Comscore Tracker

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Penulis Profesional!

Impianmu bukan, nih? Ayo mulai dari sekarang!

Menjadi penulis tampaknya impian bagi sebagian orang. Dengan iming-iming royalti yang melimpah, profesi penulis tampak menjanjikan. Tentu tidak salah jika kita ingin menjadi penulis karena motivasi materi, namun yang perlu diingat kita perlu membangun kebiasaan untuk bisa meraih kesuksesan sebagai penulis profesional.

Berikut 5 kebiasaan penulis yang bisa kita bangun untuk menjadi lebih profesional, karena hanya punya keinginan saja tidak cukup untuk membuat kita jadi penulis.

1. Menulis setiap hari

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Penulis Profesional!thriveglobal.com

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menjadi seorang ahli, kecuali dengan melatihnya terus menerus. Begitu juga dengan menulis, kita tidak bisa menjadi penulis yang baik tanpa kebiasaan menulis. Cobalah untuk menulis setiap hari, baik di media atau platform apa pun yang menurut kita sesuai.

Bisa dengan menulis hal sederhana, misalnya status di Facebook atau caption di Instagram. Lakukan terus menerus, secara rutin dan konsisten. Untuk tahap awal, apa pun bisa kita tulis, misalnya sesuatu yang ringan tentang keseharian. Lebih baik jika tulisan tersebut bisa menginspirasi, tapi jangan terlalu dipikirkan, yang penting tulis saja!

2. Bergaul dengan orang yang punya passion menulis

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Penulis Profesional!thebalancesmb.com

Bergaul dengan orang yang memiliki passion menulis akan membantu kita meningkatkan motivasi kita menjadi penulis. Selain itu, lingkungan memang memberikan pengaruh yang cukup signifikan terlebih ketika kamu merasa jenuh. Lingkungan yang mendukung bisa membangkitkan semangat kamu lagi.

Bangun atau gabung dengan komunitas menulis, bisa membantu kamu mendedikasikan waktu untuk menjadi penulis yang profesional. Komunitas itu bisa online maupun offline, tapi tetap sempatkan lakukan kopi darat meskipun komunitas online. Lebih baik jika kamu punya mentor yang bisa memberi masukan dalam setiap tulisanmu.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Mengapa Penting untuk Menggali Passion Lebih Dalam Lagi

3. Membaca sebanyak-banyaknya

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Penulis Profesional!entrepreneur.com

Ada quote paling nampol dari penulis paling produktif di dunia, Stephen King; “If you don’t have time to read, then you will don’t have the time to write.

Bagaimana mungkin kita punya waktu untuk menulis, kalau kita gak pernah sempatkan untuk membaca? Bagi seorang penulis, membaca ibarat asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk memberi inspirasi. 

Bacalah sebanyak mungkin, baca layaknya kamu seorang penulis. Pelajari bagaimana para penulis yang sukses dalam merangkai kata, memilih diksi dan hal teknis lainnya. Juga yang paling penting, bacalah untuk bisa mengolah rasa dari tulisan yang kita baca.

4. Menonton film seperti membaca buku

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Penulis Profesional!foghornnews.com

Kalau kamu mau jadi penulis, kamu mesti banyak nonton film. Begitulah quote populer Ray Bradbury, seorang sastrawan legendaris berkebangsaan Amerika. Tentu saja gak sekadar nonton film ya, kamu juga harus watch movie like a writer.

Pelajari bagaimana struktur cerita film tersebut, bagaimana alurnya. Dalami bagaimana karakter tokoh-tokoh di film tersebut dibangun, dan cermati tiap detail yang bisa membangun imajinasi kamu dalam menulis.

5. Jadikan menulis sebagai pekerjaan

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Penulis Profesional!makehappymemories.com

Hal terakhir yang paling penting yang bisa bikin kamu jadi penulis profesional, jadikan menulis sebagai pekerjaan. Lakukan semua dengan penuh gairah tanpa harus menjadi beban. Perbaiki kualitas tulisanmu setiap hari, terus menulis sebanyak kamu bisa.

Selain itu kamu juga harus kritis terhadap tulisanmu sendiri, di satu sisi kamu juga perlu melatih rasa percaya diri. Libatkan circle kamu untuk membangun kualitas tulisanmu. Komitmen dengan dirimu sendiri, jadwalkan tiap hari untuk menulis.

Begitulah kebiasaan yang bisa bikin kamu jadi penulis profesional. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu jadi penulis hebat ya. 

Baca Juga: 5 Ide Menulis yang Bisa Dicermati dari Medsos, Cobain Deh!

Begras Satria Photo Verified Writer Begras Satria

Pencari makna dalam belantara kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya