Comscore Tracker

5 Hal Penting dari Tokoh HAM Martin Luther King Jr., Teladan!

Pemenang Noble Prize termuda, lho!

Bagi pejuang rasisme atau aktivis lainnya, sosok Martin Luther King Jr. tidak pernah luput dari sorotan. King Jr. adalah sosok yang berani bersuara ketika dunia tidak sepihak dengan dirinya, dengan membela kebenaran.

Inilah 5 fakta penting mengenai sosok Martin Luther King Jr.!

1. Lahir di keluarga yang cukup mapan

5 Hal Penting dari Tokoh HAM Martin Luther King Jr., Teladan!washingtonpost.com

Dilansir Biography.com, Martin Luther King Jr. adalah anak ke-2 dari 3 bersaudara dari pasangan Christine dan Alfred Daniel Williams. Martin Luther lahir tepatnya di Atlanta, Georgia.

Ia dan keluarganya hidup di kompleks perumahan yang cukup memadai, yaitu Sweet Auburns. Martin Luther pun juga menempuh pendidikan yang tinggi, dengan gelar, kedokteran dan hukum.

2. Terinspirasi tokoh agama dari Jerman

5 Hal Penting dari Tokoh HAM Martin Luther King Jr., Teladan!sporcle.com

Nama asli Martin Luther King Jr. adalah Michael King Jr. Namun, pada tahun 1930, kembalinya sang ayah dari seminar di Jerman mengganti namanya dan anaknya menjadi Martin Luther King Jr. dan Martin Luther King Sr. di liput oleh DW. 

Sosok Martin Luther King adalah tokoh reformasi gereja Kristen di abad ke-16.

Baca Juga: 5 Perempuan Aktivis HAM Paling Berpengaruh di Indonesia

3. Mengalami depresi

5 Hal Penting dari Tokoh HAM Martin Luther King Jr., Teladan!thesixfifty.com

Martin Luther King Jr. tidak pernah berhenti menyuarakan suaranya membela yang benar. Meskipun hal yang harus di terima Martin Luther King Jr. adalah keluar masuk penjara. Sebagaimana diberitakan CNN, Martin Luther King Jr. yang sempat mendekam dipenjara Birmingham ini mengalami depresi. 

Berdasarkan The Times Herald, Martin Luther King Jr. pun sempat mengalami beberapa ancaman pembunuhan termasuk pada tahun 1958, namun Martin Luther King Jr. menyimpan apa yang dia alami. 

4. Pemenang Nobel Prize termuda

5 Hal Penting dari Tokoh HAM Martin Luther King Jr., Teladan!telegraph.co.uk

Martin Luther King Jr. menjadi pemenang Nobel Prize termuda untuk perdamaian. Martin Luther King Jr. mendapatkan nobel prize di usianya yang ke-35 dan mendapatkan uang sebesar $54,123 atau setara 763 juta rupiah.

Namun, Martin Luther King Jr. tidak menyimpan hasil kemenangan itu sendiri, melainkan menyumbangkan uang tersebut untuk pergerakan keadilan manusia lainnya.

5. Terinspirasi oleh Mahatma Gandhi

5 Hal Penting dari Tokoh HAM Martin Luther King Jr., Teladan!historynewsnetwork.org

Perjuangan King Jr. soal HAM ini terinspirasi oleh Mahatma Gandhi di mana ia masih berusia 19 tahun ketika Mahatma Gandhi meninggal. Namun, Martin Luther terinspirasi oleh cara Gandhi yang tidak menggunakan kekerasan.

Meski kini telah tiada Martin Luther King Jr. dan Mahatma Gandhi sama-sama dikenang oleh kebanyakan orang dari segala sisi. 

Martin Luther King Jr. dihargai di seluruh dunia khususnya pada Senin ke-3 bulan Januari. Hari itu adalah hari Nasional Amerika Serikat yang ditandatangani oleh Presiden Ronald Reagan pada tahun 1983.

Baca Juga: Ini Fakta-Fakta Kerusuhan 21-23 Mei Hasil Investigasi Komnas HAM

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya