Indonesia yang profesional dan berprestasi pada bidang jurnalistik seperti mereka.

Baca juga: 7 Cara Bahagia yang Kebanyakan Orang Malu Melakukannya

Topic:

Berita Terkini Lainnya