Comscore Tracker

Kunci Sukses, Ini 5 Cara menjadi Pribadi yang Pantang Menyerah

Gak susah kok!

Memang ada waktu dimana kita sukses dan berada di atas, namun juga tak jarang kita berada terpuruk di titik terendah. Namun, menjadi hal yang berbahaya saat kamu berada di bawah namun waktumu banyak dihabiskan hanya untuk berputus asa.

Oleh karena itu, sikap pantang menyrah menjadi hal yang terpenting untuk kamu miliki saat sedang mengalami kegagalan. Sebab, selain tekad, usaha dan doa, sifat pantang menyerah juga dapat membuka peluang dirimu untuk mencapai kesuksesan semakin lebar.

Meski tidak mudah, namun kamu dapat mencobanya dengan kelima cara berikut ini. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Terus motivasi diri 

Kunci Sukses, Ini 5 Cara menjadi Pribadi yang Pantang MenyerahUnsplash/Tyler Nix

Ibaratnya bensin, motivasi adalah hal yang menggerakkan dan mendorong kamu untuk mencapai kesuksesan. Dirimu tidak perlu menunggu motivasi yang datang dari orang lain. Sebab, kamu lah yang memiliki peran utama untuk memotivasi diri sendiri.

Cobalah untuk biasakan diri dengan menanamkan segala hal yang positif dalam pikiran dan benakmu, termasuk untuk selalu berusaha dan tidak mudah menyerah. Ingat juga untuk jangan pernah menutup pintu untuk belajar motivasi dari orang lain. Ada banyak sekali buku, diskusi hingga ceramah yang dapat memotivasi diri sendiri.

2. Yakin pada kemampuan diri sendiri 

Kunci Sukses, Ini 5 Cara menjadi Pribadi yang Pantang MenyerahUnsplash/Jon Ly

Perlu kamu sadari, jika keyakinan pada kemampuan diri sendiri adalah pola pikir yang dapat mengiringi motivasi. Oleh karena itu, pentingnya bagi kamu untuk selalu meyakinkan diri sendiri bahwa kamu bisa dan dapat meraih apa yang menjadi tujuan.

Sebab, jika kamu telah memiliki keyakinan dan motivasi yang kokoh, maka hal itu dapat menjadi benteng pertahanan jika sewaktu-waktu dirimu menghadapi rintagan.

3. Akui kelemahan 

Kunci Sukses, Ini 5 Cara menjadi Pribadi yang Pantang MenyerahPexels/Ekaterina Bolovtsova

Memang benar adanya jika akar dari keberhasilan untuk memiliki sifat pantang menyerah berasal dari diri sendiri terlebih dahulu. Memang ada kalanya kelemahan diri sendiri menjadi salah satu penyebab kesuksesan tertunda. Tapi, satu hal yang perlu diingat selalu bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kamu tidak boleh selalu menyalahkan diri sendiri karena kelemahan yang kamu miliki. Oleh karena itu, sebagai langkah awal untuk menjadi pribadi yang pantang menyerah, kamu harus terlebih dahulu mengakui kekurangan.

Yuk, mulai sekarang sadari kelemahan tersebut dan cari cara untuk meningkatkan kelebihan yang kamu miliki. Dengan begitu, kelebihan yang kamu miliki dapat menjadi penutup dari kelemahan yang menjadi penghalang kesuksesanmu.

Baca Juga: Salip Upah Orang Kantoran, Ini 5 Hal yang Jadi Kunci Freelancer Sukses

4. Ambil risiko dengan perhitungan matang 

Kunci Sukses, Ini 5 Cara menjadi Pribadi yang Pantang MenyerahPexels/Anna Shvets

Keberanian dalam mengambil risiko dengan catatan sudah memiliki perhitungan matang mengenai baik dan buruknya, adalah cara selanjutnya untuk menjadikan kamu pribadi yang pantang menyerah.

Bila dirimu sudah banyak melakukan tindakan yang mengambil risiko, maka juga akan mengalami banyak keberhasilan maupun kegagalan. Sehingga, berkaca dari hal tersebut, tentu saja sifat pantang menyerahmu juga akan semakin terasah.

5. Ambil hikmah dari setiap kegagalan 

Kunci Sukses, Ini 5 Cara menjadi Pribadi yang Pantang MenyerahPexels/Andrea Piacquadio

Saat kamu mengalami kegagalan, ada baiknya untuk belajar dari peristiwa tersebut dan mengevaluasi proses penyebab dari kegagalan tersebut. Dirimu harus selalu menanamkan pada pikiranmu bahwa setiap kegagalan itu memilki maksud tersendiri.

Selain itu, kegagalan juga dapat menjadi batu loncatan untuk dapat melompat lebih jauh lagi. Karena mungkin saja, saat kamu tidak mengalami kegagalan, jalan yang ditempuh untuk menuju kesuskesan akan semakin panjang.

Yuk, anggap saja kegagalan sebagai suatu pelajaran untuk meningkatkan kualitas diri dan jangan pernah menyerah untuk terus berusaha menggapai kesuksesan yang kamu inginkan. Percayalah, dengan kesungguhan dan keggihan kamu dapat mencapainya. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Justru Butuh Kegagalan untuk Bisa Sukses

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya