Comscore Tracker

7 Rekomendasi Buku 'Self-help' yang Bantu Hidupmu Lebih Baik

#ANGPOIN Agar kamu makin mantap jadi diri sendiri

Setiap manusia pasti ingin menjadi dirinya yang lebih baik. Banyak orang yang meyakini bahwa membaca buku adalah salah satu caranya. Selain mengandung banyak informasi, buku juga mampu mengubah hidup pembacanya.

Buku bisa mempengaruhi perspektif kita dalam melihat dunia, sikap kita terhadap orang-orang di dalamnya, juga bagaimana kita menjalani hidup kita sendiri. Buku juga seakan bisa berbicara langsung ke dalam jiwa dan mengatakan hal yang memang sedang kamu butuhkan.

Nah, berikut ini 7 buku self-help yang mampu mengubah hidupmu dan membantumu menjadi orang yang lebih baik.

1. The Four Agreements - Don Miguel Ruiz

7 Rekomendasi Buku 'Self-help' yang Bantu Hidupmu Lebih BaikAmazon.com

Buku ini merupakan buku self-help wajib sebagai panduan untuk hidup yang lebih bahagia. Rasanya tidak ada masalah hidup yang tidak berhubungan dengan four agreements ini.

Pada dasarnya buku ini adalah tentang empat janji yang harus kamu lakukan agar kamu lebih bahagia menjalani hidup. Setiap janji dijelaskan dengan cara yang akan membuatmu melihat dunia dan orang-orang di dalamnya dengan perspektif yang berbeda.

“Whatever happens around you, don't take it personally... Nothing other people do is because of you. It is because of themselves.”

2. The Subtle Art of Not Giving A F*ck - Mark Manson

7 Rekomendasi Buku 'Self-help' yang Bantu Hidupmu Lebih BaikAmazon.com

Ada banyak hal dalam hidup yang tidak perlu kita pedulikan atau kita beri perhatian. Seperti yang bisa kita tangkap dari judulnya, buku ini menunjukkan mengapa sebaiknya kita hanya mempedulikan hal-hal yang memang penting saja. Kebanyakan dari masalah dan stres yang kita alami itu berasal dari pikiran kita yang mempedulikan hal-hal yang salah.

Buku ini juga mengajarkan kita untuk berhenti mencoba selalu positif setiap saat. Sebaliknya, kita justru harus menyadari dan menerima hal negatif yang ada dalam hidup agar kita lebih lega dan bahagia.

"The desire for more positive experience is itself a negative experience. And, paradoxically, the acceptance of one's negative experience is itself a positive experience."

Baca Juga: 5 Buku Bagus untuk Melatih Pemikiranmu, Recommended Banget!

3. The Untethered Soul - Michael A. Singer

7 Rekomendasi Buku 'Self-help' yang Bantu Hidupmu Lebih BaikAmazon.com

Buku ini sangat tepat untuk para overthinker, orang-orang yang hidupnya kebanyakan berpikir. Buku ini menegaskan bahwa pikiran di kepala kamu itu bukanlah kamu. Suara yang kamu dengar di kepalamu itu bukanlah kamu.

Mereka hanya menumpang di kepalamu, seperti roommate untuk selamanya. Ketika kamu sudah bisa memisahkan antara pikiran dan perasaanmu dengan dirimu sendiri, kamu akan bisa merasakan damai dan ketenangan. Buku ini akan membantu sekali saat kamu merasa anxious akan hidup.

“Only you can take inner freedom away from yourself, or give it to yourself. Nobody else can.”

4. The Power of Now - Eckhart Tolle

7 Rekomendasi Buku 'Self-help' yang Bantu Hidupmu Lebih Baiktomaslau.com

Salah satu penyebab kita merasa hidup ini sulit adalah antara karena kita masih hidup di masa lalu atau kita yang terlalu takut akan masa depan. Buku ini membantu kita untuk mematahkan kesulitan itu dan mulai hidup di masa sekarang ini. Dengan fokus akan momen sekarang, kita akan benar-benar bisa merasa tenang dan cukup dengan hidup kita.

Buku ini cocok sekali untuk orang-orang yang masih hidup di masa lalu dan menantikan masa depan yang cerah, orang-orang yang khawatir dan stress akan hidupnya dan ingin memulai hidup dari awal, dari sekarang.

“Realize deeply that the present moment is all you have. Make the now the primary focus of your life.”

5. What I Know For Sure - Oprah Winfrey

7 Rekomendasi Buku 'Self-help' yang Bantu Hidupmu Lebih Baikthestorybookstore.com

Oprah seakan memiliki kekuatan di dalam kata-katanya untuk menyentuh hati dan membuat kita merasa kalau dia ada di samping kita. Seperti seorang Ibu, ia mampu menenangkan dan menghangatkan hati siapa pun yang membaca buku ini.

Ada banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari buku ini, seperti belajar untuk bersyukur, melakukan hal-hal yang kamu senangi dalam hidup, jangan membiarkan rasa takut mengontrolmu, hingga ajakan untuk menemukan dan melakukan tujuanmu. Buku yang bisa kamu ambil dan baca kapan saja ditiap kamu membutuhkannya. 

"What I know for sure is that every day brings a chance for you to draw in a breath, kick off your shoes, and step out and dance — to live free of regret and filled with as much joy, fun, and laughter as you can stand. You can either waltz boldly onto the stage of life and live the way you know your spirit is nudging you to, or you can sit quietly by the wall, receding into the shadows of fear and self-doubt."

6. The Alchemist - Paulo Coelho

7 Rekomendasi Buku 'Self-help' yang Bantu Hidupmu Lebih BaikAmazon.com

Salah satu buku Paulo Coelho yang paling terkenal. Buku ini adalah buku yang cocok untuk kamu para pemimpi. Sebuah buku spiritual yang membuatmu sadar bahwa hidup ini adalah petualangan, dan untuk meraih mimpimu, kamu membutuhkan kosistensi dan keberanian untuk menggapainya.

Buku ini mempercayai law of attraction, yaitu jika kamu menginginkan sesuatu, semesta akan bekerja sama untuk membantumu meraihnya.

"It's the possibility of having a dream come true that makes life interesting." 

7. The Life-Changing Magic of Tidying Up - Marie Kondo

7 Rekomendasi Buku 'Self-help' yang Bantu Hidupmu Lebih BaikAmazon.com

Sekarang ini, hampir semua orang pasti pernah mendengar Marie Kondo, konsultan berbenah asal Jepang dengan KonMari Method-nya. Seperti judulnya, buku ini berisi tentang seni untuk berbenah lengkap dengan urutannya.

Pada dasarnya ia mengajarkan satu hal penting, yaitu untuk menyimpan barang yang memang "sparks joy" dan melepaskan sisanya. Dikelilingi oleh benda-benda yang spark joy akan membuat kita lebih bahagia.

Dengan mengikhlaskan sisanya, kamu akan merasa lebih lega. Proses untuk membenahi dan melepaskan akan memberi efek detox bagi pikiran dan badan kita. Kamu pun akan lebih siap untuk segala perubahan yang akan terjadi di hidupmu.

“The question of what you want to own is actually the question of how you want to live your life.”

Itu dia 7 buku yang mampu mengubah hidup banyak pembacanya. Semoga buku-buku tersebut juga bisa mengubah hidupmu ya. Selamat membaca!

Baca Juga: Bukan Lagi Rencana, 5 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Rutin Baca Buku

Beatrice Aruan Photo Community Writer Beatrice Aruan

Writing makes me feel alive. Words heal me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You