Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Akibat Kamu Suka Mengeluh, Banyak Ruginya!

Jangan jadikan kebiasaan ya!

Kebiasaan mengeluh menjadi suatu hal yang pastinya pernah dilakukan oleh setiap orang. Ketika kondisi sulit, kamu hanya bisa mengeluh tentang betapa buruknya harimu. Sayangnya, bila sikap mengeluh tersebut sudah menjadi suatu kebiasaan terus-menerus yang kamu lakukan, maka akan mendatangkan berbagai dampak negatif buat dirimu.

Kira-kira dampak negatif apa sajakah yang bisa timbul akibat suka mengeluh? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai 5 dampak negatif akibat suka mengeluh, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Mudah merasa lelah

5 Dampak Negatif Akibat Kamu Suka Mengeluh, Banyak Ruginya!Pexels/Valeria Ushakova

Pada umumnya orang yang suka mengeluh, pasti apa saja yang terjadi akan dikeluhkan, mulai dari macet, kondisi dompet yang menipis, pasangan yang mulai kurang perhatian, hingga hal-hal kecil lannya. Sehingga, semakin kamu sering mengeluh maka membuat energi yang seharusnya digunakan untuk hal-hal lebih produktif seakan tersedot habis.

Cobalah untuk menghindari diri dari pikiran dan perilaku yang merusak. Jika kamu berhenti mengeluh dan mencoba untuk selalu berpikir positif, maka akan terbuka cara pandang yang baru dan memiliki perspektif yang jauh lebih sehat. 

2. Memicu bad mood

5 Dampak Negatif Akibat Kamu Suka Mengeluh, Banyak Ruginya!Pexels/Pixabay

Kebiasaan untuk mengeluhkan segala hal, mulai dari hal yang kecil hingga hal yang besar, bakal bikin kamu mudah menjadi bad mood. Munculnya berbagai pemicu seperti macet, pekerjaan yang menumpuk, hingga masalah dengan orang-orang di sekitarmu bakal langsung menyebabkan timbulnya pikiran negatif dan suasana hati yang semakin memburuk. 

Jangan pernah membiarkan kecenderungan negatif mengubah mood dan membuat dirimu merasa buruk sepanjang hari. Cobalah untuk tenang, dengan tarik nafas dalam-dalam, dan melihat sisi yang lebih positif dari setiap permasalahan.

Baca Juga: 6 Alasan Mengeluh Bikin Hidupmu Jauh dari Kata Bahagia

3. Kreativitas akan menurun

5 Dampak Negatif Akibat Kamu Suka Mengeluh, Banyak Ruginya!Pexels/energepic.com

Saat mengeluh, pada dasarnya kamu akan mengisolasi diri dari kemampuan sendiri. Alhasil, membuat kamu menjadi kehilangan akses ke sisi kreatif otak dan membatasi kreativitasmu. Semakin banyak energi yang kamu keluarkan untuk mengurus sisi negatif, maka akan semakin sulit juga bagimu untuk mengakses sisi lain otakmu.

4. Stres yang meningkat

5 Dampak Negatif Akibat Kamu Suka Mengeluh, Banyak Ruginya!Pexels/Nathan Cowley

Ketika pikiran dipenuhi dengan hal-hal yang negatif, keluhanmu hanya akan menghabiskan energi yang dimiliki untuk melepaskan hormon stres. Meskipun kamu merasa nyaman untuk mengeluh, kamu akan mengalami berbagai efek negatif pada tubuh seperti tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, sakit kepala, sulit tidur, dan kecemasan. 

Walaupun kamu merasa lebih baik setelah mengeluh, namun kondisimu akan lebih baik jika berfokus pada hal-hal yang baik. Mulai dari mencoba melakukan meditasi, menekuni hobi ataupun curhat kepada orang yang kamu percayai.

5. Menurunnya sistem kekebalan tubuh

5 Dampak Negatif Akibat Kamu Suka Mengeluh, Banyak Ruginya!Pexels/OleksandrPidvalnyi

Mengeluh bukan hanya saja berdampak terhadap kesehatan mental saja, namun juga berdampak terhadap kesehatan fisik dirimu. Sama halnya dengan stres, saat mengeluh tubuhmu akan dibanjiri oleh hormon kortisol yang dapat membuat menurunkan kemampuan tubuh dalam melindungi diri dari penyakit.

Cobalah untuk bermeditasi atau berolahraga untuk menenangkan pikiran. Walau hanya sederhana, cara-cara ini jauh lebih baik buat pikiran dan tubuhmu.

Nah, itu tadi 5 dampak negatif akibat kamu suka mengeluh yang tentunya sangat banyak kerugiannya buat dirimu. Intinya, cobalah untuk selalu hidup bersyukur atas apa yang kamu miliki agar hidupmu jauh lebih bermakna dan kebiasaan mengeluh akan hilang.

Baca Juga: 5 Faktor Terbesar yang Membuatmu Gagal Membentuk Kebiasaan

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

🤙

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya