Comscore Tracker

Pegang Teguh 7 Hal Ini dalam Menjalani Hidup, Auto Bahagia

Terapkan dan rasakan manfaatnya

Bagaikan air yang ada di laut, maka seperti itulah perumpamaan sebuah kehidupan. Ya, ada pasang dan surut, tapi namanya manusia tentu selalu ingin bahagia saja, kan? Namun, sayangnya kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depan. Manusia hanya berencana, tapi pada akhirnya segala keputusan ada pada kuasa Tuhan. Suka atau duka, sedih atau bahagia, semuanya harus siap kita terima.

Menjalani hidup memang perkara yang rumit, tapi bukan berarti kita menyerah begitu saja, kan? Nah, berikut ini tujuh hal yang harus selalu kamu pegang teguh dalam menjalani hidup agar kamu bisa auto bahagia. Yuk, simak.

1. Terimalah segala keadaan yang sudah ditakdirkan kepadamu

Pegang Teguh 7 Hal Ini dalam Menjalani Hidup, Auto Bahagiapexels.com/Andrea Piacquadio

Penyebab seseorang sulit bahagia adalah karena mereka sulit menerima keadaan. Ketika hal yang diharapkan bertolakbelakang dengan realita, maka saat itulah seseorang akan meronta dan mulai menyalahkan takdir.

Hal itu tentu bukan hal yang baik, maka kamu perlu belajar menerima dan mengikhlaskan hal yang memang sudah menjadi garis hidupmu. Yakinilah bahwa Tuhan sudah mengatur semuanya dengan adil, maka kamu hanya perlu berlapang dada saja.

2. Fokuslah pada tujuan hidup dan hiraukan segala hal yang bisa mengganggumu

Pegang Teguh 7 Hal Ini dalam Menjalani Hidup, Auto Bahagiapexels.com/Stephan Seeber

Milikilah tujuan hidup dan fokuslah untuk meraihnya karena dengan begitu kamu akan selalu berusaha menjalani hari dengan semangat dan bahagia. Sebab ada hal besar yang sedang kamu perjuangkan setiap harinya.

Selain itu, kamu juga gak perlu meladeni omongan orang-orang yang hanya bisa membuatmu tersiksa. Petik hal yang bisa kamu jadikan pelajaran, sisanya lebih baik kamu abaikan saja.

3. Jangan pernah iri, yakinlah setiap orang punya kelebihan dan kekurangan

Pegang Teguh 7 Hal Ini dalam Menjalani Hidup, Auto Bahagiapexels.com/Radu Florin

Selama kamu masih selalu punya rasa dengki terhadap segala hal yang dimiliki orang lain, maka selama itu pula kamu gak akan pernah merasa cukup. Setiap kali kamu merasa ada hal yang kurang pada hidupmu, maka hal itulah yang akhirnya menyebabkan kamu susah bahagia.

Oleh karena itu, yakinilah bahwa semua orang termasuk kamu punya kelebihan dan kekurangan. Jangan pernah iri terhadap keberhasilan yang dicapai orang lain atas kelebihan yang dimilikinya. Percayalah bahwa kamu pun punya kelebihan dan bisa jadi kelebihan yang kamu punya adalah kekurangan bagi orang lain.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Tetap Bahagia walau Punya Banyak Masalah, Cek Rahasianya!

4. Perbaiki hubungan dengan sesama manusia dan tebarkan manfaat kepada sebanyak mungkin orang

Pegang Teguh 7 Hal Ini dalam Menjalani Hidup, Auto Bahagiapexels.com/Helena Lopes

Ingatlah bahwa manusia adalah makhluk sosial. Kamu gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, maka menjalin hubungan baik dengan sesama manusia adalah hal yang harus kamu lakukan.

Tumbuhkan sikap simpati, empati, hargailah orang lain, dan bila kamu mampu lakukanlah hal yang sekiranya bisa meringankan beban orang lain. Kamu harus percaya bahwa ketika kamu mendatangkan kebahagiaan pada orang lain, maka hal itu sama saja kamu sedang menciptakan kebahagiaan pada dirimu sendiri.

5. Libatkan Tuhan dalam segala urusanmu

Pegang Teguh 7 Hal Ini dalam Menjalani Hidup, Auto Bahagiapexels.com/Ali Arapoglu

Hakikatnya, Tuhan adalah pencipta sekaligus pengatur segala hal yang ada di bumi ini. Maka, ketika kamu selalu melibatkan Tuhan pada setiap urusanmu, tentu bukan hal yang mustahil kamu bisa menjalani lika liku hidup ini dengan baik.

Sekalipun keadaanmu mungkin sedang gak baik, kamu sedang ada dalam kesulitan, tapi Dia pasti akan selalu bersamamu. Ya, bukankah Tuhan akan selalu menolong seorang hamba yang selalu berusaha mengingat-Nya?

6. Jangan pernah berhenti berusaha menjadi sosok lebih baik setiap harinya

Pegang Teguh 7 Hal Ini dalam Menjalani Hidup, Auto Bahagiapexels.com/Andrea Piacquadio

Tanamkan dalam dirimu bahwa perubahan adalah hal yang sangat mungkin bisa terjadi oleh siapa saja. Maka, bagaimanapun rumitnya hidup yang harus kamu jalani, tetaplah semangat.

Selain itu jadilah pribadi yang lebih baik setiap hari. Ketika kamu selalu berusaha berubah menjadi sosok lebih baik, maka saat itulah sesulit apa pun hidupmu. Kamu pasti akan berusaha untuk tetap menjalaninya dengan bahagia.

7. Belajarlah ciptakan kebahagiaanmu sendiri dengan cara bersyukur

Pegang Teguh 7 Hal Ini dalam Menjalani Hidup, Auto Bahagiaunsplash.com/Franciele Cunha

Kebahagiaan memanglah sebuah pilihan, semuanya tergantung pada individu itu sendiri. Kuncinya, kamu jangan bahagia hanya karena ada hal baik yang kamu terima, tapi sebisa mungkin ciptakanlah kebahagiaan itu sendiri dengan cara bersyukur.

Berhenti membandingkan hidupmu dengan orang lain dan berdamailah dengan masalah. Yang paling penting, syukuri sekecil apa pun hal yang masih ada dalam hidupmu sekarang.

Pada akhirnya, menjalani hidup memang bukan hal yang gampang, kesedihan dan kebahagiaan adalah hal yang selalu datang beriringan. Namun, bukan hal yang mustahil juga kamu tetap bisa merasakan kebahagiaan di tengah kesedihan. Ya, semua kembali lagi pada bagaimana cara kamu menyikapinya. Semoga kamu selalu semangat dalam menjalani hidup, ya.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Tetap Bahagia walau Punya Banyak Masalah, Cek Rahasianya!

Belinda Safitri Photo Writer Belinda Safitri

Perempuan biasa yang kadang lebih senang berbicara lewat aksara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya