Comscore Tracker

Yuk, Siapkan Diri untuk Bangkit dari Kegagalan dengan 5 Cara Ini!

Gagal itu biasa, yang luarbiasa itu ketika kamu bangkit

Sudah menjadi hal yang biasa, jika kegagalan terjadi dalam kehidupanmu. Tidak ada satu pun orang yang ingin mengalami kegagalan dan merasa down hingga sulit untuk move on.

Oleh karena itu, ketika mengalami kegagalan, hal yang harus kamu lakukan adalah bangkit kembali. Meski sulit, namun kamu harus mencobanya! Yuk, intip cara berikut ini untuk siapkan diri kembali setelah mengalami kegagalan!

1. Mengubah pola pikir  

Yuk, Siapkan Diri untuk Bangkit dari Kegagalan dengan 5 Cara Ini!Pexels/Andrea Piacquadio

Memang tidak ada yang ingin mengalami yang namanya kegagalan. Namun, saat kegagalan itu tak bisa dihindari, cobalah untuk menganggap kegagalan itu sebagai sesuatu kesempatan untuk belajar.

Kegagalan dapat terjadi kapan saja dan seringkali membuatmu merasa putus asa, kehilangan semangat dan sulit untuk melihat sisi baiknya. Meski sulit, tapi cobalah mulai latih diri untuk mencari pelajaran di setiap kegagalan.

2. Analisis kesalahanmu

Yuk, Siapkan Diri untuk Bangkit dari Kegagalan dengan 5 Cara Ini!Unsplash/Kyle Broad

Untuk dapat kembali melangkah dan mengatasi kegagalan, wajib bagi kamu untuk meluangkan waktu mencari tahu apa yang salah, menganalisis serta membedah setiap langkah yang diambil. Sehingga, dirimu tidak akan membuat kesalahan yang sama lagi. Perlu kamu ketahui, bahwa cara ini merupakan elemen yang paling penting untuk mengatasi efek negatif dari kegagalan yang terjadi, lho!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuatmu Bangkit dan Semangat Lagi Setelah Kegagalan 

3. Ingat kembali motivasimu

Yuk, Siapkan Diri untuk Bangkit dari Kegagalan dengan 5 Cara Ini!Pexels/Andrea Piacquadio

Saat mengalami kegagalan, pastinya setiap orang pada awalnya akan merasa sedih dan bingung dalam menanggapi kegagalan. Namun, cobalah untuk atur emosi negatif tersebut sehingga lebih mampu mengatasi kejadian sulit dan hindari perasaan depresi. Oleh karena itu, lihatlah kegagalan sebagai bagian yang tak terelakkan untuk memperbaiki diri dan menemukan peluang yang jauh lebih baik.

4. Temukan kelemahan dan kekuatanmu  

Yuk, Siapkan Diri untuk Bangkit dari Kegagalan dengan 5 Cara Ini!Pexels/Ivan Oboleninov

Proyek yang gagal, tidak mendapatkan promosi jabatan yang diinginkan, kehilangan banyak uang adalah beberapa contoh kegagalan yang bisa membuatmu melangkah pergi, merajuk atau malah mencari tahu rencana untuk mengatasi kegagalan.

Kunci dalam proses ini terletak pada kekuatan dan kelemahan yang kamu miliki. Cobalah cari tahu dan catat kemampuan yang dikuasai dan bagaimana cara untuk menopang kelemahan yang dimiliki. Alhasil, kamu akan memastikan bahwa dirimu tidak akan mengulang kesalahan yang sama.

5. Terima saran dari orang yang dipercaya  

Yuk, Siapkan Diri untuk Bangkit dari Kegagalan dengan 5 Cara Ini!Pexels/Ekaterina Bolovtsova

Bagi kamu yang baru saja mengalami kegagalan, dirimu tidak harus melakukannya sendiri. Cobalah untuk bicarakan dengan orang lain yang dipercaya dan ambil masukan yang diberikan.

Dirimu mungkin saja kesulitan dalam melihat aspek-aspek tertentu dari karakter atau tidak dapat melihat dengan jelas hal apa yang mengakibatkan kegagalanmu. Seperti, teman, orang yang dicintai, anggota keluarga, rekan kerja dan orang lain yang dapat memberikan sudut pandang yang baru, dorongan serta dukungan yang bisa membantu dirimu untuk melewati masa sulit ini.

Ingat! bahwa gagal itu adalah hal yang biasa, tapi yang luar biasa adalah menemukan cara terbaik untuk bangkit kembali. Semoga dapat bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Dihantui Bayang-bayang Kegagalan 

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya