Comscore Tracker

5 Cara Mudah Menjadi Orang yang Berwibawa dan Disegani 

Yuk, ikuti tips di bawah ini! 

Menjadi orang yang berwibawa dan disegani adalah impian semua orang. Tapi ketika kamu mampu bersikap benar maka, semua itu akan kamu miliki. Sangat mudah asalkan kamu sepenuh hati melakukannya.

Nah, berikut ini akan ada ulasan mengenai 5 cara mudah menjadi orang yang berwibawa dan disegani. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Pandai menjaga sikap

5 Cara Mudah Menjadi Orang yang Berwibawa dan Disegani Pexels/Helena Lopes

Perlu diketahui bahwa berbicara seperlunya saja adalah satu dari sekian banyak tuntunan untuk menjadi orang yang berwibawa dan juga disegani orang lain. Ketika kamu tidak banyak omong dan berbicara yang bermanfaat dapat membuktikan bahwa kamu adalah orang yang efektif dan realistis. Selain itu dengan lebih banyak mendengar daripada berbicara, kamu akan menjadi sosok yang lebih dihormati oleh orang lain.

Selain memperhatikan cara bicara, menjaga sikap juga dapat dilakukan dengan tidak bergurau secara berlebihan. Cobalah untuk miliki rasa humor agar dapat mencairkan suasana, namun tidak perlu sampai tertawa terbahak-bahak dan menjadi pusat perhatian. Selain itu, menjaga sikap juga termasuk berbuat baik pada sesama.

Misalnya, bersikap sopan, menolong yang membutuhkan dan tidak berbicara yang menyakitkan adalah di antaranya. Dengan melakukan hal tersebut, tentunya akan memberikan kenyamanan kepada orang yang berada di dekat kita.

2. Tetap tenang saat berada pada situasi yang kritis

5 Cara Mudah Menjadi Orang yang Berwibawa dan Disegani Pexesl/bruce mars

Sikap sabar dan tenang ketika menghadapi masalah besar adalah salah satu tanda kedewasaan seseorang. Kedewasaan itulah yang secara tidak langsung akan mendatangkan kewibawaan pada dirimu. Ketika kamu bersikap tetap tenang dalam situasi kritis membuat kamu semakin disegani, lho! Terlebih jika kamu adalah pimpinan dalam suatu kelompok.

Apabila kamu sedang menghadapi situasi kritis, cobalah untuk tetap melihat beberapa hal baik di baliknya. Dimulai dari menguraikan masalah dengan hati-hati menjadi masalah kecil yang dapat diatasi, baik sendiri ataupun kelompok.

Sebab, selain dapat meningkatkan wibawa, sikap tenang dalam menghadapi masalah besar juga dapat membuat emosi kamu menjadi lebih stabil dalam menyelesaikan masalah.

Baca Juga: Bro, Miliki 5 Hal Ini Biar Kamu Makin Berwibawa di Mata Orang

3. Pelajari bahasa tubuh orang berwibawa

5 Cara Mudah Menjadi Orang yang Berwibawa dan Disegani Pexels/bruce mars

Untuk menjadi yang beribawa dan disegani hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mempelajari bahasa tubuhnya. Sebab, dari bahasa tubuh dapat diketahui bahwa yang bersangkutan sedang marah, tegang, berbohong, dan berbagai macam emosi lain. Begitu pula dengan wibawa, dapat juga ditunjukkan dengan bahasa tubuh yang tepat.

Sehingga, ada beberapa bahasa tubuh yang perlu kamu pelajari untuk tampil lebih berwibawa di hadapan orang lain. Salah satunya adalah dengan berjalan atau bergerak dengan penuh rasa percaya diri. Cobalah untuk melatihnya dengan cara duduk atau berdiri dalam keadaan punggung yang tegak.

Selain itu, bahasa tubuh berikutnya yang perlu kamu pelajari adalah menjaga kontak mata saat berkomunikasi dengan lawan bicara. Sebab, mata dapat menjadi sumber dari penilaian orang lain. Tatapan mata yang fokus dapat membuat kamu terlihat
beribawa.

Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan cara berbicara. Cobalah untuk berbicara dengan teknik berkaca atau mirroring yang menjadi salah satu anjuran untuk menambah wibawa. Dengan begitu, kamu akan terlihat mengagumi atau memberikan persetujuan pada lawan bicara dan hal tersebut akan membawa kesan baik bagi orang yang sedang berbicara dengan kamu.

4. Memiliki wawasan yang luas

5 Cara Mudah Menjadi Orang yang Berwibawa dan Disegani Pexels/bruce mars

Memiliki wawasan yang luas adalah salah satu modal untuk menjadi orang berwibawa dan disegani. Sebab, wawasan yang luas akan membuat kamu menjadi mudah mencari bahan pembicaraan dan menanggapi orang lain saat mengobrol.

Selain itu, dengan memiliki wawasan yang luas, kamu dapat bersosialisasi dengan orang dari berbagai kalangan. Sehingga, dengan memiliki pengetahuan yang luas kamu dapat membuat orang di sekitarmu mengandalkan dirimu dan percaya padamu.

5. Menjaga penampilan

5 Cara Mudah Menjadi Orang yang Berwibawa dan Disegani Pexels/Minervastudio

Cara yang paling ampuh untuk menjadi orang yang beribawa adalah dengan menjaga penampilan. Meskipun ada pepatah yang mengatakan don’t judge a book by its cover. Namun, penampilan menjadi hal yang penting untuk membuat orang lain berekspektasi lebih terhadap kamu. Selain itu, penampilan yang baik juga akan meningkatkan rasa percaya diri.

Nah, itu tadi ulasan mengenai 5 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjadi orang berwibawa dan disegani. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 6 Tips Membentuk Pribadi Cerdas Agar Lebih Disegani Orang Lain

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

🤙

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya