Comscore Tracker

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Merasa Skill Kamu Gak Ada Progres

Agar skillmu gak gitu-gitu aja

Skill merupakan faktor penting yang dapat membantu menunjang karir di masa depan. Setiap orang tentu memiliki skill, tapi gak semuanya bisa meraih keberhasilan dengan adanya skill tersebut. Kenapa? Karena gak semua orang mampu meningkatkan skill-nya dengan baik.

Orang yang skill-nya selalu mengalami kemajuan tentu akan lebih diprioritaskan dibanding mereka yang memiliki skill pas-pasan. Pada akhirnya hal itu akan memengaruhi berhasil tidaknya karir seseorang. Nah, pernah merasa skill kamu gitu-gitu aja kayak gak ada progres? Berikut tujuh hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkannya.

1. Rajinlah mencari informasi mengenai skill yang kamu miliki 

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Merasa Skill Kamu Gak Ada Progresunsplash.com/Avel Chuklanov

Untuk menjadi ahli dalam suatu bidang, kamu harus mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas. Maka, jangan pernah bosan apalagi lelah untuk mempelajari lebih dalam mengenai skill kamu.

Jangan banyak alasan untuk gak belajar karena peningkatan teknologi saat ini sudah sangat memudahkan setiap orang untuk bisa belajar dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

2. Segera praktikkan ilmu yang kamu peroleh 

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Merasa Skill Kamu Gak Ada Progresunsplash.com/Wes Hicks

Tahu dan paham ilmunya saja belum cukup, semuanya harus dibarengi dengan latihan. Ya, kamu harus segera mempraktikkannya tanpa kata tapi dan nanti. Jangan malas, pengalaman adalah guru terbaik, kan? Lagipula ingatlah bahwa semakin kamu sering menunda, maka akan semakin banyak hal yang nantinya bisa benar-benar menghambatmu untuk berkembang.

Baca Juga: 5 Life Skill Ini Patut Kamu Miliki untuk Mendukung Karier dan Hidupmu

3. Jadikan skill tersebut sebagai kebiasaan dalam hidupmu 

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Merasa Skill Kamu Gak Ada Progresunsplash.com/Christin Hume

Apa pun skill yang kamu miliki, cobalah perlahan lakukan secara rutin hingga nantinya bisa menjadi suatu kebiasaan baru dalam hidupmu. Contohnya, skill kamu menulis, maka upayakan untuk menulis setidaknya satu tulisan setiap harinya. Dengan demikian, seiring berjalannya waktu, skill kamu pasti bisa semakin meningkat. Kenapa? Ya, kita jadi bisa karena biasa, kan?

4. Tentukan target yang ingin kamu capai berkaitan dengan skill tersebut 

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Merasa Skill Kamu Gak Ada Progresunsplash.com/Green Chameleon

Kamu perlu menentukan target sesuai dengan skill yang kamu miliki. Misalnya, skill kamu berbicara di depan umum dan kamu punya target ingin berbicara di hadapan 1000 orang.

Nah, untuk mewujudkannya kamu tentu harus punya skill yang mendukung karena orang gak akan mau meluangkan waktu mendengarmu berbicara kalau kamu gak punya kemampuan yang baik. Maka, dari sanalah kamu pasti akan termotivasi untuk berusaha lebih keras agar bisa meningkatkan skill kamu.

5. Ikutilah berbagai lomba untuk mengukur kemampuanmu

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Merasa Skill Kamu Gak Ada Progrespexels.com/Christina Morillo

Berawal dari lomba perlahan kamu akan mampu mengetahui hal-hal yang sudah mahir dan belum mahir kamu lakukan. Dari sanalah kamu akan tahu apa saja yang harus kamu pelajari lebih dalam lagi.

Selain itu, dengan mengikuti perlombaan kamu bisa berkenalan dengan orang-orang yang memiliki skill yang sejenis denganmu, bahkan mungkin saja kamu bisa bertemu dengan para ahlinya. Hal tersebut setidaknya akan membuatmu semakin semangat untuk mengembangkan skill kamu, 'kan?

6. Sediakan waktu untuk merenungkan sejauh mana progresmu selama ini 

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Merasa Skill Kamu Gak Ada Progrespexels.com/Kaboompics.com

Kadang kala kamu perlu waktu jeda untuk merenungkan segala hal yang sudah kamu lalui dan lakukan selama ini. Hal tersebut untuk memastikan bahwa usaha yang kamu lakukan benar-benar bisa membantu tercapainya tujuanmu.

Jangan sampai kamu sudah mengorbankan banyak waktu untuk melakukan berbagai hal yang ternyata gak menghasilkan pengaruh yang lebih baik. Oleh karena itu, jika kamu memang merasa belum ada progres, maka kamu bisa segera mencari dan mencoba hal lain.

7. Temukan sosok mentor yang bisa membimbingmu 

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Merasa Skill Kamu Gak Ada Progrespexels.com/Christina Morillo

Bagaimanapun juga kamu gak bisa berjalan sendirian. Akan ada waktu ketika kamu membutuhkan sosok penyemangat. Maka, cari dan temukanlah mentor yang sekiranya bisa mengarahkan dan membantumu terlebih ketika sedang mengalami kesulitan. Tentu saja kamu perlu memilih mentor yang menurutmu sudah ahli dan berpengalaman dalam bidang skill yang kamu miliki.

Dengan demikian, skill yang kamu miliki perlahan pasti bisa mengalami kemajuan dan peningkatan. Hal terpenting adalah kamu gak boleh menyerah karena hakikatnya segala hal pasti bisa kamu capai asalkan kamu mau berusaha mencari jalannya, kok. Maka, kalau skill kamu gak ada progres itu bukan berarti kamu gak bisa, tapi kamu yang mungkin gak mau berusaha. Jadi, semangat selalu, ya.

Baca Juga: 5 Life Skill Ini Patut Kamu Miliki untuk Mendukung Karier dan Hidupmu

Belinda Safitri Photo Writer Belinda Safitri

a content writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya