Comscore Tracker

Yuk, Berdamai dengan Diri Sendiri! Ini 5 Cara Efektifnya

Ini waktunya untuk berdamai!

Jika kamu sering merasa stres atau frustrasi, maka hal itu bisa saja diakibatkan karena dirimu belum berdamai dengan diri sendiri, lho! Berdamai dengan diri sendiri memanglah lebih sulit dibandingkan dirimu harus berdamai dengan orang lain.

Pasalnya, proses yang dibutuhkan relatif lebih panjang untuk berdamai dengan diri sendiri. Bisa jadi bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup.

Berikut akan ada rangkumannya mengenai 5 cara efektif untuk bisa berdamai dengan diri sendiri. Untum informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Berpikir positif untuk diri sendiri

Yuk, Berdamai dengan Diri Sendiri! Ini 5 Cara EfektifnyaUnsplash.com/Warren Wong

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah berpikir positif. Meski terdengar mudah, namun dalam praktiknya relatif sulit, lho! Apalagi jika kamu memiliki trauma di masa lalu. Berhentilah membuang-buang waktu dan energi untuk memikirkan hal-hal yang negatif.

Baik itu pengalaman buruk di masa lalu maupun komentar orang lain yang tidak membangun. Perlu kamu sadari juga, jika pikiran negatif itu juga dapat terjadi karena tertular dari lingkungan. Adanya aura negatif yang berasal dari lingkungan, dapat membuatmu menjadi ikut hanyut dalam pikiran negatif.

2. Bersahabat baik dengan diri sendiri

Yuk, Berdamai dengan Diri Sendiri! Ini 5 Cara EfektifnyaUnsplash.com/Sewn Apart

Pada umumnya, sahabat akan menjadi tempat kita untuk menikmati kegembiraan bersama, tempat curhat, ngobrol dengan jujur dan banyak hal lainnya. Sangat menyenangkan bukan? Oleh karena itu, salah satu cara yang efektif untuk berdamai dengan diri sendiri adalah dengan berteman baik dengan dirimu sendiri.

Cobalah untuk berhenti terlalu sering menekan diri sendiri untuk menjadi sempurna. Sebab, seorang sahabat tidak akan pernah menekan sahabatnya untuk tampil dengan baik setiap saat. Hal inilah yang bisa kamu aplikasikan pada diri sendiri agar hati menjadi lebih damai.

Baca Juga: 5 Alasan Perlu Menerima Kekurangan Diri Sendiri, Banyak Manfaatnya!

3. Tidak melakukan kritik berlebihan

Yuk, Berdamai dengan Diri Sendiri! Ini 5 Cara EfektifnyaUnsplash.com/Matheus Ferrero

Jika ingin berdamai dengan diri sendiri, maka kamu harus berhenti untuk mengkritik diri atau menyalahkan diri sendiri secara berlebihan. Apakah kamu pernah dikritik oleh orang lain hingga bertubi-tubi? Bagaimana rasanya?

Seperti itulah mental yang akan kamu dapat jika dirimu terlalu sering menyalahkan diri sendiri. Bukannya bangkit, dirimu malah akan terus merasa putus asa dan ragu terhadap kemampuan diri yang dimiliki.

4. Memaafkan diri sendiri

Yuk, Berdamai dengan Diri Sendiri! Ini 5 Cara EfektifnyaUnsplash.com/Jeryd Gillum

Dengan memaafkan diri sendiri, kamu dapat meringankan beban hati dan pikiran. Cobalah untuk tanggalkan segala bebanmu yang dapat membuatmu menjadi lebih damai. Ingatlah bahwa tidak ada lagi gunanya untuk mengungkit hal-hal yang dapat membuat pikiran menjadi stres.

Kamu bisa memulai memaafkan diri sendiri dengan menjadikan segalah hal yang telah terjadi sebagai pembelajaran. Ubahlah segala mindset-mu dengan melihat peristiwa dari berbagai sisi. Ingat! Untuk selalu mengambil hikmah positif dari kegagalan tersebut.

5. Bersikap objektif

Yuk, Berdamai dengan Diri Sendiri! Ini 5 Cara EfektifnyaUnsplash.com/KAL VISUALS

Pentingnya untuk memiliki cara berpikir yang objektif, karena dengan begitu tidak akan ada kesempatan bagi hal negatif untuk masuk dalam pikiranmu. Selain itu, memiliki cara berpikir yang objektif juga membuat kamu menjadi tidak memanjakan diri sendiri, tidak meminta belas kasihan orang lain atau bahkan tidak menjadi ratu drama dalam kondisi yang sulit. Sebab, jika kamu terus bergantung pada orang lain, maka hal ini dapat membuat proses berdamai dengan diri sendiri menjadi lebih sulit, lho!

Yuk, terapkan kelima cara di atas! Agar kamu dapat segera berdamai dengan diri sendiri. Sebab, dengan berdamai dengan diri sendiri, maka kamu dapat merasakan ketenangan dan kedamaian hati! Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 9 Tantangan Ini Muncul Saat Belajar Mencintai Diri Sendiri, Kenali Yuk

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya