Comscore Tracker

Sering Jadi Korban Utang Teman-Teman? Belum Pakai 5 Cara Ini Sih! 

Serba salah rasanya

Perutangan dalam lingkaran pertemanan adalah salah satu yang bisa bikin kepala pusing tujuh keliling. Mau kasih pinjam, tapi kita juga butuh. Kalau nggak kasih pinjam, takut dibilang pelit.Sekali mau menagih, eh yang ditagih malah lebih galak atau lebih jago ‘ngeles’. Jadi bingung deh harus gimana. Eits, santai aja! Kalau selama ini kamu keberatan karena jadi sering jadi korban utang, mungkin 5 trik ini bisa kamu pakai. Pasti selesai masalahnya!

1. Tunjukkan total tagihan utang dia ke kamu, lengkap dengan buktinya

Sering Jadi Korban Utang Teman-Teman? Belum Pakai 5 Cara Ini Sih! Shutterstock/baranq

Kamu bisa memulai usahamu dengan menunjukkan total tagihan utang padanya. Jangan lupa bukti seperti struk belanjanya ya, lengkap dengan tanggal dan waktu, ya jaga-jaga kalau dia pura-pura lupa. Tapi usahakan untuk bicarakan secara baik-baik ya, ingat jangan ngegas. Segala sesuatu yang bersinggungan dengan uang itu tergolong sensitif, ‘kan nggak lucu kalau ternyata pertemanan kalian bubar hanya karena utang.

2. Jangan ‘pamer’ kesuksesan, kamu berpotensi untuk diutangi mereka

Sering Jadi Korban Utang Teman-Teman? Belum Pakai 5 Cara Ini Sih! Shutterstock/Monkey Business Images

Hari gini siapa sih yang nggak mau sukses? Semua orang pasti mau, yang mungkin tanpa sadar sering kamu publikasikan di akun media sosialmu. IDN Times tau kok, kamu pasti bangga dengan segala upayamu hingga sesukses ini ‘kan? Tapi kamu harus waspada, kamu berpotensi untuk diutangi mereka lagi. Kalau kamu memang lagi banyak rezeki dan emang mau berbagi sih nggak masalah, lain cerita ya kalau ternyata orang ini ujung-ujungnya susah banget buat ditagih.

3. Kasih tahu cara gampang dalam bertransaksi ke dia

Sering Jadi Korban Utang Teman-Teman? Belum Pakai 5 Cara Ini Sih! Shutterstock/Jacob Lund

Nih, biasanya temen kamu ujung-ujungnya ngutang ke kamu, dan pas ditagih lewat chat bilangnya nanti nanti mulu! Alasan yang sangat klasik ya. Padahal walau mereka lagi nggak ketemu kita, ‘kan bukan berarti mereka nggak bisa bayar. Apalagi sekarang udah ada BCA Keyboard. Buat kamu pengguna BCA, kamu bisa bertransaksi hanya dengan smartphone-mu lho.

Dengan BCA Keyboard ini, semua transaksi jadi lebih mudah. Bahkan kamu bisa bertransaksi menggunakan BCA Keyboard sambil chatting lho. Cara mendapatkan BCA Keyboard ini tuh gampang banget. Kamu cukup download atau memperbaharui (update) aplikasi BCA mobile versi terbaru, lalu melakukan aktivasi fitur BCA Keyboard pada aplikasi BCA mobile. Jangan lupa memilih BCA Keyboard sebagai keyboard utama pada smartphone-mu. Jadi lain kali kalau kamu tagih temen kamu lewat chat, dia nggak ada alasan untuk nggak langsung transfer! 


Kalau dia masih nggak paham juga, klik di sini ya! Langsung paham deh, dijamin!

4. Kalau lagi nongkrong bareng, datang dan bayar duluan!

Sering Jadi Korban Utang Teman-Teman? Belum Pakai 5 Cara Ini Sih! Shutterstock/Odua Images

Selanjutnya, kalau kamu pergi atau nongkrong bareng teman kamu yang punya kebiasaan berutang, kayaknya harus melakukan langkah yang satu ini deh. Datanglah tepat waktu, langsung pesan makanan dan minuman yang kamu suka, dan bayar saat itu juga. Bukannya pelit, tapi ini bisa jadi satu-satunya ‘tameng’ kamu demi mengirit uang jajan. Nanti tinggal bilang deh “sorry ya guys, tadi gue pesen duluan. Kalian lama sih, keburu laper tau”. Aman ‘kan?

5. Terakhir, berani berkata “tidak”

Sering Jadi Korban Utang Teman-Teman? Belum Pakai 5 Cara Ini Sih! Shutterstock/loreanto


Nah, ini trik  terakhir sekaligus yang paling penting. Masalah teman berutang itu kuncinya ada di kamu. Nggak ada salahnya kok kalau kamu menolak dan berkata “tidak” saat temanmu mulai menunjukkan kebiasaan kurang baik ini. Apalagi kalau ia mulai sering meminjam uang kepadamu, bahkan saat kamu sendiri juga sedang ‘kanker’ alias kantong kering. Harus pintar-pintar baca situasi nih kamu.

Ok guys, itu dia trik buat kamu yang sering menghadapi teman yang hobi berutang. Sejauh ini, ada berapa orang sih yang utang ke kamu? Eh, atau kamu yang sering ngutang?

Topic:

  • Karsa Adiguna

Just For You