Comscore Tracker

Berhenti Menyalahkan Dirimu Sendiri dengan 5 Cara Ini, Yuk Coba!

Saatnya belajar menghargai dirimu sendiri

Dalam hidup kamu tentu pernah merasakan kegagalan. Hal tersebut sebenarnya adalah hal yang wajar, tapi gak bisa dipungkiri ada beberapa orang yang cenderung sangat mudah menyalahkan dirinya sendiri terlebih jika sudah berada dalam kondisi tertekan. Apa kamu salah satunya?

Menyalahkan diri sendiri memang bisa saja muncul sebagai reaksi adanya rasa kecewa karena merasa gak mampu mencapai suatu hal yang diinginkan. Namun, kalau dibiarkan terus-menerus tentu saja sikap tersebut akan berdampak negatif.

Nah, berikut 5 cara yang bisa diterapkan agar kamu bisa berhenti menyalahkan diri sendiri.

1. Mulailah berhenti membandingkan pencapaianmu dengan orang lain 

Berhenti Menyalahkan Dirimu Sendiri dengan 5 Cara Ini, Yuk Coba!pexels.com/Nick Bondarev

Saat orang lain berhasil mencapai sesuatu, pada waktu itu kamu mungkin saja akan merasa iri. Itu gak salah, kok. Apalagi ketika pada saat yang bersamaan kamu belum punya apa-apa yang bisa dibanggakan. Saat itu menyalahkan diri sendiri adalah hal yang kemungkinan besar kamu lakukan.

Namun, ingatlah bahwa kamu gak bisa terus-menerus membandingkan dirimu dengan orang lain. Setiap orang itu berproses dan proses yang dilalui tersebut memang beda-beda. Jadi, kamu gak perlu menyalahkan dirimu karena hakikatnya apa pun yang terjadi itulah proses yang memang sudah seharusnya kamu lewati.

2. Beranilah menentukan targetmu sendiri

Berhenti Menyalahkan Dirimu Sendiri dengan 5 Cara Ini, Yuk Coba!pexels.com/Breakingpic

Berusaha menjadi seperti orang lain hanya akan bikin kamu capek. Temanmu mau jadi penulis tiba-tiba kamu mau juga. Maka, ketika dia sudah berhasil dan kamu gagal pada akhirnya kamu akan kecewa, kan? Padahal sejak awal kamu sebenarnya memang cuma ikut-ikutan.

Maka, kamu perlu berani menentukan targetmu sendiri. Kamu bebas dan berhak menentukan prioritas apa saja yang ingin kamu capai. Kalau pun nantinya gagal, kamu gak perlu menyalahkan diri sendiri karena bagaimana pun juga sesuatu yang kamu perjuangkan adalah hal yang memang sudah menjadi pilihanmu.

3. Biasakan berterima kasih pada dirimu sendiri

Berhenti Menyalahkan Dirimu Sendiri dengan 5 Cara Ini, Yuk Coba!pexels.com/Andrea Piacquadio

Sekalipun hasil yang kamu peroleh itu buruk dan gak sesuai keinginan, kamu tetap saja gak boleh menyalahkan dirimu sendiri. Bagaimana pun juga kamu harus belajar menghargai usaha yang telah kamu lakukan.

Berhasil atau gak, kamu gak boleh lupa berterima kasih sama dirimu sendiri karena bisa sampai di titik ini. Tanpa kamu sadari kamu sebenarnya sudah berhasil melalui banyak hal, lho.

Baca Juga: Kamu Mager dan Kurang Motivasi saat Pandemi? Ini 7 Penyebabnya

4. Jangan lupa ucapkan "saya akan berusaha lebih baik lagi"

Berhenti Menyalahkan Dirimu Sendiri dengan 5 Cara Ini, Yuk Coba!pexels.com/Andrea Piacquadio

Apa pun yang terjadi kamu harus tetap optimis. Setiap kali kamu ingin menyalahkan dirimu karena merasa gak becus, upayakan kamu harus tahan perasaan itu.

Teruslah ucapkan "saya akan berusaha lebih baik lagi" karena dengan begitu semangatmu bisa mulai berkobar lagi. Ketika itulah menyalahkan diri sendiri adalah hal yang sama sekali gak perlu kamu lakukan karena kamu sendiri sudah bertekad untuk selalu berusaha lebih baik lagi.

5. Selalu ingat bahwa menyalahkan diri sendiri adalah hal yang gak baik

Berhenti Menyalahkan Dirimu Sendiri dengan 5 Cara Ini, Yuk Coba!pexels.com/Chinmay Singh

Kebiasaan menyalahkan diri sendiri hanya akan membuatmu semakin merendahkan diri. Lama-lama kamu akan mulai meremehkan kemampuan yang kamu punya. Hal tersebut ujung-ujungnya hanya akan membuat kamu semakin gak percaya diri dan tentu saja itu akan menghambat kamu untuk berkembang.

Nah, itulah lima cara agar kamu bisa berhenti menyalahkan diri sendiri. Semoga kedepannya kamu bisa lebih menghargai setiap hal yang kamu lakukan, ya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri agar Auramu Terpancar

Belinda Safitri Photo Writer Belinda Safitri

Perempuan biasa yang kadang lebih senang berbicara lewat aksara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya